Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia.
2. Dengan mengamati benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan berpembilang dengan benar.4. Dengan berdiskusi bersama anggota keluarga, siswa dapat menjelaskan pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari - hari di lingkungan sekitar dengan lengkap.
Pagi ini, cuaca sangat cerah. Matahari bersinar terang. Siti dan teman-teman berbaris mengikuti upacara bendera. Saat istirahat, cuaca berawan. Mereka pun bermain di halaman sekolah dengan nyaman. Mereka bermain tapak gunung dan lompat tali.
Namun, saat pulang sekolah, cuaca berubah mendung. Tanda sebentar lagi akan turun hujan.
Siti dan teman-teman segera pulang ke rumah. Ketika mereka tiba di rumah, hujan pun turun. Ternyata cuaca dapat berubah-ubah. Amati cuaca di sekitar tempat tinggalmu. Apakah cuacanya juga berubah-ubah?
Keesokan harinya, Beni mengajak Udin dan Edo berkumpul di halaman sekolah. Saat itu, cuaca masih terlihat mendung. Banyak genangan air terlihat di halaman sekolah. Beni dan teman-teman memilih istirahat di bawah pohon.
Mereka bercakap-cakap tentang cuaca kemarin.
Cuaca dan Perubahannya
Cuaca di sekitar kita dapat berubah-ubah. Cuaca dapat berubah setiap hari. Jika hari ini hujan, esok cuaca dapat menjadi cerah. Jika hari ini cerah, esok dapat saja berubah menjadi hujan.
Saat cuaca cerah, matahari bersinar terang sehingga udara menjadi panas. Cuaca berawan terjadi ketika awan berkumpul menutupi sinar matahari.
Cuaca mendung pertanda akan segera turun hujan. Langit berwarna kelabu. Sebelum hujan terkadang udara terasa agak panas. Jika hujan turun, udara terasa dingin. Titik-titik air mulai turun menjadi hujan rintik-rintik atau gerimis.
Sudahkah kamu membaca teks tentang cuaca? Informasi apa sajakah yang kamu peroleh dalam teks bacaan tersebut?
Yuk anak-anak dapat menuliskan 1 saja informasi yang didapat pada teks bacaan di atas dan kemudian jawab di kolom komentar sebagai absen kehadiran ya nak👍
Ayo Mengamati
Hari ini adalah hari Minggu. Saat sore hari, cuaca berawan dan udara terasa sejuk. Dayu mengajak teman-temannya ke balai desa. Dayu mengajak mereka untuk beraktivitas di luar rumah.
Dayu, Siti, dan Lani akan belajar menari. Sementara, Beni, Udin, dan Edo mau bermain bola di lapangan. Sebelum beraktivitas, Dayu mengajak mereka untuk menikmati buah melon yang di bawanya.
Beni mengambil satu buah melon. Melon itu sudah dipotong-potong oleh Dayu di rumah. Beni lalu menghitung potongan melon tersebut.
Melon yang pertama telah dipotong menjadi 8 bagian sama besar. Dalam bentuk nilai pecahan,bagian itu dilambangkan dengan 1/8
.
Setelah itu, Edo mengambil buah melon yang kedua. Melon itu juga sudah dipotong-potong. Edo menghitung potongan melon tersebut.
Melon yang kedua dipotong menjadi 6 bagian yang sama besar. Dalam bentuk pecahan, bagian itu
dilambangkan dengan 1/6.
Lani mengambil 1 potong buah dari melon yang pertama. Sedangkan Beni mengambil 1 potong buah dari melon yang kedua. Apakah potongan buah dari kedua melon itu sama besar? Mengapa?
Perbandingan ukuran potongan melon Lani dan Beni 1/6 > 1/8
Dayu dan teman-teman lalu menyantap buah melon hingga habis. Mereka saling membandingkan banyaknya potongan buah melon yang telah dimakan.
Simbol:
> : lebih dari
< : kurang dari
= : sama dengan
Coba amati lagu berikut ini :
dan kalian dapat membuka buku tema 5 halaman 59 gerakan kepala dengan cepat dan lambat sesuai lagu diatas.
tahukah kamu mengapa sikap saling membantu itu penting? apakah manfaat dari sikap tersebut?
berikut manfaatnya :
Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas berikut ini:
Latihan Soal
1. Apa manfaat dari sikap saling membantu dalam kehidupan sehari - hari?
2. Berilah tanda yang sesuai dengan hasil pecahan dengan:
> : lebih dari
< : kurang dari
= : sama dengan
3. Setelah membaca teks diatas yaitu cuaca dan perubahannya, coba tuliskan informasi tentang cuaca yang kamu peroleh! minimal 2 informasi!
4. Siapa pencipta lagu Burung Kutilang?
0 komentar:
Posting Komentar