SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
TEMATIK IV C
GURU KELAS : YUYUN WIDYANINGSIH ,S.Pd
TEMA 4 . BERBAGAI PEKERJAAN
SUBTEMA 1 JENIS-JENIS PEKERJAAN
PB 3
MUATAN PEMBELAJARAN : BI 3.5 ,IPA 3.8
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu menemukan sisfat -sifat tokoh dan membandingkannya dengan detail
2. Peserta didik mampu membuat rencana kegiatan untuk menjaga kelestarian SDA diskitar mereka.
MATERI
BAHASA INDONESIA
MATERI BAHASA BUKA LINK DI BAWAH INI 👇
https://www.youtube.com/watch?v=qzVurfhoHog
IPA :
1. Tiga cara yang dapat dilakukan sebagai upaya pelestarian SDA
a. Penghematan, adalah pemanfaatan sumber daya alam sesuai dengan kebutuhan.
b Perlindungan, adalah upaya pelindungan SDA agar tetap lestari dan tidak mengalami kepunahan.
c. Pemeliharaan, adalah memelihara SDA yang ada agar lestari sehingga dapat digunakan hingga generasi mendatang.
2. Upaya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian SDA yang dapat dilaksanakan di lingkungan rumah sebagai berikut.
a. Menghemat penggunaan air
b. Menghemat penggunaan listrik
c. Menghemat penggunaan bahan bakar
d. Menghemat kertas dan mendaur ulang kertas bekas
e. Menggurangi penggunaan kantong plastik Mengurangi jumlah produksi sampah
g. Memisahkan sampah sebelum di buang di tempat sampah
h. Menggunakan bahan kimia di rumah tangga seperlunya.
3. Upaya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian SDA yang dapat dilaksanakan di lingkungan masyarakat sebagai berikut :
a. Melakukan penghijauan di lingkungan sekitar.
b. Melakukan reboisasi hutan gundul.
c. Melakukan reklamasi di lokasi bekas tambang.
4. Manfaat tananaman bakau
a. Melindungi pantai dari erosi dan abrasi.
b. Menahan rembesan air laut ke darat.
c. Sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah industri.
d. Menciptakan udara pesisir yang bersih dan segar
e. Menjadi habitat alami berbagai biota darat dan laut
f. Mengurangi dampak bencana akibat gelombang laut, seperti badai dan gelombang pasang
5. Cara merawat SDA yang ada dilingkungan sekitar
a. Sungai
· tidak membuang sampah/limbah ke sungai dan menjaga kebersihan sungai
· tidak mandi, buang air kecil/besar di sungai
· tidak mencuci baju di sungai
· membuat daerah resapan di pinggir sungai
· tidak mendirikan bangunan di pinggir sungai
· mananam bambu/tanaman keras dipinggir sungai untuk mencegah erosi
· tidak melakukan penambangan pasir
b. Pantai
· tidak membuang sampah/limbah di pantai
· membersihkan pantai
· tidak menangkap ikan dengan peledak
· menanami tanaman bakau di pinggir pantai
· tidak melakukan penambangan pasir
6. Teknologi memberikan manfaat besar mengelola SDA. Teknologi yang digunakan terdiri atas teknologi sederhana dan teknologi modern.
7. Penggunaan teknologi juga menimbulkan dampak negatif. Misalnya pengambilan ikan tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, encemaran dari tumpahan bahan bakar kapal.
8. Teknologi ramah lingkungan adalah teknologi yang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia, tetapi tidak meninmbulkan dapak negatif bagi lingkungan alam.
9. Sikap yang mencerminkan menghargai sumber daya alam :
No | Contoh Sikap | Penjelasan |
1 | Mengambil nasi secukupnya | Apabila kita mengambil nasi berlebihan ketika makan, maka saat kenyang nasi tersebut terbuang sia-sia. |
2 | Memisahkan sampah organik dan anorganik | Sampah organik dapat dijadikan pupuk dan sampah anorganik dapat didaur ulang sehingga tidak mencemari lingkungan sumber daya alam |
3 | Merawat tanaman di lingkungan sekitar | Menjaga keseimbangan dan kelestarian tumbuhan |
4 | Menghemat pensil | Menjaga kelestarian granit, tanah liat, dan pohon |
5 | Memanfaatkan barang-barang bekas | Dapat mendatangkan uang, juga dapat menjaga lingkungan dari pencemaran yang berdampak buruk bagi kehidupan |
10. Sumber Daya Alam Hutan
a. Manfaat hutan
1. penghasil kayu
2. sumber makanan
3. sebagai paru-paru dunia
4. mencegah banjir dan longsor
5. sumber air bersih
6. rumah bagi hewan
b. Dampak hutan yang gundul
persediaan oksigen menipis yang menyebabkan pemanasan global
persediaan air bersih berkurang
sulit mencari sumber makanan
rusaknya habitat hewan
tumbuhan dan hewan akan punah
terjadi bencana longsor dan banjir
c. Cara melestarikan hutan
melakukan tebang pilih
reboisasi (penanaman hutan yang gundul)
menetapkan hutan sebagai taman nasional, cagar alam (tempat pelestarian tanaman langka)
melakukan penghematan untuk penggunaan benda yang berasal kayu
11. Limbah merupakan sisa/buangan yang dihasilkan baik dari proses produksi maupun kegiatan rumah tangga. Limbah terbagi menjadi limbah padat dan limbah cair. Limbah padat yaitu plastik, botol, kaleng, kain, kaca, dan potongan kayu. Limbah cair yaitu air bekas cucian pakaian, air bekas mencuci beras, dan limbah cair pabrik
12. Secara umum penanganan sampah dilakukan dengan prinsip 5R yaitu reduce, reuse, recyle, replace, dan repair.
a. Reduce adalah mengurangi penggunaan barang-barang yang menghasilkan sampah.
b. Reuse adalah memakai kembali barang-barang yang telah digunakan.
c. Recycle adalah mendaur ulang kembali barang-barang yan telah digunakan.
d. Replace adalah mengganti barang sekali pakai dengan barang yang dapat dipakai berkali-kali atau tahan lama.
e. Repair adalah memperbaiki barang-barang rusak agar dapat digunakan kembali.
16. Pemanfaatan barang bekas :
No | Barang Bekas | Pemanfaatan | SDA yang terbantu penghematannya |
1 | Onderdil sepeda dan sepeda motor | robot-robotan | biji besi |
2 | Botol plastik | kerajinan | minyak bumi sebagai sumber energi pabrik plastik |
3 | perahu yang rusak | hiasan, gantungan kunci, mainan |
0 komentar:
Posting Komentar