Rumah adalah tempat kita tinggal.
Di dalamnya, kita hidup bersama keluarga.
Setiap anggota keluarga punya tanggung
jawab.
Kerja sama menjaga kebersihan rumah harus dilakukan.
Kasih sayang di lingkungan rumah harus dipelihara.
Jika demikian rumah menjadi nyaman bagi
kita.
Rumah yang bersih membuat kita terhindar
dar penyakit.
Rumah yang sehat membuat kita betah di dalamnya.
Kita bersyukur memiliki rumah yang bersih,
sehat,dan nyaman.
Hari/Tanggal:
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
• Dengan membaca teks, siswa
dapat menjelaskan maksud kalimat ajakan dengan tepat.
• Dengan memahami kalimat
ajakan, siswa dapat menuliskan kalimat ajakan dengan tepat.
• Dengan mengamati gambar,
siswa dapat menemukan informasi tentang kegiatan kerja sama dalam keberagaman
untuk menjaga kebersihan di lingkungan rumah dengan tepat.
• Dengan berdiskusi tentang
kegiatan kerja sama, siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama dalam
keberagaman untuk kebersihan lingkungan di sekitar rumah dengan tepat.
• Dengan mengamati berbagai
gerakan manusia, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh manusia
sehari-hari dengan tepat.
• Dengan mengetahui berbagai
gerakan manusia sehari-hari, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh
menirukan gerak manusia sehari-hari dalam suatu gerak tarian dengan tepat.
• Dengan menyimpulkan apa yang
telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur dan memiliki pemahaman
akan karunia Tuhan yang telah menganugerahi lingkungan yang bersih dan sehat.
Materi Pembelajaran
•
Mengamati gambar
• Membaca
teks
•
Menjelaskan maksud kalimat ajakan
• Menulis
kalimat ajakan
•
Mengamati kegiatan di lingkungan rumah
•
Menceritakan pengalaman melakukan kegiatan di lingkungan
•
Menyebutkan gerakan manusia sehari-hari
•
Berlatih memeragakan gerakan tari
Bacalah dengan suara nyaring.
Lingkungan Sekitar Rumahku
Ini lingkungan sekitar
rumahku.
Rumah-rumah bersih dan rapi.
Pohon rindang membuat udara
sejuk.
Tidak ada sampah berserakan.
Orang-orang berjalan tertib.
Kendaraan berjalan pelan.
Anak-anak bermain dengan gembira.
Mari kita menjaga lingkungan sekitar rumah
kita.
Kalimat yang kamu diskusikan adalah
kalimat ajakan.
Kalimat ajakan biasanya diawali dengan
kata mari atau ayo.
Buatlah kalimat ajakan yang lain.
Gunakan kata-katamu sendiri.
Tulislah di tempat yang tersedia berikut
ini.
1. _____________________________________________
2.
_____________________________________________
3.
_____________________________________________
4.
_____________________________________________
5.
_____________________________________________
Amati gambar berikut ini.
Apa yang mereka lakukan?
Ayo Mencoba
AYO MENCOBA
Taman di sekitar rumah Udin
bersih.
Udin dan teman-temannya
bermain di sana.
Tiba-tiba Dayu berdiri.
Ia mengajak teman-temannya
berdiri.
Mereka memperagakan berbagai
gerakan.
Ada gerakan menyapu dan
membuang sampah.
Ada gerakan memungut sampah.
Ada gerakan mengambil dahan
kering di pohon.
Ada gerakan menyiram tanaman.
Ayo tirukan gerakan Dayu dan
teman-temannya.
Lakukan berulang-ulang.
Buatlah seperti sebuah tarian.
Hari/Tanggal
:
Pembelajaran:2
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks, siswa
dapat menyebutkan kalimat ajakan dengan tepat.
2. Dengan menyebutkan kalimat
ajakan yang terdapat pada teks, siswa dapat menggunakan kata ajakan dengan
tepat dalam sebuah kalimat.
3. Dengan menyebutkan kalimat
ajakan, siswa dapat menuliskan kalimat ajakan yang disebutnya dengan benar.
4. Dengan mencontoh gerakan
tumbuhan yang berayun, siswa dapat menjelaskan gerak ayunan yang dapat digunakan
dalam aktivitas senam lantai dengan tepat.
5. Dengan mengamati gambar,
siswa dapat mempraktikkan gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai dengan
benar.
6. Dengan menyimpulkan apa
yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat mensyukuri atas apa yang telah
mereka miliki serta memiliki pemahaman akan hak dan kewajibannya sebagai
makhluk Tuhan.
Materi
Pembelajaran
•
Memeragakan percakapan
•
Menyebutkan kalimat ajakan
•
Menggunakan kata ajakan
•
Mengenal gerakan berayun
•
Memeragakan gerakan berayun
Peragakan percakapan mereka.
Beni : Hai, Udin.
Udin : Hai, Beni. Mari masuk.
Beni : Terima kasih Udin.
Apa yang sedang kamu lakukan?
44 Buku Siswa Kelas 1 SD
Udin : Aku
baru saja selesai menyiram pohon.
Ayo lihat pohonku ini.
Beni : Wah,
subur sekali pohonmu.
Pohonmu membuat lingkungan
sejuk.
Mari kita berjalan-jalan
mengitari
lingkungan.
Udin : Ide
yang bagus.
Berjalan membuat kaki kita
kuat.
Kaki melangkah berayun dengan
tegap.
Ayo kita ajak teman-teman yang
lain.
Kalimat manakah yang termasuk kalimat
ajakan?
Sebutkan.
Beni mendatangi rumah
teman-temannya.
Ia mengajak mereka
berjalan-jalan di lingkungan sekitar.
Apa yang akan dikatakan Beni?
Tuliskan.
Kepada Siti :
_________________________________
Kepada Dayu :
_________________________________
Kepada Lani :
_________________________________
Kepada Edo :
_________________________________
Beni dan teman-temannya berjalan-jalan.
Mereka beristirahat di antara pohon yang
rindang.
Daunnya berayun-ayun tertiup angin.
Mereka sangat suka melihat gerakannya.
Hari/Tanggal:
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati gambar,
siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk bangun datar yang terdapat pada sebuah
rumah dengan tepat.
2. Dengan membaca teks, siswa
dapat menyebutkan kalimat ajakan dengan tepat.
3. Dengan membaca teks, siswa
dapat menggunakan kata ajakan dalam kalimat dengan tepat.
4. Dengan mengamati gambar,
siswa dapat menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama
dalam menjaga kebersihan di lingkungan rumah dengan tepat.
5. Dengan mengetahui
kegiatan-kegiatan kerja sama dalam menjaga lingkungan, siswa dapat menuliskan
pengalaman bekerja sama dalakeberagaman di sekitar rumah dengan tepat.
6. Dengan mengamati gambar
pengubinan, siswa dapat menentukan bangun datar yang membentuk pola pengubinan
monohedral dengan benar.
7. Dengan mengamati gambar
pengubinan siswa dapat menyusun berbagai bentuk bangun datar untuk membentuk
pola pengubinan dengan benar.
8. Dengan menggunakan bentuk
bangun datar yang tersedia, siswa dapamenyusun bangun datar membentuk pola
pengubinan monohedral dengan tepat.
9. Dengan menyimpulkan apa
yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat memiliki pemahaman akan
keberadaannya sebagai makhluk Tuhayang saling membutuhkan satu sama lain dan
perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun dan bertanggung
jawab.
Materi Ajar
•
Mengamati gambar
•
Menggunakan kata ajakan
•
Menemukan kegiatan kerja sama di lingkungan
•
Menuliskan cerita pengalaman melakukan kegiatan kerja sama di lingkungan
•
Mengamati bentuk-bentuk bangun datar yang ada di rumah
•
Menyusun bentuk-bentuk bangun datar
Ayo
Mengamati
Edo senang memiliki banyak teman di rumah.
Mereka bermain bersama.
Edo mengajak teman-tema nya ke rumah.
Teman-teman Edo sangat senang.
Mereka mengamati rumah Edo yang sangat
rapi.
Mereka menemukan bentuk-bentuk yang sering
mereka lihat.
Ayo amati gambar rumah Edo.
Bentuk apa saja yang kalian temukan?
Sebutkan!
Siti sangat suka dengan rumah Edo. Jalan
di depan rumah Edo juga bersih.
Menjaga kebersihan jalan dilakukan
bersama-sama. Kegiatan apa yang dapat dilakukan?
Kegiatan bersama yang dapat dilakukan agar
jalan bersih:
1.
_____________________________________________
2. _____________________________________________
3.
_____________________________________________
4.
_____________________________________________
5
_____________________________________________
Setiap rumah ada bagian-bagiannya. Semua
bagian harus selalu bersih.
Amatilah gambar bagian-bagian rumah
berikut ini.
Sebutkan nama-namanya.
Sebutkan nama bentuknya.
Tuliskan pada tempat yang tersedia.
……………………………..
………………………………..
……………………………………
Hari/Tanggal
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks
percakapan, siswa dapat menunjukkan kalimat ajakan dengan tepat.
2. Dengan mengamati teks
percakapan, siswa dapat menemukan kalimat tanggapan dari kalimat ajakan dengan
tepat.
3. Dengan menirukan gerakan
pada gambar siswa dapat mempraktikkan gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai
dengan tepat.
4. Dengan mengamati gambar,
siswa dapat menjelaskan gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai dan
manfaatnya dengan tepat.
5. Dengan simulasi gerak,
siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak manusia sehari-hari
dalam suatu tarian dengan lincah.
6. Dengan berlatih tari, siswa
dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak manusia sehari-hari
dengan tepat.
7. Dengan menyimpulkan apa
yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur kepada Tuhan dan
memahami pentingnya menjaga kesehatan tubuh dengan banyak bergerak di
lingkungan sekitar.
Materi Pembelajaran
•
Memeragakan percakapan
• Menulis
kalimat ajakan dan tanggapan
•
Menjelaskan berbagai gerakan ayunan
•
Memeragakan gerakan ayunan
•
Menjelaskan gerakan ayunan tangan
•
Mengenal gerakan tari
•
Memeragakan gerakan tari
Lingkungan rumah Beni memiliki taman
bermain.
Beni dan teman-temannya sering ke sana.
Sore ini Beni mengajak teman-teman
bermain.
Mereka bermain dengan hati-hati.
Mereka bermain dengan gembira.
Ayo Membaca
Peragakan percakapan Beni dan Udin berikut
ini.
Beni : Udara sangat sejuk.
Mari kita bermain bola di taman.
Udin : Maaf, aku tidak bisa.
Kakiku sedang sakit.
Beni : Oh, maaf, aku tidak tahu.
Mari kita bermain yang lain saja.
Udin : Ide yang bagus. Kamu teman yang
baik.
Beni : Ayo, kita ajak teman-teman yang
lain.
Udin : Ayo. Aku sangat suka.
Ayo Menulis
Amati percakapan Udin dan Beni.
Temukan kalimat ajakan dan tanggapan.
Tuliskan di tempat tersedia. Amati
percakapan Udin dan Beni.
Temukan kalimat ajakan dan tanggapan.
Tuliskan di tempat tersedi
Kalimat
ajakan
|
Kalimat
Tanggapan
|
Ayo Menari
Di dekat taman bermain ada balai desa. Di
balai desa ada banyak kegiatan.
Salah satu kegiatan adalah menari. Dayu
sangat suka menari.
Dayu berlatih tari di balai desa. Ia
menirukan gerakan sehari-hari.
Ayo menyapu
Menyapu Memungut sampah Membuang Sampah Memetik Ranting
Hari /Tanggal:
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati teks
percakapan, siswa dapat mengenal cara menanggapi kata ajakan dengan tepat.
2. Dengan mengamati teks,
siswa dapat menunjukkan kalimat ajakan dan tanggapan dengan tepat.
3. Dengan mengamati contoh
pengubinan dihedral, siswa dapat menentukan bangun datar yang membentuk pola
pengubinan dihedral dengan tepat.
4. Dengan mengamati contoh
pengubinan dihedral, siswa dapat menyusun berbagai bangun datar yang membentuk
pola pengubinan dihedral dengan benar.
5. Dengan menyimpulkan apa
yang telah dipelajari hari ini, siswa dapat bersyukur kepada Tuhan dan memahami
keberadaannya sebagai makhluk Tuhan di tengah makhluk Tuhan lainnya sehingga
memiliki sikap santun, saling menghargai, peduli, jujur, percaya diri, dan
bertanggung jawab
Materi Pembelajaran
•
Menggunakan kata ajakan
•
Menanggapi ajakan
•
Mengamati bentuk bidang datar
• Menyusun bentuk bidang datar
Siti sangat suka dengan lingkungan
rumahnya.
Ia ikut kegiatan menari di balai desa.
Siti sangat suka berada
di balai desa.
Ayo Belajar
Isilah titik-titik dengan kata
ajakan.
Siti : Aku suka lantai balai
desa.
Susunan keramiknya indah.
Lani : ......... kita ke balai
desa......... amati lantai kesukaan Siti.
Dayu : Maaf, aku tidak bisa
ikut.Aku harus menemani ibu ke pasar.
Udin : Terima kasih Lani.
Tetapi, lain waktu saja aku ikut.
Kakiku sedang sakit.
Edo : Semoga cepat sembuh,
Udin. Aku ikut, Lani.
Lani : .... Edo, kita ke balai
desa.
Edo :
Baiklah.
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan melengkapi teks
percakapan, siswa dapat menemukan kalimat ajakan dengan tepat.
2. Dengan membaca teks, siswa dapat
memerankan percakapan kalimat ajakan dengan tepat.
3. Dengan membaca percakapan,
siswa dapat menuliskan kegiatankegiatan kerja sama yang dapat dilakukan dalam
menjaga kebersihan di lingkungan rumah dengan tepat.
4. Dengan mengetahui
kegiatan-kegiatan kerja sama menjaga kebersihan lingkungan, siswa dapat
mempraktikkan kegiatan-kegiatan kerja sama dalam membersihkan lingkungan dengan
tepat.
5. Dengan mengamati contoh
pengubinan dihedral, siswa dapat menentukan bangun datar yang membentuk pola
pengubinan dihedral dengan benar.
6. Dengan mengamati contoh
pengubinan dihedral, siswa dapat menyusun berbagai bangun datar yang membentuk
pola pengubinan dihedral dengan benar.
7. Dengan menyimpulkan apa
yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur atas karunia Tuhan
karena mendapatkan tempat tinggal yang nyaman
Materi Pembelajaran
• Membaca permasalahan lingkungan
• Menyampaikan kalimat ajakan Menuliskan
kegiatan agar lingkungan sehat
• Melakukan kegiatan membersihkan lingkungan
• Berkreasi dengan bangun datar
Lani bercakap-cakap dengan teman-temannya.
Mereka ingin lingkungan tetap bersih.
Lengkapilah percakapan Lani.
Gunakan kata ajakan.
Peragakan percakapan itu bersama
temantemanmu.
Lani : Lingkungan rumahku tidak bersih.
Sampah menumpuk di jalan. Lalat beterbangan
Siti : .... kita bekerja bakti
membersihkan sampah.
Udin : Lingkungan rumahku kotor. Banyak
kaleng
dan genangan air. Nyamuk ada di mana.
Tetanggaku banyak terkena penyakit
demam berdarah.
Beni : .... kita kubur kaleng-kaleng.
Siti : Di musim kemarau udara terasa
panas.
Debu-debu bertebaran. Banyak orang terkena
flu dan batuk.
Edo : .... kita tanam banyak pohon.
Udin : Saat hujan deras selokan di depan
rumahku meluap. Air tumpah ke jalan.
Lani : .... kita bersihkan selokan setiap
hari.
Mari berkreasi dengan bangun datar
Amati bentuk bangun datar berikut ini.
Gunting bangun datar dan susun menjadi
karya yang bagus ,lalu temple dengan lem.
0 komentar:
Posting Komentar