SD Al AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG GURU KELAS 2C Yuyun Widyaningsih,S.PdSemangat pagi sholih sholiha bu yuyun dan bu fitka kelas 2 C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum melaksanakan kegiatan hari ini, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
PENGUKURAN
Peserta didik dapat membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu. Mereka dapat mengukur dan mengestimasi panjang benda menggunakan satuan tidak baku.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik dapat membandingkan durasi waktu
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Peserta didik dapat membandingkan durasi waktu
Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab
Media / Alat peraga
Gambar
Sumber Belajar
Buku Matematika kelas 2 SD
MATEMATIKA
Membaca dan Menentukan Tanda Waktu yang Ditunjukkan Jarum Jam
Alat ukur baku untuk mengukur waktu adalah jam. Pada jam analog, terdapat tiga jarum jam. Jarum pendek menunjukkan jam. Jarum panjang menunjukkan menit. Jarum lainnya menunjukkan detik. Perhatikan cara membaca jam berikut! Perhatikan jarum
Satu hari ada 24 jam. Bilangan pada jam analog hanya sampai 12. Satu jam setelah pukul dua belas dapat ditulis pukul 01.00siangataupukul 13.00, demikin seterusnya. Penulisan pukul 13.00 hingga pukul 24.00 menggunakan tanda waktu 24 jam.
Perhatikan contoh berikut!
LATIHAN SOAL
Ceritakan empat kegiatan kalian hari ini.
kegiatan pada pagi, siang, sore, dan malam hari
gambarkan jarum jam yang sesuai dengan cerita kalian.
Video Pembelajaran :
1. Melipat kertas harus...
a. Lurus
b. Berkelok
c. Lengkung
d. Berliku
2. Karya seni dua dimensi adalah…
a. Karya seni yang memiliki 2 sisi
b. Karya seni yang memiliki 3 sisi
c. Karya seni yang memiliki 4 sisi
d. Karya seni yang memiliki 5 sisi
3. Karya seni dua dimensi hanya bisa diamati dari…
a. Samping dan belakang
b. Depan dan samping
c. Depan saja
d. Samping atas dan bawah
4. Yang bukan termasuk karya seni dua dimensi adalah…
a. Sketsa
b. Kerajinan tanah liat
c. Kolase
d. Montase
5. Yang termasuk karya seni dua dimensi adalah…
a. Karya pahat
b. Patung
c. Kerajinan tanah liat
d. Foto
1. Karya seni tiga dimensi adalah…
Kunci jawaban: Karya seni yang memiliki tiga sisi atau karya seni yang dapat diamati dari berbagai arah.
2. Kerajinan melipat kertas biasa disebut…
Kunci jawaban: Origami
3. Karya seni tiga dimensi dapat dibuat dari bahan… dan bahan…
Kunci jawaban: Keras dan lunak
4. Sebutkan tiga warna primer!
Kunci jawaban: Merah, kuning dan biru
5. Sebutkan tiga warna sekunder!
Kunci jawaban: Hijau, orange dan ungu
6. Bila warna primer dan sekunder dicampur, akan menjadi warna…
Kunci jawaban: Tersier
7. Batik termasuk karya seni … dimensi.
Kunci jawaban: Dua
8. Patung Pancoran termasuk karya seni … dimensi.
Kunci jawaban: Tiga
9. Lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci termasuk karya seni … dimensi.
Kunci jawaban: Dua
10. Gerabah termasuk karya seni … dimensi.
Kunci jawaban: Tiga
11. Sebutkan 3 macam jenis garis!
Kunci jawaban: Garis lengkung, garis lurus, garis patah-patah dan garis zig-zag.
12. Warna merah bila dicampur warna kuning akan menjadi warna…
Kunci jawaban: Orange
13. Warna Biru bila dicampur warna kuning akan menjadi warna…
Kunci jawaban: Hijau
14. Warna biru bila dicampur warna merah akan menjadi warna…
Kunci jawaban: Ungu
15. Sebutkan tiga hewan apa saja yang dapat dibentuk dengan kertas lipat!
Kunci jawaban: Burung, ikan, kupu-kupu, katak, dan kepiting.
Materi Ajar Bahasa Indonesia: Kalimat SPO
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memahami struktur kalimat dengan pola SPO (Subjek, Predikat, Objek).
- Siswa dapat membuat dan mengidentifikasi kalimat sederhana sesuai pola SPO.
- Siswa mampu menggunakan kalimat SPO dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pembelajaran
1. Apa itu Kalimat SPO?
Kalimat SPO adalah kalimat yang memiliki:
- S: Subjek → Siapa atau apa yang melakukan sesuatu?
Contoh: Ibu, Adi, Kucing. - P: Predikat → Apa yang dilakukan atau terjadi?
Contoh: memasak, bermain, lari. - O: Objek → Siapa atau apa yang terkena tindakan?
Contoh: nasi, bola, buku.
2. Contoh Kalimat SPO
Ibu memasak nasi.
- Subjek: Ibu
- Predikat: memasak
- Objek: nasi
Adi bermain bola.
- Subjek: Adi
- Predikat: bermain
- Objek: bola
3. Pola Kalimat SPO dalam Kehidupan Sehari-Hari
- Ayah membaca koran.
- Kakak makan roti.
- Siti memetik bunga.
Kegiatan Pembelajaran
A. Aktivitas 1: Mengenali Pola SPO
Guru menampilkan beberapa kalimat di papan tulis, misalnya:
- Rina menulis surat.
- Kucing mengejar tikus.
- Ibu menyiram tanaman.
Siswa diminta untuk:
- Menentukan mana Subjek, Predikat, dan Objek dalam kalimat.
B. Aktivitas 2: Melengkapi Kalimat SPO
Guru memberikan kalimat yang belum lengkap, contohnya:
- ___ membaca buku.
- Kucing ___ tikus.
- Ibu memasak ___.
Bunga mawar, bunga melati,Harum semerbak di pagi hari.Belajar giat, gapai mimpi,Agar sukses di masa nanti!
Baiklah demikian materi penjelasan hari ini semoga bermanfaat dan diterapkan ilmunya. Bu guru ucapkan terimakasih dan jangan lupa sholat 5 waktu serta gunakan terus 4 kata ajaib, tolong, maaf, permisi dan terimakasih. Semangat selalu dalam belajar Bu Guru akhiri wasalamualaikum.wr.wb.
REFLEKSI /RINGKASAN MATERI
Berdasarkan pembelajaran hari ini di kelas 2 c untuk pembelajarn matematika Peserta didik dapat membandingkan durasi waktu dan dapat menyebutkan satuan panjang,sedangkan pembelajaran seni rupa dapat mengidentifikasi unsur-unsur seni rupa pada karya 2 dimensi. dan bahasa indonesia dapat memahami struktur kalimat dengan pola SPO (Subjek, Predikat, Objek).
0 komentar:
Posting Komentar