Rabu, 25 September 2019

Tema 3 kegiatanku sub 3 pembelajaran 3 dan 4

Hari/Tanggal: Rabu, 25 September 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
1.      Melalui kegiatan membaca siswa mampu memahami kalimat-kalimat yang menggunakan kosa kata berhubungan dengan kegiatan sore hari dengan tepat.
2.      Melalui kegiatan membaca siswa mampu melengkapi kalimat rumpang dengan kosa kata yang terkait dengan kegiatan sore hari dengan tepat.
3.      Melalui penjelasan guru dan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
4.      Dengan bercerita, siswa mampu menunjukkan kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah dengan tepat.
5.      Dengan menyimak penjelasan guru dengan menggunakan benda-benda konkret siswa mampu mengidentifikasi perbedaan banyaknya kumpulan benda-benda tersebut.

Materi Pembelajaran:
1.      Membaca pemahaman tentang kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan di sekolah
2.      Membedakan perbuatan yang sesuai aturan dengan yang tidak sesuai dengan aturan berdasarkan teks bacaan
MATERI

Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring!

Sore Yang Menyenangkan 
Sore hari ayah Beni pulang dari kantor
Beni dan ibunya sangat gembira
Ayah Beni membawa oleh-oleh
Betapa senang hati Beni
Ibu menyambut ayah dengan senyum
Beni membawakan tas ayahnya ke dalam
Ibu menyiapkan the manis
Beni membantu ibunya membawa kue
Ayah Beni merasa senang
Mereka merasa gembira dan bersyukur
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1.      Siapakah yang baru pulang dari kantor?
2.      Mengapa Beni sangat gembira?
3.      Apa yang dibuatkan ibu untuk Ayah Beni?
4.      Apa yang dibawa ayah untuk Beni?
5.      Di mana ayah Beni beristirahat?

Ayo Berlatih
Lengkapilah kalimat berikut ini!
Pilihlah kata-kata dalam kotak!
Membuka       pintu       bermain      bekerja           mandi
1.      Setelah ……………….. bela pulang
2.      Bela segera…………….. agar badan segar
3.      Terdengar suara orang mengetuk…………….
4.      Bela segera …………… pintu
5.      Di pintu ada ayah pulang……………..
Ayo Berlatih
Saat di rumah sore hari, kita harus menunjukkan kebiasaan baik
Setiap keluarga mempunyai aturan yang harus dipatuhi
Jika setiap anggotanya mematuhi aturan, rumah terasa tenang dan nyaman
Nah, perhatikan gambar di bawah ini! Sampaikanlah pendapatmu
Apakah gambar tersebut menunjukkan kebiasaan baik atau bukan?
Sampaikan alasanmu!
Ayo Belajar
Setelah mandi sore, Beni bermain di kamarnya
Sambil bermain, Beni belajar berhitung
Dia menghitung benda-benda yang ada di kamar

                                         Kelereng ada 15                      spidol warna ada 12



                                         Mobil-mobilan ada 11             buku tulis ada 12

Beni membandingkan banyak benda-benda itu
Kelereng Beni lebih banyak daripada mobil-mobilan
15 lebih dari 11
11 kurang dari 15

Mobil-mobilan Beni lebih sedikit dari buku tulis Beni
11 kurang dari 12
12 lebih dari 11

Kerjakan soal-soal berikut!
Tentukanlah dengan “kurang dari”atau “lebih dari”
                   16                              14
16 ……………….. dari 14
14………………… dari 16

Perhatikan bilangan di atas!
Bilangan yang lebih dari 18 adalah ………………
Bilangan yang kurang dari 18 adalah……………..

Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
1.      Dengan permainan mengacak kartu siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan sore hari
2.      Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan sore hari.
3.      Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru siswa mampu mengidentifikasi kolase sebagai contoh karya seni dua dimensi, mencakup ide, tema, obyek, alat, dan bahan yang digunakan.
4.      Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan untuk membuat karya kolase.
5.      Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi cara membuat karya kolase dari bahan kertas.
6.      Dengan arahan guru siswa mampu merancang pembuatan karya kolase dari kertas.
7.      Setelah merancang pembuatan kolase, siswa mampu menyiapkan alat dan bahan yang digunakan
8.      Setelah menyiapkan alat dan bahan, siswa mampu membuat karya kolase sesuai rancangan yang telah dilakukan.

Materi Pembelajaran:
1.      Bermain menyusun kata menjadi kalimat
2.      Membuat karya kolase sesuai tema

MATERI

Ayo Mencoba
Siti mengajak teman-teman bermain tangkap bola
Dalam permainan ada aturan bagi penangkap bola
Ia harus membuat kalimat sebelum melempar bola ke teman lain
Mereka membentuk dua barisan yang saling berhadapan
Mereka melempar bola kepada teman di barisan depannya
Anak yang dapat menangkap bola dengan baik akan mendapat nilai 1
Kalau dia bisa membuat kalimat mendapat nilai tambahan lagi 1 lagi
Yang paling banyak mendapat nilai itulah pemenangnya
Mereka bermain dengan gembira


Susunlah kata berikut ini menjadi sebuah kalimat
Mulailah dari kata yang dicetak tebal
1.      Sore – bermain – hari – menyenangkan – pada
……………………………………………………….......
2.      Bermain – umpet – petak – bela
............................................................................................
3.      Ular naga – bermain – bernyanyi – sambil – mereka
…………………………………………………………….
4.      Terbuat – bambu – dari – engrang
…………………………………………………………….
5.      Diah – melompat – sedang – tali – di atas

Ayo Berkreasi
                        Membuat kolase dari kertas warna
Alat dan bahan
1.      Pensil
2.      Kertas gambar
3.      Gunting
4.      Lem
5.      Kertas origami aneka warna
Cara membuat
1.      Gambar bentuk atau benda pada kertas gambar
2.      Robek kecil-kecil kertas origami dengan menggunakan gunting
3.      Tempelkan pada gambar yang sudah disiapkan
4.      Perhatikan garis tepi gambar
5.      Mulailah menempel dari bagian tepi gambar

0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template