Bahan Ajar Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 dan 6 Kelas 4 SD
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi Alternatif
Pembelajaran : 5 Dan 6
Kelas : 4 C
Hari/Tanggal : Kamis, 2 September 2021
Tujuan Pembelajaran :
1. Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat
2. Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu.
3. Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin
Baiklah anak-anak kemarin kalian sudah belajar tentang kalimat petunjuk, energi alternatif dari bahan alam sekitar sekarang kita lanjukan materinya, namun sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪
IPS
Indikator :
3.2.2 Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.2.2 Mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untukKesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
Mata Pelajaran : SBDP
Indikator :
3.3.2 Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu.
4.3.2 Menanam Jagung Menyanyikan notasi lagu Menanam jagung sesuai dengan
tinggi rendah nada.
Arti tanda tempo dan macam - macam tanda tempo adalah ?
=> Tanda tempo adalah tanda yang digunakan dan berfungsi untuk menunjukkan cepat/lambatnya lagu yang dinyanyikan.
=> Macam Tanda Tempo :
1. Allegro : Cepat
2. Allegratto : Agak Cepat
3. Presto : Cepat Sekali
4. Moderato : Sedang Agak Cepat
5. Vivace : Lebih Cepat
6. Adagio : Lambat
7. Largo : Lambat Sekali
8. Andante : Sedang
9. Lento : Lebih Lambat
10. Grave : Sangat Lambat
B. Indonesia
Indikator :
3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
Protein yang terkandung di dalam tempe ternyata lebih tinggi dibanding tahu.Menurut penelitian, tempe mengandung ladar protein sebesar 15,4 gram, sedangkan tahu hanya 10 gram saja. Hal itu disebabkan karena proses pembuatan tempe lebih sedikit dibanding dengan tahu. Proses pembuatan tempe hanya dilakukan dengan cara mencampurkan biji kedelai dengan ragi lalu disimpan selama beberapa hari. Sementara itu, proses pembuatan tahu terbilang panjang karena kacang kedelai harus direbus terlebih dahulu, lalu kemudian digiling dan diambil saripatinya. Saripati tersebut lalu dicampur biang dan disimpan selama beberapa hari. Itu sebabnya, kadar protein dalam tahu menjadi lebih kecil dibanding dengan tempe.
Kalimat yang dicetak miring: kalimat utama. Kalimat yang tidak dicetak miring: kalimat penjelas. Kata kunci: protein, tahu, dalam, tempe, lebih, dan dibanding.
PPKN
Indikator:
Contoh hak dalam kehidupan sehari-hari :
1. Lingkungan sekolah
Hak
a. berhak mendapatkan pendidikan yang layak.
b. menggunakan fasilitas sekolah dengan baik dan benar.
c. mendapatkan perlindungan dan keadilan dari pihak sekolah.
d. mendapatkan apresiasi dari sekolah jika berprestasi.
Kewajiban
a. membayar uang sekolah dan uang administrasi.
b. merawat fasilitas sekolah.
c. menjaga kedamaian dan ketentraman sekolah.
Lingkungan masyarakat.
Hak dalam masyarakat
a. mendapatkan perlindungan dan perdamaian.
b. menggunakan fasilitas umum dengan baik.
Kewajiban
a. Menaati peraturan yang berlaku.
b. Menjaga ketentraman dan kedamaian di lingkungan masyarakat.
Lingkungan keluarga
Hak
a. mendapatkan perlakuan secara adil dan memenuhi kebutuhan dari orang tua bagi anak.
Kewajiban
a. menghormati yang lebih tua dan menyayangi adik.
b. membantu orang tua.
Lingkungan negara
Hak
a. Berhak mendapatkan perlakuan yang adil dan sama.
b. Mendapatkan jaminan kesejahteraan, perlindungan dan ketentraman dari negara.
c. Mendapatkan kebebasan menjalankan dan menentukan nasibnya sendiri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Kewajiban
a. Membayar pajak
b. Menjaga ketentraman negara.
c. Berkontribusi dalam membela negara.
Penjelasan lebih lanjut :
Hak merupakan suatu yang wajib didapatkan dari setiap individu yang menjalankan kewajibannya.
Latihan soal :
1. Sebutkan Kewajiban apa yang sudah kamu lakukan terhadap lingkungan !
2. Sebutkan hak yang kamu peroleh setelah merawat lingkungan !
jawabannya, bu guru tunggu sampai pukul 13.00, Selamat mengerjakan :)
Assalamualaikum Bu
BalasHapusRaihan Athaya Naufal Hade
kelas 4C
Hadir Bu
As salamualaikum Bu Yuyun
BalasHapusDhirgham Tamam F
Hadir bu
Terima kasih bu🙏
Assalamualaikum Bu Dafa Zaidan Pratama hadir Bu Yuyun
BalasHapusMaiza thirfa
BalasHapusHadir Bu
Alysha safa najwa
BalasHapusHadir bu
Alraisya Mozar
BalasHapusHadir
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamuallaikum
BalasHapusAlyssa syafira putri
Hadir Bu yuyun 🤗
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusCarrisa Bilqis Arzeta
BalasHapusHadir
Zahwa Rafelia Rapon
BalasHapusHadir Bu
Rakha Naufal Kumara Arsa hadir bu
BalasHapusSyaqila Nandita putri hadir bu
BalasHapusM.rayhan ramadhan
BalasHapusGilang Alfitra Ariansyah Hadir
BalasHapusRafi Rizki Pratama hadir bu 🙏
BalasHapus