SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
TEMATIK IV C
GURU KELAS : YUYUN WIDYANINGSIH ,S.Pd
TEMA 4 . BERBAGAI PEKERJAAN
SUBTEMA 1 JENIS-JENIS PEKERJAAN
PB 6
Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
K D -BI 3.5 PPKN 3.1
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Peserta didik mampu memberi pendapat tentang inti cerita.
Peserta didik mampun memahami nilai-nilai pancasila dalam tokoh cerita
BAHASA INDONESIA:
Memberi pendapat tentang inti cerita.
Kita dapat memberikan pendapat mengenai konfik yang terdapat dalam cerita dengan cara sebagai berikut :
1.Bacalah cerita dengan cermat,termasuk dialaok yang terjadi antar tokoh
2.Carilah satu paragraf yang membuat satu masalh pertentangan atau perdebatan
3.Lalu carilah penyebab awal munculnya permasalahan atau konfik didalam cerita tersebut
4.Carilah juga bagaimana permasalahan dalam cerita tersebut diselesaiakn.
PPKN;
1. Pedoman bangsa Indonesia dikenal dengan istilah dasar negara yaitu Pancasila.
2. Sila-sila Pancasila dengan simbolnya
Sila ke | Bunyi Sila | Simbol |
1 | Ketuhanan yang Maha Esa | Bintang |
2 | Kemanusiaan yang adil dan beradap | Rantai |
3 | Persatuan Indonesia | Pohon beringin |
4 | Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan | Kepala Banteng |
5 | Keadilan sosial bagi Indonesia | Padi dan Kapas |
3. Sila Pertama Pancasila
A. Makna lambang sila pertama
Bintang diartikan cahaya kerohanian
Warna hitam diartikan sebagai warna alam yang menunjuk pada Tuhan
B.Contoh penerapan sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari-hari:
a. Memeluk salah satu agama yang diyakini kebenarannya.
b. Tidak memaksakan agama kepada orang lain.
c. Menghormati orang yang sedang beribadah
d. Melestarikan lingkungan alam sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
C. Nilai yang terkandung dalam sila pertama Pancasila adalah Kepercayaan dan ketakwaan kepada Tuhan.
4. Sila kedua Pancasila
A. Makna Lambang Sila kedua
Mata rantai berbentuk segi empat melambangkan laki-laki. Mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti rantai.
B. Pengamalan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut.
Di lingkungan keluarga
a. Saling menyayangi antar anggota keluarga
b. Saling membantu pekerjaan rumah
c. Menghormati kedua orangtua kita
Di lingkungan sekolah
a. Hormat kepada Ibu/Bapak Guru
b. Saling menyayangi sesama teman
c. Saling tolong-menolong antar teman
d. Bersikap sopan santun
Di lingkungan masyarakat
a. Memberikan bantuan kepada tetangga
b. Menjenguk tetangga yang sakit
c. Melayat tetangga yang meninggal
C. Nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila: kemanusiaan, persamaan harkat dan martabat manusia
5. Sila Ketiga Pancasila
A. Makna lambang atau simbol sila ketiga itu yaitu pohon beringin, sulur akar pohon beringin melambangkan suku yang ada di Indonesia, yang bernaung dalam satu pohon yang melambangkan Negara Indonesia.
B. Nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila yaitu persatuan, gotong royong, cinta tanah
air.
C. Berikut contoh penerapan nilai-nilai sila ketiga Pancasila.
a. Mencintai produksi dalam negeri.
b. Menghargai budaya daerah lain.
c. Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
d. Memajukan daerah demi meningkatkan budaya nasional
5. Beberapa contoh sikap jujur dalam kehidupan sehari hari
a. Mengakui kesalahan kapada ayah dan ibu
b. Menceritakan masalah yang dihadapi kepada Bapak/Ibu Guru.
c. Bertanya tentang materi yang belum dipahami kepada Bapak/Ibu Guru.
d. Mengerjakan soal ulangan dengan kemampuan sendiri atau tidak mencontek.
e. Tidak mengambil barang milik orang lain.
f. Tidak berlaku curang dan sportif dalam bermain.
IPS :
1. Pekerjaan merupakan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.
2. Tujuan orang bekerja :
· memenuhi kebutuhan hidup sendiri dan keluarga
· mendapat pengalaman
· dapat berinterasksi dengan orang lain
· untuk mendapat pengakuan atas kemampuannya
· mengejar peningkatan karir dan jabatan
· mencari modal usaha
3. Pekerja yang terlibat dalam lingkungan sekolah :
No | Jenis Pekerjaan | Kegiatan/Tugas yang dilakukan |
1 | Kepala Sekolah | Memimpin sekolah |
2 | Guru | Mengajar |
3 | Satpam | Menjaga keamanan |
4 | TU | Mengurus administrasi sekolah |
5 | Petugas Pelaksana | Membersihkan sekolah dan merawat tanaman |
6 | Pustakawan | Mengelola perpustakaan |
4. Kegiatan ekonomi dan beberapa pekerja yang terlibat :
No | Kegiatan Ekonomi | Pekerja yang Terlibat |
1 | Warung makan | Pelayan, kasir, tukang masak (koki) |
2 | Minimarket | Pelayan, kasir, petugas kebersihan, sales |
3 | Penjual roti | Pelayan, kasir, tukang masak (koki), petugas kebersihan |
4 | Meubel | Tukang, kasir, pelayan, distributor, sales |
5 | Pabrik | Direktur, manajer, pekerja bagian produksi, pekerja bagian distribusi, pekerja gudang, petugas kebersihan, satpam |
5. Kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan kegiatan nelayan :
Jenis Kegiatan Ekonomi | Jenis barang yang dijualbelikan | Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut | Hasil dari setiap pekerjaan |
Nelayan menangkap ikan, Ikan di jual ke pengepul, pengepul menjual ke pengecer ikan, ikan di jual oleh pengecer ke pembeli. | Ikan | Nelayan, Pedagang Ikan, Pengangkut Barang/distibutor, koki | · Nelayan menghasilkan ikan (Barang) · Pedagang ikan memperoleh untung dari penjualan ikan (jasa) · Tukang angkut barang mendapat upah pengangkutan (jasa) · Penjual ikan memperoleh keuntungan dari hasil penjualannya (jasa) · Koki mengolah ikan menjadi makanan dan mendapat jasa |
6. Kegiatan ekonomi
No | Jenis Kegiatan Ekonomi | Lapangan Pekerjaan | Hasil dari setiap pekerjaan | Penyebaran Barang |
1 | Jual beli meubel | pengusaha, tukang kayu, penjual, distributor, sales, eksportir | · pengusaha = keuntungan dari usaha yang dilakukan · tukang kayu = upah · penjual = keuntungan dari hasil penjualan meubel · distibuor=jasa pengiriman barang · sales = jasa penawaran barang · eksportir=keuntungan dari penjualan ke luar negeri | rumah makan, sekolah, perkantoran, ekspor, konsumen, tempat ibadat, tempat wisata |
7. Ada dua jenis pekerjaan, yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang serta pekerjaan yang menghasilkan jasa
8. Pekerjaan yang menghasilkan barang misalnya :
No | Pekerjaan | Barang yang Dihasilkan |
1 | Tukang kayu | Lemari, kursi, kerajinan |
2 | Penjahit | Baju |
3 | Arsitek | Rumah |
4 | Koki | Makanan |
5 | Nelayan | Ikan |
6 | Petani | Bahan Pangan |
9. Pekerjaan yang menghasilkan jasa :
No | Pekerjaan | Barang yang Dihasilkan |
1 | Supir | Mengendarai kendaraan |
2 | Kurir | Mengantar barang |
3 | Pengasuh | Mengasuh anak |
4 | Montir | Memperbaiki kendaraan |
5 | Guru | Mengajar |
6 | Dokter | Mengobati pasien |
10. Pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus disebut profesi.
11. Jenis barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan dan jenis sumber daya alam yang digunakan
No | Pekerjaan | Barang yang Dihasilkan | Bahan Asal | SDA yang Digunakan |
1 | Meubel | meja | kayu | pohon |
2 | Peternak sapi susu | keju, susu kental manis, susu bubuk, susu cair | sapi | Sapi |
3 | Penambang batu | batu koral | batu | batu |
4 | Petani jagung | jagung | buah jagung | tanaman jagung |
5 | nelayan | ikan asap, ikan asin | ikan | laut dan ikan |
12. Kegiatan ekonomi mencangkup tiga kegiatan berikut
a. Kegiatan ekonomi produksi. Pelaku kegiatan ekonomi disebut produsen
b. Kegiatan ekonomi distribusi. Pelaku ekonomi distribusi disebut distributor
c. Kegiatan ekonomi konsumsi. Pelaku ekonomi konsumsi disebut konsumen.
13. Kegiatan ekonomi pengerajin kayu
Pohon di hutan ditebang oleh penebang kayu, kemudia dikirim ke agen kayu untuk dibeli oleh pengerajin kayu. Pengerajin kayu membuat meubel kemudian menyetor hasil meubel ke toko meubel. Toko meubel menjual kepada konsumen. Pengerajin kayu juga dapat mengirim langsung ke konsumen.
14. Kegiatan ekonomi pembuatan kain dan baju
a. Teknologi yang digunakan untuk memproses pembuatan kain dan bajuadalah alat pemintal kapas, alat penenun, mesin jahit, mesin obras.
b. Proses pembuatan kain dan baju
Penanaman pohon kapas oleh petani, pemanenan bunga kapas, pengiriman bunga kapas pada industri kain, pemintalan kapas menjadi benang, penenunan benang menjadi kain, penjualan kain oleh toko penjual kain kepada konsumen atau pengiriman kain kepada industri konveksi, pembuatan baju, pengiriman baju ke toko penjual baju atau langsung ke konsumen, toko penjual baju menjual baju kepada konsumen
0 komentar:
Posting Komentar