SUBTEMA 2. Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia PB 4
Muatan Pembelajaran : IPA 3.5 dan 4.5 BI 3.3 dan 4.3 PKn 3.2 dan 4.2
TUJUAN PENBELAJARAN :1. Peserta didik mengetahui hak dan kewajiban terhadap sumber daya alam dan pemanfaatannya.
2. Peserta didik mengetahui pemanfaatan sumber daya alam tidak langsung.
3. Peserta didik dapat menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
kita akan melanjutkan pembelajaran kemarin, maka akan kita mulai dari kegiatan literasi.
Setiap kebutuhan manusia dapat terpenuhi, salah satunya diawali dengan
pemanfaatan sumber daya alam. Sumber daya alam di Indonesia yang menyangkut
kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar- besarnya kemakmuran rakyat. Misalnya minyak bumi, batu, bara, gas, dan air. Oleh karena itu, setiap orang memiliki hak yang sama untuk memanfaatkan dan menikmatinya. Meskipun demikian, setiap orang juga memiliki kewajiban untuk memanfaatkannya dengan bijak dan hemat.
1. Kewajiban Terhadap Sumber Daya Alam
Sumber daya alam, khususnya yang tidak dapat diperbarui lama
kelamaan semakin berkurang dan akhirnya habis. Oleh karena itu,
kita harus melestarikannya. Usaha pelestarian sumber daya alam
merupakan kewajiban kita sebagai anggota masyarakat.
Selanjutnya, bagaimana cara melestarikannya? Menghemat pemakaian sumber energi merupakan salah satu contoh cara melestarikan sumber daya alam.
Menghemat sumber daya alam tidak hanya berfungsi untuk melestarikannya saja. Tindakan ini juga bermanfaat untuk mengurangi bahaya kerusakan lingkungan. Contohnya penggunaan bensin sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor yang timbul menyebabkan pencemaran udara.
Berikut kewajiban terhadap sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari.
a. Mengurangi kegiatan yang banyak menghabiskan sumber daya alam.
b. Pemanfaatan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan.
c. Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersedian sumber daya alam.
d. Melakukan reboisasi untuk menjaga ketersediaan sumber daya alam terutama air.
e. Menggunakan energi alternatif.
2. Hak Memanfaatkan Sumber Daya Alam
Kekayaan sumber daya alam yang kita miliki, baik yang dapat diperbarui maupun yan tidak dapat diperbarui bermanfaat bagi kelangsungan hidup masyarakat. Setiap anggota masyarakat pun memiliki hak untuk memanfaatkannya. Hak untuk memanfaatkan sumber daya alam ini bisa dilakukan secara
langsung maupun tidak langsung.
Contoh pemanfaatan secara langsung adalah hasil pertanian yang dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat. Adapun pemanfaatan tidak langsung artinya hasil dari sumber daya alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.
Sekarang, ayo simak salah satu pemanfaatan sumber daya alam tidak langsung yang membutuhkan proses pengolahan terlebih dahulu. buka halaman 78.
Nah, setelah ananda sholih sholiha sudah membaca dan memahami dengan baik pemanfaatan sumber daya tidak langsung yang membutuhkan proses pengolahan, maka ananda silahkan kerjakan tugas berikut ini pada tema 9 subtema 2 pembelajaran ke 4 halaman 79-80.
1. Absen pagi pada kolom komentar Blogger Ibu guru yuyun
2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di grup kelas 4 C
3. Mengirimkan dokumentasi hasil Tugas ke WhatsApp Ibu guru yuyun
4. Pengiriman tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB
Alraisya Mozar
BalasHapusHadir
Assalamuallaikum Bu Yuyun
BalasHapusDhirgham Tamam Fadila
Hadir Bu
Terima Kasih🙏
Assalamualaikum Bu
BalasHapusDafa Zaidan Pratama
Hadir Bu Yuyun 🙏
Assalamu'alaikum. Bu
BalasHapusCarrisa Bilqis Arzeta
Hadir bu 🙏
Maiza thirfa
BalasHapusHadir bu
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusAlyssa syafira putri
Hadir Bu yuyun 🤗
Terima kasih 🙏
Alysha safa najwa
BalasHapusHadir bu
Muhammad Hafiz Eka laksana hadir bu 🙏
BalasHapusRakha Naufal kumara Arsa hadir bu
BalasHapus