Rabu, 22 Oktober 2025

Rabu, 22 Oktober 2025 ( Bahasa Indonesia dan Matematika)

 

Hari/Tanggal        : Rabu, 22 Oktober 2025

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia dan Matematika 

Alat Peraga           : Video Pembelajaran, Gambar

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi Bahasa Indonesia dan Matematika. 

Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu menunjukkan keterampilan menulis pemula dengan benar di atas kertas dan melalui media digital. Murid mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Murid mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga dan/ atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana. 


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

Murid dapat Menyalin huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan rapi dan benar di atas kertas. 

Tujuan Pembelajaran (TP):

Murid dapat Menulis huruf dengan bentuk yang jelas dan ukuran yang konsisten. 


Materi Bahasa Indonesia 


Huruf kapital adalah huruf yang lebih besar dan berbentuk khusus, yang digunakan untuk mengawali sebuah kalimat, pada nama orang dan julukan, serta untuk nama-nama penting lainnya seperti hari, bulan, dan agamaUntuk anak SD kelas 1, fokus pada penggunaan paling dasar: di awal kalimat dan untuk menuliskan nama teman atau diri sendiri, agar mereka mudah memahami.
Kegunaan Huruf Kapital
Kapan Menggunakan Huruf Kapital?
  1. Di Awal Kalimat
    Tulis huruf pertama pada setiap kalimat dengan huruf kapital. 
    • Contoh: Ayah membaca buku.
    • Contoh: Merekalah yang mengajarkanmu.
  2. Nama Diri (Nama Orang)
    Gunakan huruf kapital di awal nama orang, termasuk nama kamu dan teman-temanmu. 
    Contoh: Nama saya adalah Kirana. Contoh: Doni dan Nita sedang bermain.
  3. Julukan atau Panggilan Penting
    Gunakan huruf kapital untuk julukan atau panggilan orang. 
    Contoh: Jenderal Kancil. 

Capaian Pembelajaran (CP):
Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :
Murid dapat melakukan operasi hitung pengurangan dan penjumlahan

Tujuan Pembelajaran (TP): 
Melakukan operasi hitung menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan 1-10.

Materi Matematika : 

Materi Matematika

Setelah melihat video pembelajaran  bu guru bertanya :
     Ada berapa jumlah semua kelinci? Bagaimana cara menjawabnya?
-      Tuliskan operasi hitungnya. 


·        “Apakah ada hubungan antara penjumlahan dan pengurangan? 
Jelaskan jawaban kalian.”

0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template