Materi Ajar dan Materi
Pembelajaran
Tema 6 Lingkungan
Bersih,Sehat dan Asri
Sub tema 3 Lingkungan
Sekolahku
Sekolah Lani memiliki
halaman luas. Banyak pohon di halaman sekolah.
Semua warga sekolah menjaga
kebersihannya. Lani bersyukur memiliki sekolah yang bersih,
sehat, dan asri Bagaimana
keadaan sekolahmu? Sekolah adalah tempat belajar bersama.
Kita pasti senang belajar di
lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman. Kita harus ikut memelihara
lingkungan sekolah.
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan membaca
dan menyimak isi bacaan siswa mampmengidentifikasi dan menyebutkan ungkapan
perintah yang terdapat dalam teks dengan tepat
2. Melalui penugasan, siswa
dapat menyampaikan ungkapan perintah dengan tepat.
3. Melalui kerja kelompok,
siswa mampu mengidentifikasi bunyi sila ketiga.
4. Melalui kegiatan menyusun
potongan gambar siswa mampu menunjukkan simbol sila ketiga dengan tepat.
5. Dengan mengamati contoh
dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya seni cetak
tiga dimensi dari bahan lunak, mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan
dan cara penggunaannya, serta langkah-langkah membuatnya dengan tepat.
6. Melalui kegiatan praktik
siswa mampu membuat karya seni cetak tiga dimensi dari bahan tanah liat.
Materi Pembelajaran
•
Menyebutkan dan menuliskan ungkapan perintah yang terdapat di dalam teks
tentang
lingkungan sekolah
•
Diskusi tentang sila ke-3 Pancasila dan simbolnya
•
Mengenal seni cetak tiga dimensi menggunakan bahan lunak
Sekolahku Bersih dan Sehat
Aku senang belajar di
sekolah.
Sekolahku bersih dan nyaman.
Lingkungannya hijau dan
asri.
Banyak pohon ditanam di
sekolahku.
Setiap hari tanamannya
disiram.
Udara di sekolahku menjadi
segar.
Ruang kelas di sekolahku
juga bersih.
Guruku mengingatkan, jangan
buang sampah
sembarangan. Buanglah sampah
di tempatnya.
Kami semua bekerja sama
menjaga kebersihan.
Tidak ada yang membuang
sampah sembarangan.
Manakah dari bunyi sila-sila Pancasila
berikut
yang merupakan bunyi sila ketiga?
Kemanusiaan yang adil dan beradap
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah
kebijaksa dalam permusyawaratan perwakilan
Ketuhanan yang maha esa
Keadilan bagi selutuh rakyat indonesia
Persatuan Indonesia
Ayo Berkreasi
Pajangan-pajangan memperindah kelas.
Kita bisa memajang hasil-hasil karya kita di kelas.
Di bawah ini beberapa contoh karya yang
bisa jadi pajangan kelas.
Kiarya di samping adalah karya tiga
dimrnsi
Dari tanah liat
Tanah liat dicetak mengikuti bentuk wadah
tertentu
Berikut Urutan cara membuatnya
1.Siapkan adonan tanah liat dan cetakan
yang diinginkan
2.Masukan adonan tanah liat ke dalam
cetakan hingga penuh
3.Lepaskan tanah liat dari cetakannya
4.Keringkan hasil cetakan tersebut
dengan cara dijemur atau dibakar
Hari /Tanggal:
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan menyimak
penjelasan dan contoh yang diberikan guru, siswa mampu menunjukkan gerakan
berpindah tempat dalam senam lantai dengan tepat.
2. Melalui praktik, siswa
mampu melakukan gerakan berpindah tempat pada senam lantai dengan tepat.
3. Melalui kegiatan
percakapan, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri kalimat ungkapan perintah.
4. Melalui kegiatan
melengkapi kalimat, siswa mampu menggunakan kata perintah dengan tepat.
Materi Pembelajaran
• Gerak
squat jump dalam senam lantai.
•
Melakukan percakapan berisi ungkapan perintah
Sekolah Beni mempunyai lapangan rumput
yang hijau.
Siswa-siswa bisa berolahraga dan bermain
di sana. Hari ini Beni akan berolahraga di lapangan itu. Udara segar membuat
Beni menjadi semangat. Beni dan teman-teman berkumpul di lapangan. Mereka akan
berlatih melakukan salah satu gerakan pada senam lantai. Gerakannya isebut squat
jump.
Hari/Tanggal
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan mewarnai
siswa mampu mengidentifikasi simbol sila ketiga Pancasila.
2. Melalui penugasan siswa
mampu menggambarkan simbol sila ketiga Pancasila.
3. Melalui penjelasan guru
siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang merupakan tanggapan terhadap ungkapan
perintah.
4. Melalui permainan siswa
mampu menyusun kalimat tanggapan terhadap ungkapan perintah dengan benar.
5. Melalui pengamatan cara
menimbang siswa mampu menentukan berat benda dengan alat ukur tidak baku
menggunakan benda-benda konkret dengan benar.
6. Melalui pengamatan berat
benda siswa mampu menggunakan hasil pengukuran berat dengan alat ukur tidak
baku untuk membandingkan berat dua benda dengan benar.
Materi Pembelajaran
• Mendiskusikan
sikap-sikap terhadap lingkungan sekolah yang sesuai sila ke-3 Pancasila.
•
Bermain menyusun kalimat perintah dari kumpulan kartu kata dan menulis
tanggapannya
•
Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan proses pengukuran berat
benda dengan alat ukur tidak baku
Kebersihan lingkungan sekolah bukan
hanya tanggung jawab petugas kebersihan.
Kebersihan lingkungan sekolah tanggung
jawab semua warga sekolah.
Semua warga sekolah harus memiliki rasa
persatuan dalam menjaga lingkungan sekolah.
Memiliki rasa persatuan adalah sikap
yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
Perhatikan gambar di dalam lingkaran di
bawah ini.
Beri warna lingkaran yang di dalamnya
terdapat lambang sila ketiga.
Kamu sudah tahu bagaimana cara
menanggapi perintah.
Lakukanlah latihan berikut ini.
Susunlah kata-kata berikut menjadi
kalimat perintah.
Setelah tersusun, buatlah kalimat
tanggapannya.
1.sampah – pada – buanglah- tempatnya -
Ani
………………………………………..
2.sapulah- bersih –sampai- sekolah - halaman
…………………………………………
3.sepatumu – rak -letakkan - Beni -di
…………………………………………
4.rapikan – selesai – mejamu -
kembali -bekerja
………………………………………….
Ayo Mencoba
Guru memerintahkan murid-murid untuk
mengumpulkan sampah.
Sampah yang dikumpulkan adalah sampah
yang dapat didaur ulang.
Misalnya sampah plastik, kaleng, kertas,
atau kardus. Sampah-sampah tersebut mempunyai berat yang berbeda.
Berat sampah dapat diukur menggunakan
timbangan sederhana.
Ayo mengukur berat menggunakan timbangan
sederhana. Alat-alat yang diperlukan
Gantungan baju Kelereng Koin Kantong
Pelastik
Hari/Tanggal:
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan menyimak
penjelasan dan contoh yang diberikan guru siswa mampu menunjukkan gerak
tolakan, melayang, dan mendarat kembali pada senam lantai dengan tepat.
2. Dengan kegiatan praktik
siswa mampu melakukan gerak tolakan, melayang, dan mendarat kembali pada senam
lantai dengan tepat.
3. Dengan memperhatikan
contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat ungkapan erintah
4. Melalui bermain peran
siswa mampu menggunakan ungkapan perintah dan tanggapannya dengan tepat.
5. Dengan mengamati contoh
dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya seni tiga
dimensi dari bahan lunak, mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dan
cara
penggunaannya, serta
langkah-langkah membuatnya dengan tepat
6. Melalui kegiatan praktik
siswa mampu membuat karya seni tiga dimensi dari bahan tanah liat
Materi Pembelajaran
•
Melakukan gerakan melompati rintangan berupa tali karet
•
Bermain peran dengan menggunakan ungkapan perintah dan tanggapannya.
•
Membuat karya cetak tiga dimensi (lanjutan): membuat teknik cetakan dengan
media tanah liat
Lingkungan sekolah Siti bersih, hijau,
dan asri. Di pagi hari udaranya terasa sejuk.
Pagi ini Siti dan teman-teman akan
berolahraga. Mereka berkumpul di lapangan sekolah.
Mereka sangat gembira dan bersemangat.
Hari ini Pak Guru mengajak berolahraga sambil
bermain. Mereka akan melakukan gerakan
melompati rintangan.
Rintangan dibuat dari karet gelang yang
dironce jadi tali.
Ayo Berkreasi
Contoh bahan-bahan yang akan digunakan
Hari /Tanggal:
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui penjelasan guru,
siswa mampu menjelaskan ungkapan perintah yang terdapat pada teks/gambar dengan
tepat.
2. Melalui pembuatan poster,
siswa mampu menggunakan ungkapan perintah dengan tepat.
3. Dengan mengikuti
penjelasan guru, siswa mampu menentukan berat benda dengan alat ukur tidak baku
menggunakan benda-benda konkret dengan benar.
4. Dengan praktik mengukur,
siswa mampu menggunakan hasil pengukuran berat benda dengan menggunakan alat
ukur tidak baku untuk membandingkan berat dua benda dengan benar.
Materi Pembelajaran
• Melakukan sosiodrama dengan dialog
berisi ungkapan petunjuk
• Menyelesaikan soal-soal pengurangan
bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam
Hari ini Udin dan kawan-kawan akan
berkampanye kepada warga sekolah.
Mereka akan melakukan gerakan sekolah
bersih dan sehat. Mereka akan membuat poster.
Melalui poster mereka akan menyampaikan
pesan. Poster tersebut akan dibawa keliling sekolah.
Harapan mereka, warga sekolah mau
melaksanakan pesan yang ada pada poster.
Berikut ini salah satu contoh posternya.
Melalui poster mereka juga meminta warga
sekolah melakukan hal lain.
Misalnya mengumpulkan sampah yang masih
bisa dimanfaatkan.
Sebelum dikumpulkan, mereka belajar
mengukur berat sampah.
Namun mereka memerlukan bantuanmu untuk
menentukan beratnya.
Nah, coba bantu mereka ya. Udin mengukur
berat dua benda yang dia
kumpulkan. Hasil pengukuran digambarkan
seperti berikut
Botol
Kaleng
Sesuai hasil pengukuran tersebut,
jawablah soalsoal berikut.
1. Benda yang lebih berat adalah
............................
2. Benda yang lebih ringan adalah ..........................
3. Berat botol sebanding dengan
......... bola dan ....... koin.
4. Berat kaleng
sebanding dengan.............bola dan ..........koin.
Hari/Tanggal:
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui penjelasan dan
contoh guru , siswa mampu mengidentifikasi ungkapan perintah dengan tepat.
2. Melalui pembuatan cerita
gambar berseri, siswa mampu menyusun kalimat ungkapan perintah dalam sebuah
cerita bergambar dengan benar.
3. Melalui permainan siswa
mampu mengidentifikasi simbol sila ketiga.
4. Melalui penugasan siswa
mampu menggambar simbol sila ketiga dengan tepat.
5. Melalui pengamatan
pengukuran di lingkungan sekitar, siswa mampu mengidentifikasi masalah
sehari-hari terkait dengan pengukuran berat benda dengan alat ukur tidak baku
menggunakan benda-benda konkret.
6. Melalui praktik mengukur
berat siswa mampu membandingkan hasil pengukuran berat benda dengan alat ukur
tidak baku menggunakan benda-benda konkret.
Materi Pembelajaran
• Menyusun cerita berisi ungkapan
petunjuk tentang cara-cara menjaga
kebersihan rumah dengan bantuan gambar
berseri
• Memeragakan kegiatan di rumah yang
berkaitan dengan aturan menjaga
kebersihan
• Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
melibatkan pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam
Murid-murid melakukan kerja bakti
membersihkan sekolah.
Murid-murid mengumpulkan sampah yang
dapat didaur ulang.
Menurut Bu Guru sampah itu dapat
disetorkan ke Bank Sampah.
Sebelum disetor, murid-murid ingin tahu
berat sampah.
Mereka segera mengukur beratnya dengan
timbangan sederhana.
Sebagai alat ukurnya mereka menggunakan
bola tenis.
Inilah hasil pengukuran berat sampah.
Sampah pelastik Sampah kaleng Sampah kertas
Berdasarkan berat sampah tersebut, dapat
disimpulkan bahwa:
Sampah paling berat yang dibuang siswa
adalah
sampah
jenis.................................
Kerja bakti sudah selesai. Guru mengajak
murid-murid mencari kartu
bergambar. Guru menyembunyikan beberapa
kartu bergambar lambang sila ketiga di halaman sekolah. Mereka harus menemukan
tiga kartu-kartu bergambar tersebut.
Kelompok yang paling cepat menjadi pemen
.
Dapatkah kamu menemukan kartu-kartu
bergambar tersebut?
Ayo Menulis
Murid-murid menemukan perintah-perintah
dalam mencari kartu bergambar.
Selanjutnya murid-murid harus menuliskan
perintah-perintah tersebut.
|
Selasa, 11 Februari 2020
Tema 6 sub 3
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar