Pada pembelajaran sebelumnya di pelajaran B.Indonesia kita telah menemukan rima yang sama dalam pantun, untuk pertemuan ini kita akan mempelajari tentang cara menghemat air dan tentang memilah sampah organik dan anorganik
PAK (PENDIDIKAN ANTI KORUPSI)TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui menyimak teks cerita peserta didik dapat mengetahui sikap sederhana dan contohnya dengan tepat.
Metode Pembelajaran :
Metode Tanya jawab
Media / Alat peraga
Buku Cetak Pendidikan Anti Korupsi Kelas 2 SD, video pembelajaran dan internet
Sederhana
Menurut KBBI, sederhana memiliki pengertian bersahaja; tidak berlebih-lebihan atau dapat dinyatakan sedang, dalam arti pertengahan, tidak tinggi, tidak rendah, dan sebagainya. Berbeda dengan kemiskinan, kesederhanaan adalah sebuah pilihan, keputusan untuk menjalani hidup yang berfokus pada apa yang benar-benar berarti. Seorang yang sederhana membebaskan dirinya dari segala ikatan yang tidak diperlukan.Sederhana juga berarti hidup secara wajar. Artinya, seseorang mampu menggunakan hartanya sesuai kebutuhan yang ada, tidak menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak penting. Korupsi salah satunya dipicu oleh hidup mewah yang berlebihan dan tidak sesuai dengan besaran gajinya. Kesederhanaan akan membuat seseorang menjauhi korupsi.
Berikut ini contoh perilaku hidup sederhana di rumah diantaranya sebagai berikut :
Menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.
Makan seadanya tidak berlebihan.
Tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan.
Membeli barang dengan harga yang tidak terlalu mahal.
Merawat barang-barang yang dimiliki agar awet dan tidak membeli lagi.
Membeli barang yang dibutuhkan.
Tidak memamerkan sesuatu yang kita miliki kepada orang lain.
Memakai barang-barang yang masih layak pakai.
Berhati-hati dalam mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting.
Tidak meminta kepada orang tua untuk membelikan sesuatu yang tidak dibutuhkan.
Contoh perilaku hidup sederhana di sekolah :
Tidak menuruti gaya hidup.
Tidak jajan secara berlebihan.
Tidak selalu berkeinginan untuk memiliki barang yang dipunya oleh teman.
Membawa bekal makanan dari rumah.
Tidak meminta uang saku secara berlebihan kepada orang tua.
Membawa peralatan sekolah sewajarnya.
Tidak berpenampilan terlalu mencolok.
Memakai seragam sekolah yang masih layak dipakai dari pada harus membeli yang baru.
Tidak mengikuti gaya hidup teman yang berlebihan.
Menabung sisa uang saku yang diberikan kepada orang tua.
Menyimak
Membaca dan memirsa
Berbicara dan Mempresentasikan
Metode Gambar, Diskusi
Media / Alat peraga
Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
7.1. Melalui membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.
Menulis
7.2. Melalui membaca berulang, peserta didik dapat menjelaskan topik bacaan.
Menyimak
7.3. Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi kunci pada teks yang dibacakan dengan tepat.
Menulis
7.4. Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalam gambar.
7.5. Melalui menulis, peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari gambar (jenis sampah) pada pengatur grafis sederhana.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi kunci pada teks yang dibacakan dengan tepat;
Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya;
Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara sopan menggunakan kalimat imbauan dan ajakan
- Peserta didik akan belajar tentang cara menghemat air;
- Peserta didik akan belajar tentang memilah sampah organik dan anorganik;
0 komentar:
Posting Komentar