GURU KELAS : YUYUN WIDYANINGSIH, S.Pd.
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.
PENDALAMAN MATERI
Tujuan pembelajaran :
- Peserta didik mampu menghitung luas bangun datar gabungan
LUAS BANGUN DATAR GABUNGAN
Contoh Soal 1:
PENDALAMAN MATERI
Tujuan pembelajaran :
- Peserta didik mampu menghitung keliling bangun datar gabungan
KELILING BANGUN DATAR GABUNGAN
A. Segitiga
B. Persegi
C. Persegi Panjang
Contoh soal 1 :
Keliling bangun datar disamping yaitu :
K = AB+BC+CD+DA
= 5m + 8m + 9m + 12m
= 34m
Contoh Soal 2:
PENGOLAHAN DATA
Data merupakan catatan informasi yang diperoleh berdasarkan fakta. Data dapat dikumpulkan dengan cara berikut :
- Wawancara dengan narasumber
- Membuat dan menyebarkan kuesioner untuk diisi oleh narasumber
- Mengumpulkan data dari sumber data yang sudah ada
Contoh kegiatan pengumpulan data :
Nina mengumpulkan data warna kesuakaan dari lima orang temannya dengan cara bertanya langsung. Berikut data yang diperoleh Nina:
> Warna kesukaan Deli : hijau
> Warna kesukaan Lani : merah
> Warna kesukaan Made : biru
> Warna kesukaan Joni : hitam
> Warna kesukaan Toni : kuning
A. DATA DALAM BENTUK TABEL
MEMBACA DATA
Tabel merupakan daftar yang berisi suatu data atau informasi yang disusun dalam bentuk baris dan kolom. Data yang disajikan dalam bentuk tabel dapat mempermudah kita dalam membaca dan menafsirkan data tersebut.
Contoh :
Tabel berikut menyajikan data berat badan balita yang ditimbang di Posyandu Mawar
Berikut cara membaca data dalam tabel tersebut :
1. Banyak balita yang berat badannya 10 kg ada 12 anak
2. Banyak balita yang berat badannya 11 kg ada 18 anak
3. Banyak balita yang berat badannya 12 kg ada 16 anak
4. Banyak balita yang berat badannya 13 kg ada 20 anak
5. Banyak balita yang berat badannya 14 kg ada 10 anak
6. Banyak balita yang berat badannya 15 kg ada 15 anak
MENYAJIKAN DATA
Langkah-langkah menyajikan data dalam bentuk tabel adalah sebagai berikut :
Kelompokkan data secara berurutan
Hitunglah banyak setiap data yang sama
Tuliskan setiap kelompok data beserta banyaknya dalam tabel
Contoh :
Berikut data nomor sepatu 20 siswa kelas IV SD Mandiri. 36 36 34 35 35 31 34 38 33 33 32 34 37 36 34 35 37 36 38 33
Sajikan data nomor sepatu tersebut dalam bentuk tabel!
Penyelesaian :
Kelompokkan dan hitunglah banyak setiap nomor sepatu pada data tersebut dari yang terkecil secara berurutan.
Nomor sepatu 31 ada 1
Nomor sepatu 32 ada 1
Nomor sepatu 33 ada 3
Nomor sepatu 34 ada 4
Nomor sepatu 35 ada 3
Nomor sepatu 36 ada 4
Nomor sepatu 37 ada 2
Nomor sepatu 38 ada 2
Tulisakan data yang telah dikelompokkan tersebut dalam bentuk tabel seperti berikut.
B. DATA DALAM BENTUK DIAGRAM BATANG
MEMBACA DATA
Selain dalam bentuk tabel, data juga dapat disajikan dalam bentuk diagram batang. Pada diagram batang, banyak data diwakili oleh gambar persegi panjang. Perhatikan cara membaca data dalam bentuk diagram batang di bawah ini.
Berikut cara membaca data dalam diagram batang tersebut.
Banyak siswa yang memelihara kucing ada 12 orang
Banyak siswa yang memelihara kelinci ada 6 orang
Banyak siswa yang memelihara burung ada 8 orang
Banyak siswa yang memelihara ikan ada 5 orang
Banyak siswa yang memelihara ayam ada 7 oran
MENYAJIKAN DATA
Langkah-langkah menyajikan data dalam bentuk diagram batang adalah sebagai berikut :
Buatlah dua garis yang saling tegak lurus
Tuliskan jenis data pada garis mendatar
Tuliskan bilangan-bilangan untuk menyatakan banyak setiap jenis data pada garis tegak
Gambarlah batang dalam kurung persegi panjang di setiap jenis data dengan tinggi sesuai banyak data Hewan Peliharaan
Data yang diberikan tidak selalu dalam bentuk tabel. Untuk mempermudah membuat diagram batangnya, sajikan dalam bentuk tabel terlebih dahulu.
Contoh :
Berikut data nilai ulangan matematika siswa kelas IV.
0 komentar:
Posting Komentar