SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS YUYUN WIDYANINGSIH, S.Pd
SUBTEMA 4 PENGHEMATAN ENERGI
KELAS 3 SD AL AZHAR 2
Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Subtema 4 : Penghematan Energi
Kode KD Bahasa Indonesia (3.2), PKn (3.2), SBdP (3.4) Matematika (3.8)
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati gambar, Siswa dapat Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
2. Setelah mengamati gambar, Siswa dapat Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.
3. Setelah mengamati gambar, Siswa dapat Menyelesaikan masalah luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.
4. Setelah mengamati gambar dan membaca petunjuk atau cara, Siswa dapat Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung.
Ayo Mengamati
Hemat adalah sikap yang sesuai dengan pengamalan sila ke-5 Pancasila. Contoh butir pengamalannya adalah tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan.
Perhatikan gambar berikut!
Apa pendapatmu tentang perilaku anak pada gambar tersebut?
Perilaku anak pada gambar tidak sesuai dengan sila ke-5 Pancasila. Tuhan juga memerintahkan manusia agar tidak melakukan pemborosan. Seseorang yang melakukan pemborosan berarti tidak peduli dengan orang lain. Selain itu, juga tidak peduli dengan alam yang kita tempati. Padahal, alam ini merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup.
Dari gambar di atas ada saran perbaikan untuk perilaku tersebut, yaitu:
Perilaku pemborosan : Bermain mainan yang menggunakan energi listrik
Saran perbaikan : Bermain permainan yang tidak menggunakan energi listrik
Ayo Berkreasi!
Hari ini, Udin dan teman-teman membuat kipas. Kipas dibuat dari karton bekas. Udin dan teman-teman memanfaatkan karton bekas untuk membuat karyanya. Kipas dari karton bekas tidak memerlukan listrik. Udin dan teman-teman latihan berhemat. Berhemat listrik dan kertas. Berhemat listrik artinya menghemat energi.
Dapatkah kalian membuat kipas seperti Udin? Buat kipas seperti contoh berikut!
Siapkan peralatan seperti berikut.
1. Karton bekas untuk cetakan kipas
2. Tali rafia/pita
3. Gunting
4. Lem
5. Stik es krim bekas, batang bambu, atau karton yang lebih tebal untuk pegangan kipas
6. Pembolong kertas.
Tahap Membuar Kipas
1. Buatlah cetakan kipas karton sebanyak 2 buah.Buatlah dengan ukuran sama panjang.
2.Lubang selurah pinggiran karton.
3. Tempelkan pegangan kipas pada salah satu permukaan karton.
4.Tempelkan satu karton lainnya dengan cara dijahit, guanakan tali rafia atau pita.
Kipas buatan udin dan teman -teman.
Ayo Berlatih
Udin dan teman teman telah selesai membuat kipas dari bahan karton.
Untuk mencari luas pada gambar berikut, Hitunglah semua jumlah kotak yang berwarna merah.
Luas kipas Edo adalah 14 persegi satuan
Luas kipas Beni adalah 11 persegi satuan.
Ayo Berlatih !
Barang bekas yang dimanfaatkan menjadi benda lain termasuk sikap berhemat.
Air yang digunakan secukupnya termasuk menghemat energi.
Perhatikan gambar berikut!
Jawablah pertanyaan berdasarkan gambar!
1. Apa yang sedang mereka lakukan?
Jawab : Mereka sedang mengantri untuk mendapatkan air bersih
2. Mengapa mereka melakukannya?
Jawab: Kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari
3. Di mana kejadiannya?
Jawab: Biasanya terjadi di desa-desa terpencil
0 komentar:
Posting Komentar