SUB TEMA 1 ( WUJUD BENDA)
KELAS 3 SD AL AZHAR 2
Hari/Tanggal : JUMAT , 6 Oktober 2023
Subtema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 2
Tujuan Pembelajaran :
A.
TUJUAN
1. 1. Dengan membaca wacana percakapan, peserta didik dapat mengidentifikasi
informasi tentangsifat wujud benda dengan benar
2. 2. Dengan melakukan percobaan, peserta didik dapat membuktikan sifat benda
dengan tepat.
3. 3. Dengan membuat kesimpulan, peserta didik dapat menuliskan pokok-pokok
informasi yang berkaitan dengan konsep wujud benda dengan tepat.
4. 4. Dengan kegiatan bercerita, peserta didik dapat menyebutkan arti penting menolong.
5. 5.Dengan kegiatan menulis pengalaman, peserta didik dapat menceritakan
pengalamannya menolong orang lain dalam bentuk tulisan.
Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume?
Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda.
Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?
Simak percakapan Siti dengan Ibu guru berikut ini!
Ibu Guru : Anakanak perhatikan kedua bola di tangan ibu. Kedua bola mempunyai ukuran yang berbeda. Kedua bola bahannya juga berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?
Siti : Massa, Bu? Apakah massa itu, Bu?
Ibu Guru : Yuk, lakukan percobaan bersama! Letakkan kedua bola pada timbangan. Apakah yang terjadi? Coba, lihatlah.
Udin : Bola basket lebih berat, Bu!
Ibu Guru : Benar, Udin. Bola basket bahan penyusunnya beda dengan bola plastik. Bola basket terbuat dari karet sintesis. Bola plastik terbuat dari plastik. Bola basket lebih berat daripada bola plastik. Banyaknya bahan penyusun yang terdapat dalam benda disebut massa.
Siti : Jadi, bola yang lebih berat memiliki massa lebih besar?
Ibu Guru : Benar, Siti! Massa umumnya diukur dengan satuan gram atau kilogram.
Massa diukur dengan alat di bawah ini.
Selain massa, benda mempunyai volume. Apakah volume benda itu?
Semua benda menempati ruang. Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume.
Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti benda yang kecil memiliki volume yang kecil. Benda yang besar memiliki volume yang besar.
Volume akuarium A lebih besar daripada volume akuarium B.
Edo dan teman-teman berlatih memantulkan dan menangkap bola di sekolah. Ketika tengah asyik berlatih, tiba-tiba Udin terjatuh. Kakinya sakit dan tidak dapat berdiri.
Edo dan teman-teman melihat Udin kesakitan. Edo dan teman-teman segera menghentikan permainan.
Kemudian, Edo dan Beni menolong Udin dengan me mapahnya ke UKS. UKS singkatan Unit Kesehatan Sekolah.
Setelah diperiksa, ibu guru menduga kaki Udin terkilir. Oleh karena itu, kakinya perlu diperiksa dokter.
Perbuatan Edo dan Beni menolong Udin sangat terpuji. Apakah kamu mem punyai pengalaman menolong teman atau orang lain?
Ceritakanlah pengalamanmu di depan kelas! Simak dengan baik saat temanmu bercerita!
Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:
1. Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!
Tuliskan benda – benda dari gambar yang termasuk benda padat, cair dan gas!
2. Perhatikan gambar di bawah ini!
Rumah Udin ke kantor pos = ... km ... m
= ... m
3. Dalam sebuah tarian selain gerakan tangan ada pula gerakan . . .
4. Ciri – ciri benda antara lain memiliki . . . dan . . .
5. Mengapa kita perlu menolong orang lain?
0 komentar:
Posting Komentar