Hari/Tanggal : Selasa, 14 September 2021
Tema : 3 ( Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumah )
Subtema : 2 ( Keberagaman Mahluk Hidup di Lingkunganku )
Pembelajaran : 1 dan 2
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar : BI.3.3 dan 4.3 IPS. 3.1 dan 4.1 IPA. 3.8 dan 4.8 PPKN.3.2 dan 4.2
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu membuat daftar pertanyaan persiapan wawancara dengan tepat.
2. Peserta didik mampu mengidentifikasi upaya pelestarian hewan sebagai sumberdaya alam dengan kepedulian yang tinggi.
3. Peserta didik mampu mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan sistematis
4. Peserta didik mampu menjelaskan hak dan kewajiban masyarakat terhadap hewan disekitar dengan benar
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini?
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪
Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak
Bahasa Indonesia :
Narasumber dalam wawancara
Narasumber bertugas memberikan informasi.
Syarat sebagai narasumber :
1.Memiliki pengetahuan di bidang tertentu terkiat dalam wawancara
2. Memiliki keahlian tertentu dalam suatu bidang yang berkaitan dengan topik
3.Mengalami atau terlibat dalam peristiwa yang berkaitan dengan topik
Format penulisan wawancara sebagai berikut :
1.Latar Belakang
2.Maksut Tujuan
3.Topik wawancara
4.Waktu dan tempat kegiatan
5.Laporan hasil wawancara
6.Kesimpulan
Ciri- ciri pertanyaan yang baik adalah :
1. Sesuai topik
2. Jawabannya bukan iya dan tidak
3. Menggali lebih banyak informasi
4. Diawali dengan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana
5. Pertanyaan fokus atau tepat sasaran
6. Bahasa yang benar
7. Antar pertanyaan berkesinambungan
IPS:
Meletarikan Sumber Daya Alam
Hutan adalah suatau kawasan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati .
Selain tumbuhan ,hewan juga merupakan sumber daya alam yang perlu dan terus dijaga keseimbangan dan kelestariannya.jika tidak ,maka hewan hewan tersebut manjadi langka dan punah.seperti yang terjadi pada burung cenderawasih .
Selain burung cenderawasih ada juga hewan lain yang harus kita lindungi seperti kupu-kupu .
kupu- kupu hidup di dataran tinggi dan dataran rendah, dengan warnya yang menarik perhatian banyak orang.oleh sabab itu perburuan kupu-kupu sering terjadi.
Hewan -hewan langka
Harimau
Badak
Jalak
Orangutan
Gajah
Komodo
IPA :
Pemanfaatan Hewan Sebagai Sumber Daya Alam
Secara umum hewan berfungsi sebagai sumber bahan pangan ,membantu kegiatan manusia,sabagai sarana olahraga dan sarana hiburan.
Pemanfaatan hewan sebagai sumber daya alam
Hewan dimanfaatkan sebagai sumber bahan makanan,obat obatan,dan dimanfaatkan tenaganya oleh manusia.
Contoh Pemanfaatan hewan oleh manusia antara lain
1 . Ayam dan bebek dimanfaatkan untuk diambil telur dan dagingnya
2. Kerbau dan sapi dimanfatkan untuk diambil daging dan tenaganya untuk membajak sawah.
3.Ikan koi,kucing dan kelinci dimanfatkan untuk hewan peliharaan
Keseimbangan alam harus kita jaga agar tidak menimbulkan masalah bagi manusua dan lingkungan.berikut contoh cara menjaga keseimbangan alam.
1.Tidak memanfaatkan hewan secara berlebihan.pemanfatan yg berlebihan akan menyebabkan hewan tersebut langkan dan bahkan punah.
2.Menjaga habitat atau tempat hidup hewan.misalnya tidak merusak tumbuhan di hutan.
3.Tidak membeli barang yang berasal dari bagian tubuh hewan langka.
PPKN:
Sikap Bijak Terhadap Hewan
Hewan peliharaan termasuk mahluk hidup .kita berhak memiliki hewan peliharaan tetapi kita wajib merawatnya.Jika kita tidak merawat nya ,hewan peliharaan akan kotor dan bau.
SBDP:
Ayo Berkreasi
Amati mozaik, diskusikan dengan anggota keluargamu.
Mozaik merupakan karya seni rupa dua atau tiga dimensi. Mozaik ini menggunakan bahan dari keping-keping yang dipotong-potong atau utuh (misalkan biji-bijian). Teknik membuatnya dengan ditempel dengan lem pada bidang datar. Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mozaik adalah kertas tebal, daun, biji- bijian, kepingan kaca, pecahan keramik dll. Pada umumnya mozaik tidak diwarnai. Pembuat mozaik mengkreasikan komposisi warna dari bahan-bahan yang ditempel.
Jelaskan secara singkat hak dan kewajibanmu terhadap hewan peliharaanmu di rumah melalui voicenote!
Pengumpulan Tugas:
1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup.
2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 4 C
3. Mengirimkan dokumentasi Hasil Tugas ke WhatsApp Bu yuyun
4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 12.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru yuyun )
Assalamualaikum Bu Dafa Zaidan Pratama hadir Bu Yuyun
BalasHapusAs salamualaikum Bu Yuyun,,
BalasHapusDhirgham Tamam F
Hadir Bu
Terima kasih🙏
Raihan Athaya Naufal Hade
BalasHapusHadir Bu
Assalamuallaikum
BalasHapusAlyssa syafira putri
Hadir Bu yuyun 🤗
Carrisa Bilqis Arzeta
BalasHapusHadir
Maiza thirfa
BalasHapusHadir bu
Alysha safa najwa
BalasHapusHadir bu
Alraisya Mozar
BalasHapusHadir
Zahwa Rafelia Rapon hadir bu
BalasHapusRadhika Razqa putranto Hadir bu
BalasHapusRakha Naufal Kumara Arsa hadir bu
BalasHapusAlfathi Jagaraga Wicaksono hadir bu
BalasHapusRafi Rizki Pratama hadir bu 🙏
BalasHapusAkmal misbah kurniawan
BalasHapusM hafiz eka laksana hadir Bu🙏
BalasHapusAhmad Abrar Maheswara Idris
BalasHapusHadir bu