SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
MUATAN : MATEMATIKA
Guru Kelas : Yuyun Widyaningsih, S.Pd.
KD. 3.10 & 4.10
1. Peserta didik dapat mengetahui hubungan dan sifat-sifat antargaris.
2. Peserta didik dapat menyelesaikan dan menyajikan permasalahan yang melibatkan hubungan antar garis
Good Morning class IV C? How are you today? I always hope that you are all good and happyπ
Before we start our lesson today, don't forget to have breakfast, pray dhuha , listen to tausiyah , and murojaah ... and don't forget your 5 time prayerπ Keep your spirit up to study the material this morning yaa πͺπNow, let's start our lesson by saying BASMALLAH π...
A. Hubungan Antar Garis
1. Garis
Ruas garis AB atau AB
Sinar garis adalah ruas garis yang salah satu ujungnya dapat diperpanjang tanpa batas.
Garis lurus adalah ruas garis yang kedua ujungnya dapat diperpanjang tanpa batas.
2. Hubungan Antargaris
Dua garis yang berjarak sama dalam satu bidang datar dan tidak pernah berpotongan meskipun garis tersebut diperpanjang sampai tak hingga dikatakan dua garis saling sejajar.
Notasi untuk dua garis saling sejajar adalah “//”.
Dua garis dalam satu bidang datar dan berpotongan disalah satu titik dikatakan dua garis saling berpotongan. Sedangkan dua garis yang m memotong n dititik O saling berpotongan dan membentuk sudut 90° dikatakan dua garis saling berpotongan tegak lurus.
Garis Berpotongan
m memotong n dititik O
Dua garis yang terletak pada satu garis lurus sehingga hanya terlihat sebagai satu garis dikatakan dua garis saling berimpit.
Mari kita pelajari dalam bentuk soal berikut ini.
Meli melewati jalan sepanjang 50 m. Setiap 125 cm Meli menjumpai tanaman anggrek di sebelah kanan dan kiri jalan. Ada berapa anggrek yang dapat dijumpai Meli sepanjang jalan?
Penyelesaiannya:
Jalan dapat digambarkan sebagai garis yang sejajar.
Jalan yang dilewati Meli adalah 50 m
50 m = 5.000 cm.
bunga anggrek di sisi kanan setiap 125 cm.
maka 5.000 : 125 = 40.
bunga anggrek di sisi kiri setiap 125 cm.
maka 5.000 : 125 = 40.
Jawaban kesimpulannya adalah
Di sisi kanan dan kiri jalan, bunga anggrek yang dijumpai Meli ada sebanyak
40 + 40 = 80 bunga anggrek.
Jika kalian belum memahami materi diatas, mari kita simak dalam bentuk video berikut.
Setelah ananda sholih sholiha telah memahami materi diatas, mari kita kerjakan Tugas pada link dibawah ini.
πππ
Baiklah, sampai disini penjelasan materi hari ini, tetap semangat dalam pembelajaran daring nyaπͺ
SEE YOU ..... BYE....π
selamat mengerjakan !!!ππͺ
Pengumpulan tugas:
1. Absen pagi pada kolom komentar Blogger Ibu guru yuyun
2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di grup kelas 4c
3. Mengirimkan dokumentasi hasil Tugas ke WhatsApp Ibu guru yuyun
4. Pengiriman tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (jika lewat jam yang ditentukan japri bu yuyun )
Assalamualaikum Bu
BalasHapusAlyssa syafira putri
Hadir Bu yuyun π€
Terimakasih π
Assalamuallaikum Bu Yuyun
BalasHapusDhirgham Tamam Fadila
Hadir Bu
Terima kasih π
Assalamualaikum Bu
BalasHapusRaihan Athaya Naufal Hade
Hadir Bu
Assalamualaikumu
BalasHapusMuhammad Irzam Adriano Kholis
Hadir Bu π
Carrisa Bilqis Arzeta
BalasHapusHadir
Maiza thirfa
BalasHapusHadir bu
Alraisya Mozar
BalasHapusHadir
Alfathi Jagaraga Wicaksono
BalasHapusHadir bu
Syaqila Nandita Putri
BalasHapusHadir bu...
Assamualaikum Bu guruπ
BalasHapusMuhammad Hafiz Eka Laksana
Hadir bu
Soni sanjaya 4c hadir bu .π
BalasHapusAssalamualaikum ...fadhil arsifa hadir bu guru
BalasHapusAssalamualaikum Ahmad Abrar Maheswara Idris hadir
BalasHapusM Rayhan ramadhan
BalasHapusAlysha safa najwa.
BalasHapusHadir bu