Bahan Ajar dan
Materi Pembelajaran
Tema 4
Keluargaku
Subtema 1 Anggota Keluargaku
Aku memiliki keluarga bahagia
Ada ayah, ibu dan kakak
Kami memiliki kesukaan yang berbeda
Kami memiliki kegiatan yang berbeda
Kami saling menyayangi
Aku bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya kepada
kami
Hari/Tanggal : Selasa, 15 Oktober 2019
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1.
Dengan mendengarkan lagu dan menyimak penjelasan
guru, siswa dapat menyanyikan lagu dengan tinggi rendah suara yang tepat dengan
penuh percaya diri.
2.
Melalui kegiatan diskusi, siwa dapat menjelaskan
isi lagu dengan tepat dan santun.
3.
Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat
menjelaskan tata cara perkenalan diri dengan tepat.
4.
Dengan mengamati contoh yang diperagakan oleh guru,
siswa dapat mempraktikkan perkenalan diri dan anggota keluarga inti dengan
santun dan percaya diri.
5.
Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat
menghafalkan sila pertama dalam Pancasila dengan percaya diri.
6.
Dengan arahan guru, siswa dapat mempraktikkan cara
bersyukur dengan baik.
Materi Pembelajaran :
1.
Membaca Teks Anggota Keluargaku.
2.
Membaca Teks Keluarga Udin.
3.
Menyanyikan Lagu Satu-satu Aku Sayang Ibu.
4.
Memperkenalkan Anggota Keluarga.
5.
Menghafal sila pertama Pancasila.
MATERI
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Keluargaku
Udin memiliki ayah
Udin memiliki ibu
Udin juga memiliki kakak
Keluarga udin terdiri dari ayah, ibu, kakak dan udin
Keluarga udin saling menyayangi
Ayo Berlatih
Susunlah kata menjadi kalimat mulailah dari kata yang bercetak tebal
1.
Ayah dan ibu – orang tua – adalah
2.
Anak-anak – orang tua – patuh – pada
3.
Mengatur –
keluarga - Ayah dan ibu
4.
Tinggal – aku – di rumah – bersama – keluarga
5.
Rukun – hidup – keluarga
Ayo Lakukan
Amati foto keluarga Udin
Sebutkan nama ayah Udin
Sebuatkan nama ibu Udin
Sebutkan nama kakak Udin
Ayo
Bernyanyi
Udin dan kakak senang bernyanyi
Mereka senang bernyanyi bersama
Nyanyikan lagu di bawah ini bersama
temanmu
Satu
satu aku sayang ibu
Ciptaan : pak/bu kasur
Satu-satu aku sayang ibu
Dua-dua juga sayang ayah
Tiga-tiga sayang adik kakak
Satu dua tiga sayang semuanya
Ayo
Berlatih
Udin mengenalka anggota keluargannya
Lakukan seperti Udin di depan kelas
Kenalkan anggota keluargamu
Lakukan dengan santun dan percaya diri
Simaklah cerita gurumu
Negara kita memiliki
dasar negara
Dasar negara kita
disebut Pancasila
Pancasila terdiri dari
lima sila
Sila Pertama berbunyi
Ketuhanan Yang Maha Esa
Bersyukur atas karunia
Tuhan adalah cerminan sila pertama
Perhatikan lambang dan
teks Pancasila
Ayo bersama gurumu,
bacalah teks Pancasila dengan nyaring
Hari/Tanggal : Rabu,
16 Oktober 2019
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran: Melalui kegiatan mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah,
siswa dapat memperkenalkan nama ayah, ibu, kakak/adik dengan santun dan percaya
diri.
Materi
Pembelajaran: Menjawab pertanyaan nama ayah, ibu, kakak atau adik.
MATERI
Ayo Mengamati
Kita
bersyukur atas karunia Tuhan
Satu contoh
karunia Tuhan adalah kesehatan
Agar tetap
sehat keluargaku selalu berolahraga
Ayah senang
berjalan kaki
Ibu senam
bersama teman-temannya
Udin senang
bersepeda
Ayo Membaca
Bacalah bacaan berikut
Bela berangkat ke
sekolah
Bela berjalan kaki
Bela berjalan di atas
trotoar
Trotoar untuk pejalan
kaki
Di jalan bela bertemu
teman baru
Bela berkenalan
Bela bertanya anggota
keluarga
Ayo Menulis
Lengkapilah teks sesuai keluargamu
Namaku ………………..
Keluargaku terdiri dari
…………… orang
Ayahku bernama ………………..
Ibuku bernama ………………….
Aku punya …………………
saudara
Aku panggil
kakakku……………..
Aku panggil
adikku………………
Ayo Membaca
Bacalah puisi yang dbuat bela berikut
Keluargaku
Aku punya keluarga
kecil
Ada ayah dan ibu
Aku punya seorang kakak
Aku bercerita dengan
keluarga
Aku berlibur bersama
keluarga
Aku membersihkan rumah
bersama keluarga
Terima kasih tuhan
telah memberiku keluarga
Hari/Tanggal : Kamis, 17 Oktober 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1.
Dengan menyimak penjelasan guru dan mengenali foto
keluarga, siswa dapat mengenalkan keluarga inti melalui tulisan dengan teliti.
2.
Dengan mengamati simbol-simbol sila Pancasila dan
menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan simbol sila pertama dalam
Pancasila dengan percaya diri.
3.
Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu
mempraktikkan cara berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa.
Materi Pembelajaran :
1.
Melengkapi nama-nama anggota keluarga berdasarkan
teks.
2.
Menceritakan anggota keluarga secara tertulis
3. Mengamati
simbol sila pertama Pancasila.
MATERI
Ayo
Mengamati
Bacalah teks terlebih dahulu!
Namaku Udin, ayahku bernama Rahmat
Ibuku bernama Fatimah
Kakak perempuanku bernama Mutiara
Isilah nama-nama pada foto di bawah ini
Isilah
titik titik berdasarkan gambar di atas
1.
Jumlah
anggota keluarga Udin……………..
2.
Udin
dan Fatimah adalah ……………….
3.
Ayah
dan ibu punya …………… orang anak
4.
Fatimah
punya saudara sebanyak……………. Orang
Tahukah kamu?
Foto keluarga berbentuk segi empat
Segi empat disebut bangun datar
Contoh bangun datar yang lain adalah
segitiga dan lingkaran
Ayo
Mengamati
Ajaklah salah satu temanmu
Amati gambar-gambar di bawah ini
Adakah bentuk degi empat, segitiga dan
lingkaran?
Isilah titik-titik di bawah ini
Bentuk-bentuk
bangun datar
Apakah dikelasmu ada foto Garuda
Pancasila?
Adakah Presiden dan Wakil Presiden?
Amati bingkai foto tersebut
Apakah bentuknya?
Amatilah symbol-simbol sila dalam
Pancasila
Adakah yang berbentuk segi empat?
Adakah yang berbentuk segitiga?
Adakah yang berbentuk lingkaran?
Amatilah simbol sila pertama
Apakah nama simbolnya?
Ayo
Belajar
Sebelum makan kita harus berdoa
Ayah memimpin berdoa
Berdoa tanda bersyukur
Bersyukur karena diberi tuhan rezeki
Lihatlah gambar bintang pada dada garuda
Gambar bintang adalah sila kesatu
Ketuhanan Yang Maha Esa
Sikap yang sesuai dengan sila kesatu
adalah berdoa sebelum melakukan kegiatan
Tidak membedakan teman juga sesuai sila
kesatu
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan menyimak contoh yang diberikan guru, siswa
dapat menyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan memperhatikan tinggi rendah
suara dengan penuh percaya diri.
2. Dengan menyusun tulisan, siswa dapat menceritakan
pengalaman berolah raga bersama keluarga.
Materi Pembelajaran :
1. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila
2. Menulis pengalaman berolah raga bersama keluarga.
MATERI
Ayo
Membaca
Ayah bela senang berolahraga lari
Ayah rajin lari pagi
Ayah berlari di taman
Ibu bela suka membuat kue
Ibu membuat kue dengan oven
Bela suka kue bolu buatan ibu
Ayo
Mendengarkan
Dengarkan
guru membaca teks berikut
Cerita keluarga bela
Ayah selalu menemaniku
Ayah mengantarku ke sekolah
Ayah menemaniku beli buku
Ibu baik hati
Ibu menyiapkan makanku
Ibu bercerita sebelum aku tidur
Kakakku hadi selalu membantu
Aku dapat tugas dari guru
Aku tidak bisa membuat tugas
Kak hadi membantuku mengerjakannya
Jawablah
pertanyaan dengan lisan
1.
Siapa
yang menemani bela membeli buku?
2.
Siapa
yang suka bercerita pada bela?
3.
Bagaimana
ibu terhadap bela?
4.
Siapa
nama kakak bela?
5.
Siapa
yang membantu bela mengerjakan tugas sekolah?
Bacalah
dengan nyaring
Ibu Beni pelatih paduan suara
Hari itu ibu Beni melatih siswa kelas
lima
Siswa kelas lima akan menjadi petugas
upacara
Mereka berlatih menyanyikan lagu wajib
Garuda Pancasila
Ayo
Bernyanyi
Bacalah
syair lagu berikut kemudian nyanyikan bersama temanmu
Garuda Pancasila
Ciptaan : sudharnoto
Garuda pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu
Pancasila dasar Negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Hari/Tanggal : Jumat, 18 Oktober 2019
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1.
Dengan menggunakan bagan silsilah keluarga yang
dibuat, siswa dapat menceritakan anggota keluarga dengan percaya diri.
2.
Melalui tanya jawab dan kerjasama dengan teman,
siswa dapat menuliskan nama anggota keluarga salah satu teman dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
1.
Mengamati bagan silsilah keluarga.
2.
Membuat bagan silsilah keluarga.
3.
Menjelaskan isi bagan silsilah keluarga.
4.
Menceritakan bagan silsilah keluarga.
5.
Melengkapi tabel nama-nama anggota keluarga salah
satu teman.
MATERI
Ayo Mengamati
Silsilah keluarga menunjukkan asal usul keluarga
Inilah silsilah keluarga Udin
Buatlah bagan silsilah
keluargamu
Isilah nama-nama anggota
keluargamu
Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca teks di bawah
Peran Ayah dan Ibu
Bekerja
Ayah bekerja memenuhi keperluan keluarga
Ada pula ibu yang ikut bekerja
Ayah dan ibu memperhatikan keluarga
Merawat Anak
Ayah
dan ibu memelihara anak anaknya
Ayah
dan ibu menyekolahkan anak anaknya
Ayah
dan ibu mengawasi anak anaknya
Peran Anak Belajar
Sebagai pelajar tugas utaman anak adalah belajar
Seorang anak harus menuntut ilmu
Untuk bekal pada masa depan
Membantu Orang Tua
Seorang anak dapat membantu orang tua
Misalnya membersihkan kamar tidur
Patuh Pada Orang Tua
Seorang anak harus patuh dan menghormati orang tua
Anak
patuh pada nasihat orang tua
Ayo Berlatih
Lengkapilah kaliamat berikut dengan kata yang tersedia
Tugas rajin menjaga
Mengganti menyuruh membantu
1.
Kamu adalah pelajar tugas kamu belajar yang ……………..
2.
Contoh hidup rukun di rumah adalah …………. Anggota
keluarga
3.
Sebagai kepala keluarga ayah dan ibu ………….. anak
anaknya
4.
Kakak dapat membantu adik mengerjakan ………….
5. Pulang sekolah badi langsung menyalakan televise
badi masih memakai baju seragam dan sepatu ayah …………… badi melepas sepatu, ayah
juga menyuruh badi …….. baju seragam dahulu
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1.
Dengan membaca nyaring dan menyimak penjelasan
guru, siswa dapat menceritakan pengalaman bermain bersama keluarga dengan
percaya diri.
2.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan
simbol sila pertama Pancasila dengan benar.
3.
Dengan penjelasan guru, siswa dapat merenungkan
karunia Tuhan yang Maha Esa dengan penuh rasa syukur.
Materi Pembelajaran :
1.
Membaca teks kegiatan bermain bersama.
2.
Menceritakan pengalaman bermain bersama keluarga.
3.
Memasangkan teks sila pertama Pancasila dengan
simbol yang sesuai.
MATERI
Bacalah dengan nyaring
Bermain Bersama
Hari minggi udara cerah
Udin dan Kak Mutiara
Bermain di halaman
Udin
bermain mobil-mobilan, yoyo, dan kartu huruf
Kak
Mutiara bermain ular tangga
Kak Mutiaran juga membawa gelang
dari plastic, buku gambar, pensil warna, dang penggaris segitiga
Mereka
saling tukar mainan
Mereka
senang bermain bersama
Ayo Membaca
Bagaimana sikap kasih sayang dalam
keluarga
Bacalah bacaan berikut
Kasih
sayang orang tua
Ayah
dan ibu menyayangi kita
Ibu
melahirkan dan menyusui kita
Ibu
juga merawat kita hingga besar
Ayah
bekerja untuk keluarga
Ayah
juga membantu ibu di rumah
Sekarang
kita sudah besar
Kasih
sayang orang tua tidak berkurang
Ayah
menemani kita bermain
Ibu
menemani kita belajar
Ayo Jawab
Isilah titik titik di bawah ini
berdasarkan cerita di atas pilih jawaban yang sesuai
Patuh
Keluarga Ibu Menemani
Kasih Sayang
1.
Yang
lahirkan kita adalah ……………
2.
Anak
anak harus ………….. pada orang tua
3.
Ayah
bekerja untuk …………..
4.
Orang
tua …………. Kita belajar dan bermain
5.
Keluarga
harus mempunyai………….
Ayo
Belajar
Punya keluarga rukun
Punya teman yang baik
Kita punya mainan dari orang tua
Untuk itu kita bersyukur
Kita bersyukur atas karunia tuhan
Ini sesuai dengan sila kesatu
Yaitu ketuhanan yang maha esa
Ayo
Berlatih
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan kata yang tersedia
Satu Menjaga
Bintang Nasihat
1.
Sikap
bersyukur sesuai dengan sila ke……………
2.
Lambing
dari sila kesatu adalah …………..
3.
Kita
bersyukur punya mainan, untuk itu kita harus ………….. mainan agar tidak rusak
4.
Ibu
baik pada kita, untuk itu kita bersyukur dengan mengikuti …………… ibu
0 komentar:
Posting Komentar