Materi Ajar dan Materi
Pembelajaran
Tema 6 Lingkungan
Bersih,Sehat dan Asri
Sub tema 4 Berkerja
Sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan
Pembelajaran 1
Hari/Tanggal:
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui penjelasan dan
contoh guru , siswa mampu mengidentifikasi ungkapan perintah dengan tepat.
2. Melalui pembuatan cerita
gambar berseri, siswa mampu menyusun kalimat ungkapan perintah dalam sebuah
cerita bergambar dengan benar.
3. Melalui permainan siswa
mampu mengidentifikasi simbol sila ketiga.
4. Melalui penugasan siswa
mampu menggambar simbol sila ketiga dengan tepat.
5. Melalui pengamatan
pengukuran di lingkungan sekitar, siswa mampu mengidentifikasi masalah
sehari-hari terkait dengan pengukuran berat benda dengan alat ukur tidak baku
menggunakan benda-benda konkret.
6. Melalui praktik mengukur
berat siswa mampu membandingkan hasil pengukuran berat benda dengan alat ukur
tidak baku menggunakan benda-benda konkret.
Materi Pembelajaran
•
Membaca teks
•
Menjawab pertanyaan
•
Menunjukkan aturan dan bukan aturan
•
Menuliskan kegiatan sesuai aturan
•
Memanfaatkan barang bekas
•
Berkarya dengan barang bekas
•
Membaca teks
•
Menjawab pertanyaan
•
Menunjukkan aturan dan bukan aturan
•
Menuliskan kegiatan sesuai aturan
•
Memanfaatkan barang bekas
•
Berkarya dengan barang bekas
Orang-orang tinggal di tempat berbeda.
Ada yang tinggal di kota.
Ada juga yang tinggal di desa. Semua
orang menginginkan lingkungan bersih.
Lingkungan bersih membuat tubuh sehat.
Lingkungan kotor membawa penyakit.
Bekerja samalah menjaga lingkungan tetap
bersih. Tuhan mencintai orang yang menjaga lingkungan
Lani bercerita tentang
bekerja sama
Lani bercerita tentang
bekerja sama menjaga lingkungan.
Bacalah dengan nyaring.
Bekerja Sama Menjaga
Lingkungan
Siti adalah tetanggaku.
Siti menanam banyak pohon di
rumahnya.
Siti menyapu lingkungan
rumahnya setiap hari.
Siti selalu membersihkan
saluran air di depan rumahnya.
Di halaman rumah tidak ada
air tergenang.
Sampah tersimpan di
tempatnya dengan rapi..
Keluarga Siti tetangga yang baik. Kami
membersihkan saluran air bersama.
Kami menyiram tanaman bersama. Kami
bekerja sama menjaga lingkungan.
Aku bersyukur bertetangga dengan Siti.
Amati teks Bekerja Sama Menjaga
Lingkungan.
Jawablah pertanyaan berikut.
1. Tuliskan satu kalimat tentang rumah
Siti.
Gunakan kata-katamu sendiri.
....................................................................................
2. Siti menanam banyak pohon di
rumahnya.
Mengapa Siti menanam banyak pohon?
....................................................................................
3. Beri tahu temanmu tentang rumahmu.
Gunakan
kata-katamu sendiri.
....................................................................................
4. Lingkungan rumahmu kotor.
Bagaimana perasaanmu?
....................................................................................
Siti selalu menjalankan aturan di
lingkungan rumah.
Amati gambar aturan menjaga lingkungan
berikut ini.
Beri tanda √ jika
menunjukkan aturan.
Beri tanda × jika
tidak menunjukkan aturan.
Ayo Berkreasi
Dayu menghias pensil dengan bulu ayam.
Dayu bekerja sama dengan teman-temannya.
Amati langkah-langkah berikut.
1. Siapkan bulu ayam, pensil, lem, kain
planel/pita, dan gunting.
2. Berikan lem di sekeliling pensil
bagian atas.
3. Tempelkan bulu ayam pada bagian yang
sudah diberi lem.
4. Tempelkan planel atau pita agar rapi.
5. Dengan demikian pensil sudah dihias
Pembelajaran 2
Hari/Tanggal:
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati gambar,
siswa dapat menjelaskan gerak tolakan, melayang dan mendarat yang dapat
dilakukan dalam aktivitas senam lantai dengan tepat.
2. Dengan mengamati gambar,
siswa dapat mempraktikkan gerak tolakan, melayang, dan mendarat dalam aktivitas
senam lantai dengan benar. 3. Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan
ungkapan pemberitahuan dengan tepat.
4. Setelah memahami ungkapan
pemberitahuan, siswa dapat membuat kalimat ungkapan pemberitahuan dengan tepat.
5. Dengan menyimpulkan apa
yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur dan memiliki
pemahaman akan keberadaannya sebagai makhluk Tuhan yang saling membutuhkan satu
sama lain dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun,
dan bertanggung jawab.
Materi Pembelajaran
•
Mengamati gerakan ayam
•
Menirukan gerakan ayam
•
Membaca teks percakapan
•
Mengamati teks percakapan
•
Menentukan kalimat pemberitahuan atau bukan kalimat pemberitahuan
• Membuat kalimat pemberitahuan
Udara terasa sejuk.
Beni berkunjung ke rumah Edo.
Edo memiliki banyak ayam.
Lingkungan sekitar rumah Edo bersih.
Keluarga Edo selalu menjaga kebersihan.
Mereka memiliki kandang ayam yang besar.
Ayam-ayam itu tidak mengganggu tetangga
Edo.
Beni dan Edo mengamati gerakan ayam.
Ada yang berjalan, berlari, dan
meloncat.
Saat meloncat, ayam bertolak, melayang,
dan mendarat.
Tuliskan gerakan
ayam di bawah gambar.
………………… ………………….
………………… …………………. …………………..
Beni pulang ke rumah.
Ayah mengajaknya
bercakap-cakap.
Bacalah percakapan berikut.
Ayah : Dari mana, Beni?
Beni : Dari rumah Edo, ayah.
Edo memelihara banyak ayam
di rumahnya.
Ayah : Kita boleh memelihara
hewan. Hewan peliharaan tidak boleh mengganggu
tetangga. Kita harus menjaga
lingkungan bersama-sama.
Beni : Edo memiliki kandang
besar. Kandang dibersihkan setiap hari.
Ayah : Hewan adalah makhluk
Tuhan. Kita wajib merawatnya. Cucilah tanganmu. Di meja ada
pisang rebus.
Beni : Terima kasih, ayah.
Ayah : Jangan lupa cuci
tanganmu sesudah makan.
Beni : Baik ayah.
Amati percakapan Beni dan ayahnya.
Manakah ungkapan yang memberitahukan
sesuatu?
Beri tanda √ jika ungkapan pemberitahuan.
Beri tanda × jika
bukan ungkapan pemberitahuan.
Buatlah lima kalimat tentang Edo.
Gunakan kata-katamu sendiri.
1.
_____________________________________________
2.
_____________________________________________
3.
_____________________________________________
4.
_____________________________________________
5 _____________________________________________
Hari/Tanggal:
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks,
siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberitahuan dengan tepat.
2. Dengan mengamati teks,
siswa dapat menuliskan kalimat ungkapan pemberitahuan dengan tepat.
3. Dengan menggunakan benda
konkiret, siswa dapat membilang secara urut bilangan 40 sampai 99 dengan tepat.
4. Setelah mengumpulkan
benda-benda yang ada di lingkungan sekitar, siswa dapat mengelompokkan benda
sesuai dengan bilangan yang diberikan ( 41-99) dengan tepat.
5. Melalui diskusi, siswa
dapat menuliskan kegiatan terkait aturan yang berlaku di lingkungan rumah
dengan tepat.
6. Setelah berdiskusi, siswa
dapat mempresentasikan kegiatan berkaitan dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah dengan tepat.
7. Dengan menyimpulkan apa
yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat memiliki pemahaman akan
keberadaannya sebagai makhluk Tuhan yang saling bekerja sama dalam kebaikan dan
perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli dan bertanggung jawab.
Materi Pembelajaran
•
Membaca teks percakapan
•
Menemukan kalimat pemberitahuan pada teks
•
Menuliskan kalimat pemberitahuan • Membilang secara urut
•
Berlatih membilang
•
Mengelompokkan benda sambil membilang
• Berdiskusi
tentang aturan
Sore hari turun hujan disertai angin.
Pohon berputar-putar ditiup angin.
Pohon di dekat rumah Udin patah.
Daun-daun berserakan.
Orang-orang bekerja bakti. Mereka
membersihkan lingkungan.
Udin mengajak Edo bekerja bakti.
Bacalah percakapan Udin dan Edo berikut
ini.
Udin : Apa yang sedang kamu lakukan,
Edo?
Edo : Aku baru saja menangkap ayam.
Hujan sangat deras. Ayamku lepas dari kandang. Bulu ayam berserakan di
mana-mana. Sekarang semua sudah bersih.
Udin : Betul, Edo. Rumah kita harus
bersih. Edo,
pohon di dekat rumahku patah. Orangorang
sedang bekerja bakti. Aku ingin mengajakmu bekerja bakti.
Edo : Wah, kebetulan. Tugasku sudah
selesai. Rumahku sudah bersih. Aku pamit ibuku dahulu.
Amati kembali percakapan Udin dan Edo.
Manakah yang termasuk kalimat
pemberitahuan?
Sebutkan.
Tuliskan di tempat tersedia.
1.
____________________________________________
2.
____________________________________________
3.
____________________________________________
4. ____________________________________________
5. ____________________________________________
Udin dan teman-temannya ikut
bekerja bakti.
Mereka menyapu daun yang
gugur.
Ada juga bunga dan kerikil.
Mereka mengumpulkannya.
Lalu mereka menghitungnya.
Amatilah gambar berikut ini.
Hitunglah banyak bunga,
kerikil, daun di dalam
kotak.
Berapa banyak bunga,
kerikil, dan daun di dalam
kotak?
Udin senang ikut bekerja bakti.
Ia mengajak teman-temannya berdiskusi.
Mereka berdiskusi tentang aturan.
Bagaimana aturan menjaga lingkungan?
Bagaimana aturan bersikap kepada
tetanggaSetiap anak memberikan pendapatnya.
Berdiskusilah seperti Udin dan
teman-temannya.
Semua anak harus berpendapat.
Tuliskan hasil diskusimu pada sehelai kertas.
Presentasikan di depan kelas.
Hari/Tanggal
Pembelajaran 4
Mengejar Ayam
Edo bercerita di sekolah.Ia
bercerita tentang pengalamannya.Pada suatu hari ayam Edo lepas.
Edo takut ayamnya mengganggu
tetangga.Edo mengejar ayam sampai tertangkap.Edo berlari dan melompati pohon
kecil.Bertolak, melayang di udara, lalu mendarat.
Mencoba
Bisakah kamu menirukan gerakan Edo?
Lakukan bersama teman-temanmu.
Kenakan baju olahragamu.
Lakukan
pemanasan supaya kamu tidak cedera.
Ayo
Bergerak
Bergerak membuat
tubuh sehat.Anak-anak harus banyak bergerak.
Anak-anak
bergerak dengan banyak cara.Anak-anak dapat bergerak di mana saja.
Menyapu halaman
membuat tubuh bergerak.Memungut sampah membuat tubuh bergerak.
Menanam pohon
membuat tubuh bergerak.Bergeraklah agar tubuhmu sehat.
Amati teks Ayo Bergerak.
Berikan garis bawah pada kalimat
pemberitahuan.
Tuliskan tanggapanmu.
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
Dayu akan tampil di balai desa.
Dayu membutuhkan topi untuk menari.
Siti dan Lani membuat topi untuk Dayu.
Topi dihias menggunakan bulu ayam.
Edo menyumbang bulu ayam koleksinya.
Bantulah Siti dan Lani membuat topi
hias.
Alat dan bahan:
• Karton bekas.
• Kertas manila putih(atau warna sesuai
selera)
• Penggaris
• Gunting
• Pensil
• Lem
• Beberapa helai bulu ayam
Cara membuat:
1. Ambil karton bekas kotak
susu
2. Buatlah pola persegi
panjang
dengan ukuran panjang sesuai
dengan lingkar kepalamu.
Gunting persegi panjang tersebut.
3. Buat pola persegi panjang
yang
sama menggunakan manila
putih. Panjang dan lebar
persegi
panjang ditambah 4 cm.
Gunting
persegi panjang tersebut.
4. Rekatkan manila putih
pada
karton.
5. Karton menjadi lapisan
dalam
topi.
6. Tempelkan beberapa helai
bulu
ayam pada bagian dalam topi.
7. Tutup dengan karton manila
kemudian lem dengan kuat.
8. Rekatkan ujung topi sehingga
menjadi satu.
9.
Topi siap dipakai.
Hari/Tanggal:
Pembelajaran
5
Siti anak yang sehat.
Ia banyak bergerak.
Siti sering menemani ibunya berbelanja
ke pasar.
Pasar tidak jauh dari rumah Siti.
Bacalah teks percakapan berikut.
Lengkapi dengan ungkapan tanggapan yang
tersedia.
Pergi ke Pasar
Ibu : Besok akan ada kerja
bakti.
Siti : ...
Ibu pasti akan menyiapkan
makanan.
Ibu : Ibu membutuhkan kopi
dan gula.
Ibu akan membeli sayur dan
buah.
Ayo temani ibu.
Siti : ...
Aku suka ke pasar.
Pasar selalu ramai tetapi bersih.
Semua menjaga kebersihan
pasar.
Ibu : ...
Kita berjalan kaki agar
sehat.
Setuju, semua orang bekerja sama dan
lingkungan menjadi bersih
Dengan senang hati
Aku suka kerja bakti
Siti sangat senang.
Ibu mengajaknya berbelanja.
Di pasar Siti mengamati buah dan
sayuran.
Hitunglah banyaknya buah dan sayuran.
Pasangkan
dengan bilangan di sebelahnya.
Hari/Tanggal
:
Pembelajaran
6
Siti pergi ke sekolah bersama Lani.
Mereka berjalan kaki.
Siti bercerita tentang berbelanja ke
pasar.
Tak terasa mereka sudah tiba di sekolah.
Udin mengajaknya berkumpul di kelas.
Bacalah teks percakapan berikut.
Udin : selamat pagi, teman-teman....
Aku mempunyai berita penting.
Lingkungan kita akan mengikuti lomba
kebersihan.
Edo : Wow...., berita yang sangat bagus.
Aku
senang mendengarnya.
Lani : Lingkungan kita memiliki pasar
yang bersih.
Beni : Jalan di lingkungan kita bersih
dan sejuk.
Siti : Sekolah kita bersih dan indah.
Dayu : Balai desa bersih dan rapi.
Beni : Taman bermain sejuk dan indah.
Siti : Mari kita bekerja sama merapikan
sekolah.
Sekolah
kita harus lebih bersih dan rapi.
Amatilah percakapan di atas.
Garis bawahi ungkapan
pemberitahuan.
Tulislah dengan rapi.
Beni bertugas merapikan halaman sekolah.
Beni menghias taman dengan kerikil.
Berapa banyak kerikil yang dirapikan
Beni?
Hitunglah.
Beni dan Edo merapikan kerikil di
beberapa
tempat.
Lani mengumpulkan daun yang berserakan.
Siti memunguti bunga melati yang
gugur.Hitunglah banyaknya benda-benda berikut.
Jodohkanlah dengan bilangan yang tepat.
0 komentar:
Posting Komentar