Kamis, 16 September 2021

Kamis, 16 September 2021




  Hari/Tanggal        : KAMIS, 16 September 2021

   Tema                    : 3 ( Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumah )

Subtema               : 2 ( Keberagaman Mahluk Hidup di Lingkunganku )

Pembelajaran        : 5 dan 6

Alat Peraga           : Gambar  

Kompetensi Dasar : IPS :3.1 dan 4.1 SBDP :3.4 dan 4.4 BI :3.3 dan 4.3 PPKN :3.2 dan 4.2

Tujuan Pembelajaran :  

1.Peserta didik mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam dilingkungan sekitar mereka.

2.Pesarta didik mampu menjelaskan cara mengapresiasi karya seni mozaik dengan baik.

3. Peserta didik mampu menjelaskan cara menulis laporan hasil wawancara dengan baik.

4.Peserta didik mampu menjelaskan hak dan kewajiban terhadap pelestarian  hewab dengan benar.

                                       


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 

Literasi

Hewan merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Tahukah kamu bahwa hewan yang berbeda mempunyai tempat yang berbeda untuk hidup?

Ayo, kita cari tahu ?

Tahukah kamu, bahwa Tuhan menciptakan hewan dengan bentuk dan jenis yang berbeda-beda. Setiap jenis hewan memiliki tempat hidup dengan karakteristik masing-masing. Tempat hidup tergantung kepada ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh hewan tersebut. 

IPS :

Ciri-ciri khusus hewan mempunyai hubungan yang erat dengan karakteristik tempat hidupnya.

 Ada hewan yang tinggal didarat ,ada juga hewan yang tinggal di perairan .Berikut contoh  ciri-ciri temapat hidup hewan. mari kita gambar dan penjelasan di bawah ini !



1.Ayam tinggal didarat.ayam memiliki paruh yang berguna untuk mencari makan .ayam dapat dimanfaatkan daging dan telur nya .Ayam dibudidayakan di perternakan .Perternakan ayam berada di dataran rendah.



Ikan hidup di air .ikan digolongkan menjadi 3 jenis ,yaitu ikan tawar,ikan air payau dan ikan air laut .ada ikan yang dimanfaatkan sebagai makanan ada juga ikan yang dimanfaatkan sebagai ikan peliharaan .ikan yang dipelihara mempunyai tempat hidup di akuarium atau di kolam ikan .




SBDP :

Apresiasi Terhadap Hasil Karya Seni Mozaik

Mozaik merupakan karya seni rupa dua atau tiga dimensi. Mozaik ini menggunakan bahan dari keping-keping yang dipotong-potong atau utuh (misalkan biji-bijian). Teknik membuatnya dengan ditempel lem pada bidang datar. Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mozaik adalah kertas tebal,
daun, biji-bijian, kepingan kaca, pecahan keramik dll. Pada umumnya mozaiktidak diwarnai. Pembuat mozaik mengkreasikan komposisi warna dari
bahan-bahan yang ditempel.

langkah-langkah membuat mozaik berikut.
Bahan:

• Biji-bijian misalnya kacang hijau, kacang kedelai, kacang hitam, dan kacang-kacang lainnya yang berukuran hampir sama.
•Kertas A4
• Lem

Alat:
• Pinset
• Pensil
• Kuas

Langkah pembuatan:
1. Gambar pola seekor hewan di kertas gambar (A4).
2. Berilah lem pada bidang gambar. 
3. Tempelkan biji-bijian dengan rapi
4. Perhatikan komposisinya warnanya.
Contoh hasil karya mozaik



BAHASA INDONESIA :

Menulis laporan hasil wawancara.

Kegiatan wawancara dengan narasumber telah dilakukan, sehingga diperoleh sejumlah informasi dari narasumber.

 Selanjutnya setelah melakukan wawancara maka harus menuliskan laporan.

Format / bentuk penulisan laporan wawancara sebagai berikut :



PPKN :
Melestarikan Hewan Langka 
 
Manusia wajib melestarikan  hewan langka.Pelestarian hewan langka dilakukan dengan cara penangkaran hewan langka oleh lembaga berwenang .Salah satunya dengan mendirikan suaka maragasatwa dan taman nasional.Dengan melestarikan dan melindungi hewan langka ,keseimbangan alam akan terjaga,


Tugasmu!
 
1. Amati hewan disekitarmu dan buatlah vidio tentang ciri-ciri hewan tersebut serta tempat hidupnya seperti contoh diatas pada hewan ayam dan ikan !!!! Untuk hewan nya boleh hewan lain.

Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 4 C

3. Mengirimkan dokumentasi Hasil Tugas ke WhatsApp Bu yuyun

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 12.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru yuyun )







16 komentar:

  1. As salamualaikum Bu Yuyun

    Dhirgham Tamam F
    Hadir Bu

    Terima kasih🙏

    BalasHapus
  2. Assalamuallaikum
    Alyssa syafira putri
    Hadir Bu yuyun 🤗

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Alysha safa najawa
    Hadir bu

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Bu Dafa Zaidan Pratama hadir Bu Yuyun

    BalasHapus
  5. Raihan Athaya Naufal Hade
    Hadir Bu

    BalasHapus
  6. Radhika Razqa Putranto hadir 🙏🏻

    BalasHapus
  7. Muhammad Irzam Adriano Kholis hadir Bu, 🙏

    BalasHapus
  8. Rakha Naufal Kumara Arsa hadir bu

    BalasHapus
  9. Alfathi Jagaraga Wicaksono hadir bu

    BalasHapus
  10. Syifa nurfadhillah
    Izin sakit bu🙏

    BalasHapus

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template