Bahan Ajar Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 5 dan 6
Hari/Tanggal : Kamis, 6 Mei 2021
Kelas : 3 A
Tema : 8 ( Praja Muda Karana )
Subtema : 3 ( Aku Suka Bertualang )
Pembelajaran : 5 dan 6
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar :
PPkN Kd 3.1
Bahasa Indonesia Kd 3.9
Matematika Kd 3.13
Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.
2. Setelah membaca teks, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
3.Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak dan jangan lupa untuk selalu mengisi jurnal ramadhan hari ini 💪
Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪
Ayo Membaca
Kalian sudah tahu berbagai rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas bermanfaat untuk mengatur lalu lintas. Rambu lalu lintas membantu perjalanan menjadi aman dan lancar. Rambu petunjuk ada dua macam. Selain petunjuk arah, ada juga rambu petunjuk tempat. Berikut ini contoh gambar ramburambu petunjuk tempat.
Perhatikan papan petunjuk berikut ini!
Siti beragama Islam.
Dayu beragama Hindu.
Lani beragama budha.
Mereka sedang menuju rumah ibadah masingmasing
Manakah arah yang harus mereka lalui?
Siti harus berjalan ke arah: ke arah lurus
Dayu harus berjalan ke arah: ke arah kanan
Lani harus berjalan ke arah: ke arah kiri
Perhatikan gambar berikut ini!
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa saja rambu lalu lintas yang kamu lihat dari gambar tersebut?
Jawab: Petunjuk aharah dan jalan di zebra cross
2. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat menyeberang jalan?
Jawab: Yang harus diperhatikan saat menyebrangi adalah saat nybrang harus melewati zebra cross pada rambu yang telah pasang dan perhatikan petunjuk arah.
Nenek mengucapkan terima kasih karena telah dibantu. Nenek juga memberikan sebungkus makanan tradisonal. Makanan tradisional itu empek-empek. Empek-empek berasal dari kampung halaman nenek. Masih ada banyak contoh makanan tradisional lainnya. Contoh kue tradisional lainnya adalah onde-onde, kelepon, dodol, serabi, dan kue lapis.
Apakah kamu dan teman-temanmu suka kue tradisional?
Perhatikan diagram makanan tradisional yang disukai anak-anak.
Kue tradisional yang disukai oleh 50 orang.
Tugasmu!
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan diagram di atas!
1. Berapa banyak anak yang menyukai serabi?
2. Berapa banyak anak yang menyukai kelepon?
3. Apa nama kue yang paling banyak disukai?
4. Apa nama kue yang paling sedikit disukai?
5. Berapa banyak perbedaan antara yang menyukai kue lapis dan kue onde-onde?
Pengiriman Tugas:
1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan tema (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak yang hebat
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib
Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪
Assalamualaikum, Arsa Hadziq Haqiqi hadir bu
BalasHapusRania Azariandini Rahmadiono hadir bu yuyun
BalasHapusAssalamuallaikum
BalasHapusAlyssa syafira putri
Hadir Bu yuyun 🤗
Rifat Fadhil Al-Azzam hadir bu Yuyun
BalasHapusLulu Humairah (Hadir Bu guru)
BalasHapusDamara Qiano Bulfiah hadir bu
BalasHapusAlysha safa najwa hadir bu
BalasHapusAsfa arziki wiangga hadir bu
BalasHapusAl Jendra Ekasapta, siap Bu
BalasHapusReinefal Azmiarta Araga
BalasHapusHadir Bu
Lulu Humairah (hadir) bu
BalasHapusNadia azzahra hadir bu
BalasHapus
BalasHapusAhmad gibran bilfakih
3a hadir bu
M. Farrel Oldryska hadir bu
BalasHapusM Raffa Rizki Pramudya
BalasHapusMaiza thirfa (hadir ) bu
BalasHapusFatimah Zahira Alviansa hadir bu
BalasHapus