SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
MATEMATIKA IV C
GURU KELAS : YUYUN WIDYANINGSIH ,S.Pd
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik dapat mengumpulkan suatu data yang disajikan
2. Peserta didik dapat menyajikan data melalui daftar, tabel hingga diagram batang.
3. Peserta didik dapat membaca dan menafsirkan suatu data yang disajikan.
Good Morning class IV C ? How are you today? I always hope that you are all good and happy๐
Before we start our lesson today, don't forget to have breakfast, pray dhuha , listen to tausiyah , and murojaah ... and don't forget your 5 time prayer๐ Keep your spirit up to study the material this morning yaa ๐ช๐Now, let's start our lesson by saying BASMALLAH ๐...
A. Membaca dan Menafsirkan Data
Contoh Soal.
Di suatu kelas, terdapat 33 siswa yang mengikuti ujian matematika. Dari data yang diperoleh, nilai dari 33 siswa tersebut sebagai berikut:
70, 60, 75, 90, 65, 70, 90, 85, 85, 55, 65, 85, 80, 95, 100, 55, 50, 75, 85, 80, 60, 80, 70, 65, 75, 80, 90, 95, 85, 75, 70, 85, 100.
Mari kita sajikan nilai hasil ujian dari data di atas ke dalam bentuk tabel.
Sebelum kita buat kedalam bentuk tabel, apakah ananda sholih sholiha tahu apa itu tabel?
Tabel adalah daftar yang berisi sejumlah data/informasi yang biasanya berupa kata-kata maupun bilangan yang tersusun dengan garis pembatas.
Nah, mari kita buat tabel dari contoh soal di atas.
Daftar Tabel
Setelah membuat tabel nilai hasil ujian matematika, kemudian kita akan membaca dan menafsirkan data tersebut.
Membaca data dalam bentuk tabel adalah menyebutkan informasi yang hanya tertulis pada tabel
tersebut. Menafsir data dalam bentuk tabel adalah menemukan informasi lain mengenai data tersebut yang tidak tertulis pada tabel. Nah, mari kita belajar membaca data dan menafsirkan data berdasarkan contoh diatas.
tersebut. Menafsir data dalam bentuk tabel adalah menemukan informasi lain mengenai data tersebut yang tidak tertulis pada tabel. Nah, mari kita belajar membaca data dan menafsirkan data berdasarkan contoh diatas.
Membaca data
• Siswa yang mendapat nilai 50 ada 1 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 55 ada 2 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 60 ada 2 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 65 ada 3 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 70 ada 4 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 75 ada 4 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 80 ada 4 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 85 ada 6 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 90 ada 3 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 95 ada 2 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 100 ada 2 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 50 ada 1 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 55 ada 2 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 60 ada 2 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 65 ada 3 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 70 ada 4 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 75 ada 4 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 80 ada 4 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 85 ada 6 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 90 ada 3 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 95 ada 2 siswa
• Siswa yang mendapat nilai 100 ada 2 siswa
Menafsirkan data
• Nilai 85 merupakan nilai yang paling banyak diperoleh siswa.
• Nilai 50 merupakan nilai yang paling sedikit diperoleh siswa.
• Nilai 85 merupakan nilai yang paling banyak diperoleh siswa.
• Nilai 50 merupakan nilai yang paling sedikit diperoleh siswa.
B. Penyajian Data dalam Diagram Batang
Terakhir, kita akan mempelajari bagaimana cara membuat diagram batang dari contoh soal diatas. mari perhatikan diagram batang berikut ini.
Kesimpulannya adalah Tabel merupakan daftar yang berisi sejumlah data/informasi yang biasanya berupa kata-kata maupun bilangan yang tersusun dengan garis pembatas. Tabel ini memudahkan kita dalam mendata, merapihkan dan membuat/mengaplikasikan diagram batang dari suatu data.
Jika ananda sholih sholiha belum paham, mari simak video pembelajaran di bawah ini.
Dont forget like and subscribe
TUGAS:
Diketahui nilai harian matematika Maimunah sebagai berikut:
60, 80, 75, 100, 100, 60, 70, 100, 90, 80,
75, 80, 100, 100, 100, 75, 60, 90, 80, 100,
90, 60, 100, 75, 80, 80, 100, 90, 100, 100.
Buatlah tabel, membaca dan menafsirkan data, serta sajikan dalam diagram batang.
SEE YOU ..... BYE....๐
selamat mengerjakan !!!๐๐ช
Pengumpulan tugas:
1. Absen pagi pada kolom komentar Blogger Ibu YUYUN Indah
2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di grup kelas 4 C
3. Mengirimkan dokumentasi hasil Tugas ke WhatsApp Ibu guru YUYUN
4. Pengiriman tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (jika lewat jam yang
ditentukan dapat japri Ibu YUYUN)
Assalamuallaikum Bu
BalasHapusAlyssa syafira putri
Hadir Bu yuyun๐ค
Terimakasih ๐
Assalamuallaikum bu Yuyun
BalasHapusDhirgham Tamam Fadila
Hadir Bu
Terima Kasih ๐
Alysha safa najwa
BalasHapusHadir bu
Assalamaualaikum Bu
BalasHapusRaihan Athaya Naufal Hade
Hadir Bu
Assalamualaikum Bu
BalasHapusDafa Zaidan Pratama
Hadir Bu Yuyun ๐
Msiza thirfa
BalasHapusHadir bu yuyun
Muhammad Irzam Adriano Kholis hadir Bu ๐
BalasHapusAssalamualaikum Zahwa Rafelia Rapon hadir bu
BalasHapusFadhil arsifa hadir bu guru
BalasHapusCarrisa Bilqis Arzeta
BalasHapusHadir
Assalamualiakum bu..Syaqila hadir
BalasHapusAssalamualaikum.... Alfathi Jagaraga Wicaksono hadir bu.
BalasHapusRakha Naufal Kumara Arsa hadir bu
BalasHapusAlraisya Mozar
BalasHapusHadir
assalamualaikum bu guru
BalasHapusnama:muhammad hafiz eka laksana
kelas:4c
assalamualaikum bu guru
BalasHapusnama: Ahmad Abrar Maheswara Idris
kelas:4c
Hadir Bu ๐
Assalamualaikum.....soni sanjaya hadir bu...
BalasHapus