Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
·
Setelah mengamati, siswa dapat
menjelaskan prosedur kombinasi gerakan
merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar.
·
Setelah mengamati gambar, siswa
dapat menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah
·
Setelah mengamati gambar, siswa
dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam
menjalankan satu kegiatan di sekolah
Materi
Pembelajaran:
·
Bermain adu kecepatan berjalan
merangkak dan berlari.
·
Menuliskan sikap baik dalam menerima
perbedaan.
Ayo Mencoba
Ikuti
langkah-langkah kegiatan seperti berikut!
1. Buatlah garis lintasan dan beri tulisan
garis start dan finish terlebih dahulu.
2.
Berbarislah di depan garis start. Bersiaplah berjalan merangkak mulai garis
start.
3.
Setelah diberi aba-aba oleh gurumu, merangkaklah dari garis start sampai garis
finish. Setelah sampai garis finish, kembalilah ke garis start dengan cara
berlari.
4. Siswa yang paling cepat sampai di garis
start adalah pemenangnya.
Selain
tinggi dan berat badan, setiap orang juga memiliki kekuatan yang berbeda.
Kekuatan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya perbedaan pertumbuhan
tulang dan otot. Semua perbedaan merupakan anugerah Tuhan, kita wajib
mensyukurinya.
Ayo
Mengamati
Menghargai
Perbedaan
Perubahan
tinggi dan berat badan manusia berbeda-beda. Kekuatan manusia juga berbedabeda.
Perubahan tinggi dan berat badan serta kekuatan adalah contoh pertumbuhan dan
perkembangan manusia.
Pertumbuhan
dan perkembangan dipengaruhi oleh makanan, kebiasaan olahraga, dan faktor yang
diturunkan oleh orang tua. Tuhan menciptakan berbagai macam makhluk hidup
berbeda-beda. Perbedaan ini adalah karunia Tuhan. Kita harus saling menghargai
dan menghormati perbedaan. Tuliskan sikap yang akan kamu lakukan jika melihat
beberapa hal seperti berikut!
Kamu
melihat teman yang kesulitan mengambil benda di atas tempat yang tinggi.
Sikap
yang akan kamu lakukan adalah...
Latihan Soal
1. Sikap Saling Menghormati Antar Sesama Termasuk Pengamalan Pancasila Sila
Ke .
. .
2. Sebutkan
contoh dari sikap kedua pancasila. . .
3. Sebutkan
bunyi dari sila kedua pancasila . . .
4. Apa
simbol dari pancasila ke dua . . .
5. Lambang sila kedua menunjukkan bahwa bangsa indonesia sangat menjujung
tinggi nilai-nilai . . .
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
·
Dengan melakukan kegiatan
menari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu
tari dengan benar.
·
Setelah mengamati contoh, siswa
dapat memeragakan gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari dengan percaya
diri.
·
Setelah membaca, siswa dapat
mengidentifikasi makanan yang baik untuk proses pertumbuhan dan perkembangan
dengan tepat.
·
Setelah membaca, siswa dapat
menjelaskan pengaruh makanan pada proses pertumbuhan dan perkembangan dengan
tepat.
·
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menentukan hasil penjumlahan teknik menyimpan dengan benar.
·
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menyelesaikan masalah sehari-hari terkait penjumlahan teknik menyimpan dengan
benar.
Materi
Pembelajaran
·
Menari dengan gerakan
kuat dan lemah pada tangan.
·
Mengidentifikasi makanan yang
baik untuk dikonsumsi.
·
Menuliskan syarat makanan yang
baik untuk dikonsumsi.
·
Menyelesaikan soal penjumlahan dengan
teknik menyimpan.
Ayo
Menari
Masih
ingatkan kamu dengan gerakan kuat dan lemah tangan pada gerakan tari yang sudah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya? Cobalah mempraktikkan gerakan tersebut
sambil bernyanyi lagu Tepuk Tangan.
Ayo
Mengamati
Manusia
merupakan salah satu makhluk hidup. Manusia memiliki ciri-ciri yang sama dengan
makhluk hidup lainnya. Salah satu ciri manusia sebagai makhluk hidup adalah
mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan manusia terjadi sejak di
dalam kandungan. Setelah lahir, pertumbuhan manusia bertambah besar dari bayi
hingga dewasa. Setelah dewasa pertumbuhan manusia berhenti. Namun, perkembangan
emosi dan pikiran manusia terus berkembang. Pertumbuhan dan perkembangan
dipengaruhi beberapa faktor.
Adapun faktor -
faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang manusia adalah :
1. Makanan
2. Olahraga
3. Rekrasi
4. Istirahat cukup atau tidur
5. Keturunan
Makanan
sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia. Makanan yang
penting untuk pertumbuhan dan perkembangan adalah makanan yang sehat dan
bergizi. Makanan sehat dan bergizi harus memenuhi syarat empat sehat lima
sempurna. Makanan empat sehat lima sempurna terdiri dari:
1.
Makanan pokok, misalnya nasi, kentang, jagung, roti, ubi, mie, dan sagu
2.
Lauk-pauk misalnya daging, ikan, tahu, tempe, telur, dan cumi
3.
Sayur-sayuran, misalnya kangkung, bayam, wortel, dan buncis
4.
Buah-buahan misalnya jeruk, apel, anggung, pisang, dan jambu
5.
Susu
Makanan-makanan
tersebut mengandung gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral,
dan air. Karbohidrat terdapat pada makanan pokok. Protein terdiri dari dua
jenis, ada protein hewani dan nabati. Protein hewani terdiri dari lauk-pauk
yang berasal dari hewan seperti ikan, daging, susu, keju dan telur. Protein
nabati adalah protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti tempe dan tahu.
Vitamin
banyak terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Mineral banyak terdapat
pada ikan, sayuran, dan susu.
Arsa Hadziq Haqiqi kelas 3 A hadir bu .
BalasHapusRania hadir
BalasHapusDamara Qiano Bulfiah hadir Bu guru
BalasHapusRifat Fadhil Al-Azzam hadir bu
BalasHapusAssalamualaikum... Alfathi Jagaraga w.3A hadir Bu.
BalasHapusMaiza thirfa 3a hadir
BalasHapusAsfa arziki wiangga kelas 3A hadir
BalasHapusFatimah Zahira alviansa hadir bu guru...
BalasHapus
BalasHapusRakha Naufal Kumara Arsa hadir bu ☝️