Selasa, 04 Februari 2020

TEMA 6 SUB 2

Rumah adalah tempat kita tinggal.
Di dalamnya, kita hidup bersama keluarga.
Setiap anggota keluarga punya tanggung jawab.
Kerja sama menjaga kebersihan rumah harus dilakukan.
Kasih sayang di lingkungan rumah harus dipelihara.
Jika demikian rumah menjadi nyaman bagi kita.
Rumah yang bersih membuat kita terhindar dar penyakit.
Rumah yang sehat membuat kita betah di dalamnya.
Kita bersyukur memiliki rumah yang bersih, sehat,dan nyaman.

Hari/Tanggal:
Pembelajaran 1

Tujuan Pembelajaran :
• Dengan membaca teks, siswa dapat menjelaskan maksud kalimat ajakan dengan tepat.
• Dengan memahami kalimat ajakan, siswa dapat menuliskan kalimat ajakan dengan tepat.
• Dengan mengamati gambar, siswa dapat menemukan informasi tentang kegiatan kerja sama dalam keberagaman untuk menjaga kebersihan di lingkungan rumah dengan tepat.
• Dengan berdiskusi tentang kegiatan kerja sama, siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama dalam keberagaman untuk kebersihan lingkungan di sekitar rumah dengan tepat.
• Dengan mengamati berbagai gerakan manusia, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh manusia sehari-hari dengan tepat.
• Dengan mengetahui berbagai gerakan manusia sehari-hari, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak manusia sehari-hari dalam suatu gerak tarian dengan tepat.
• Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur dan memiliki pemahaman akan karunia Tuhan yang telah menganugerahi lingkungan yang bersih dan sehat.

Materi Pembelajaran

• Mengamati gambar
• Membaca teks
• Menjelaskan maksud kalimat ajakan
• Menulis kalimat ajakan
• Mengamati kegiatan di lingkungan rumah
• Menceritakan pengalaman melakukan kegiatan di lingkungan
• Menyebutkan gerakan manusia sehari-hari
• Berlatih memeragakan gerakan tari






Bacalah dengan suara nyaring.
Lingkungan Sekitar Rumahku
Ini lingkungan sekitar rumahku.
Rumah-rumah bersih dan rapi.
Pohon rindang membuat udara sejuk.
Tidak ada sampah berserakan.
Orang-orang berjalan tertib.
Kendaraan berjalan pelan.
Anak-anak bermain dengan gembira.
Mari kita menjaga lingkungan sekitar rumah kita.


Kalimat yang kamu diskusikan adalah kalimat ajakan.
Kalimat ajakan biasanya diawali dengan kata mari atau ayo.

Buatlah kalimat ajakan yang lain.
Gunakan kata-katamu sendiri.
Tulislah di tempat yang tersedia berikut ini.
1. _____________________________________________
2. _____________________________________________
3. _____________________________________________
4. _____________________________________________
5. _____________________________________________



Amati gambar berikut ini.
Apa yang mereka lakukan?


   

     

    

  Ayo Mencoba 


AYO MENCOBA

Taman di sekitar rumah Udin bersih.
Udin dan teman-temannya bermain di sana.
Tiba-tiba Dayu berdiri.
Ia mengajak teman-temannya berdiri.
Mereka memperagakan berbagai gerakan.
Ada gerakan menyapu dan membuang sampah.
Ada gerakan memungut sampah.
Ada gerakan mengambil dahan kering di pohon.
Ada gerakan menyiram tanaman.
Ayo tirukan gerakan Dayu dan teman-temannya.
Lakukan berulang-ulang.
Buatlah seperti sebuah tarian.

 










Hari/Tanggal :
Pembelajaran:2

Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan kalimat ajakan dengan tepat.
2. Dengan menyebutkan kalimat ajakan yang terdapat pada teks, siswa dapat menggunakan kata ajakan dengan tepat dalam sebuah kalimat.
3. Dengan menyebutkan kalimat ajakan, siswa dapat menuliskan kalimat ajakan yang disebutnya dengan benar.
4. Dengan mencontoh gerakan tumbuhan yang berayun, siswa dapat menjelaskan gerak ayunan yang dapat digunakan dalam aktivitas senam lantai dengan tepat.
5. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mempraktikkan gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
6. Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat mensyukuri atas apa yang telah mereka miliki serta memiliki pemahaman akan hak dan kewajibannya sebagai makhluk Tuhan.

Materi Pembelajaran

• Memeragakan percakapan
• Menyebutkan kalimat ajakan
• Menggunakan kata ajakan
• Mengenal gerakan berayun
• Memeragakan gerakan berayun

 




Peragakan percakapan mereka.
Beni : Hai, Udin.
Udin : Hai, Beni. Mari masuk.
Beni : Terima kasih Udin.
Apa yang sedang kamu lakukan?
44 Buku Siswa Kelas 1 SD


Udin : Aku baru saja selesai menyiram pohon.
Ayo lihat pohonku ini.
Beni : Wah, subur sekali pohonmu.
Pohonmu membuat lingkungan sejuk.
Mari kita berjalan-jalan mengitari
lingkungan.
Udin : Ide yang bagus.
Berjalan membuat kaki kita kuat.
Kaki melangkah berayun dengan tegap.
Ayo kita ajak teman-teman yang lain.

Kalimat manakah yang termasuk kalimat ajakan?
Sebutkan.




Beni mendatangi rumah teman-temannya.
Ia mengajak mereka berjalan-jalan di lingkungan sekitar.
Apa yang akan dikatakan Beni?
Tuliskan.
Kepada Siti : _________________________________
Kepada Dayu : _________________________________
Kepada Lani : _________________________________
Kepada Edo : _________________________________

Beni dan teman-temannya berjalan-jalan.
Mereka beristirahat di antara pohon yang rindang.
Daunnya berayun-ayun tertiup angin.
Mereka sangat suka melihat gerakannya.
 








Hari/Tanggal:
Pembelajaran 3

Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk bangun datar yang terdapat pada sebuah rumah dengan tepat.
2. Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan kalimat ajakan dengan tepat.
3. Dengan membaca teks, siswa dapat menggunakan kata ajakan dalam kalimat dengan tepat.
4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama dalam menjaga kebersihan di lingkungan rumah dengan tepat.
5. Dengan mengetahui kegiatan-kegiatan kerja sama dalam menjaga lingkungan, siswa dapat menuliskan pengalaman bekerja sama dalakeberagaman di sekitar rumah dengan tepat.
6. Dengan mengamati gambar pengubinan, siswa dapat menentukan bangun datar yang membentuk pola pengubinan monohedral dengan benar.
7. Dengan mengamati gambar pengubinan siswa dapat menyusun berbagai bentuk bangun datar untuk membentuk pola pengubinan dengan benar.
8. Dengan menggunakan bentuk bangun datar yang tersedia, siswa dapamenyusun bangun datar membentuk pola pengubinan monohedral dengan tepat.
9. Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai makhluk Tuhayang saling membutuhkan satu sama lain dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun dan bertanggung jawab.

Materi Ajar
• Mengamati gambar
• Menggunakan kata ajakan
• Menemukan kegiatan kerja sama di lingkungan
• Menuliskan cerita pengalaman melakukan kegiatan kerja sama di lingkungan
• Mengamati bentuk-bentuk bangun datar yang ada di rumah
• Menyusun bentuk-bentuk bangun datar

Ayo Mengamati


Edo senang memiliki banyak teman di rumah.
Mereka bermain bersama.
Edo mengajak teman-tema nya ke rumah.
Teman-teman Edo sangat senang.
Mereka mengamati rumah Edo yang sangat rapi.
Mereka menemukan bentuk-bentuk yang sering
mereka lihat.
Ayo amati gambar rumah Edo.
Bentuk apa saja yang kalian temukan?
Sebutkan!




Siti sangat suka dengan rumah Edo. Jalan di depan rumah Edo juga bersih.
Menjaga kebersihan jalan dilakukan bersama-sama. Kegiatan apa yang dapat dilakukan?
Kegiatan bersama yang dapat dilakukan agar jalan bersih:
1. _____________________________________________
2. _____________________________________________
3. _____________________________________________
4. _____________________________________________
5 _____________________________________________



Setiap rumah ada bagian-bagiannya. Semua bagian harus selalu bersih.
Amatilah gambar bagian-bagian rumah berikut ini.
Sebutkan nama-namanya.
Sebutkan nama bentuknya.
Tuliskan pada tempat yang tersedia.


                                   ……………………………..
                                  ………………………………..

                         ……………………………………





Hari/Tanggal
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menunjukkan kalimat ajakan dengan tepat.
2. Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat menemukan kalimat tanggapan dari kalimat ajakan dengan tepat.
3. Dengan menirukan gerakan pada gambar siswa dapat mempraktikkan gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai dengan tepat.
4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai dan manfaatnya dengan tepat.
5. Dengan simulasi gerak, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak manusia sehari-hari dalam suatu tarian dengan lincah.
6. Dengan berlatih tari, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak manusia sehari-hari dengan tepat.
7. Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur kepada Tuhan dan memahami pentingnya menjaga kesehatan tubuh dengan banyak bergerak di lingkungan sekitar.

Materi Pembelajaran
• Memeragakan percakapan
• Menulis kalimat ajakan dan tanggapan
• Menjelaskan berbagai gerakan ayunan
• Memeragakan gerakan ayunan
• Menjelaskan gerakan ayunan tangan
• Mengenal gerakan tari
• Memeragakan gerakan tari

 




 
 Lingkungan rumah Beni memiliki taman bermain.                                      
Beni dan teman-temannya sering ke sana.
Sore ini Beni mengajak teman-teman bermain.
Mereka bermain dengan hati-hati.
Mereka bermain dengan gembira.


    Ayo Membaca

Peragakan percakapan Beni dan Udin berikut ini.
Beni : Udara sangat sejuk.
Mari kita bermain bola di taman.
Udin : Maaf, aku tidak bisa.
Kakiku sedang sakit.
Beni : Oh, maaf, aku tidak tahu.
Mari kita bermain yang lain saja.
Udin : Ide yang bagus. Kamu teman yang baik.
Beni : Ayo, kita ajak teman-teman yang lain.
Udin : Ayo. Aku sangat suka.

Ayo Menulis

Amati percakapan Udin dan Beni.
Temukan kalimat ajakan dan tanggapan.
Tuliskan di tempat tersedia. Amati percakapan Udin dan Beni.
Temukan kalimat ajakan dan tanggapan.
Tuliskan di tempat tersedi


Kalimat ajakan


Kalimat Tanggapan








Ayo Menari

Di dekat taman bermain ada balai desa. Di balai desa ada banyak kegiatan.
Salah satu kegiatan adalah menari. Dayu sangat suka menari.
Dayu berlatih tari di balai desa. Ia menirukan gerakan sehari-hari.
 


Ayo menyapu                                                       
     


Menyapu                         Memungut sampah              Membuang Sampah      Memetik Ranting






Hari /Tanggal:
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat mengenal cara menanggapi kata ajakan dengan tepat.
2. Dengan mengamati teks, siswa dapat menunjukkan kalimat ajakan dan tanggapan dengan tepat.
3. Dengan mengamati contoh pengubinan dihedral, siswa dapat menentukan bangun datar yang membentuk pola pengubinan dihedral dengan tepat.
4. Dengan mengamati contoh pengubinan dihedral, siswa dapat menyusun berbagai bangun datar yang membentuk pola pengubinan dihedral dengan benar.
5. Dengan menyimpulkan apa yang telah dipelajari hari ini, siswa dapat bersyukur kepada Tuhan dan memahami keberadaannya sebagai makhluk Tuhan di tengah makhluk Tuhan lainnya sehingga memiliki sikap santun, saling menghargai, peduli, jujur, percaya diri, dan bertanggung jawab

Materi Pembelajaran

• Menggunakan kata ajakan
• Menanggapi ajakan
• Mengamati bentuk bidang datar
• Menyusun bentuk bidang datar


Siti sangat suka dengan lingkungan rumahnya.
Ia ikut kegiatan menari di balai desa.
Siti sangat suka berada di balai desa.
 









Ayo Belajar
Isilah titik-titik dengan kata ajakan.
Siti : Aku suka lantai balai desa.
Susunan keramiknya indah.
Lani : ......... kita ke balai desa......... amati lantai kesukaan Siti.
Dayu : Maaf, aku tidak bisa ikut.Aku harus menemani ibu ke pasar.
Udin : Terima kasih Lani. Tetapi, lain waktu saja aku ikut.
Kakiku sedang sakit.
Edo : Semoga cepat sembuh, Udin. Aku ikut, Lani.
Lani : .... Edo, kita ke balai desa.
Edo : Baiklah.
 























Hari/Tanggal:
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan melengkapi teks percakapan, siswa dapat menemukan kalimat ajakan dengan tepat.
2. Dengan membaca teks, siswa dapat memerankan percakapan kalimat ajakan dengan tepat.
3. Dengan membaca percakapan, siswa dapat menuliskan kegiatankegiatan kerja sama yang dapat dilakukan dalam menjaga kebersihan di lingkungan rumah dengan tepat.
4. Dengan mengetahui kegiatan-kegiatan kerja sama menjaga kebersihan lingkungan, siswa dapat mempraktikkan kegiatan-kegiatan kerja sama dalam membersihkan lingkungan dengan tepat.
5. Dengan mengamati contoh pengubinan dihedral, siswa dapat menentukan bangun datar yang membentuk pola pengubinan dihedral dengan benar.
6. Dengan mengamati contoh pengubinan dihedral, siswa dapat menyusun berbagai bangun datar yang membentuk pola pengubinan dihedral dengan benar.
7. Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur atas karunia Tuhan karena mendapatkan tempat tinggal yang nyaman

Materi Pembelajaran

Membaca permasalahan lingkungan
Menyampaikan kalimat ajakan Menuliskan kegiatan agar lingkungan sehat
Melakukan kegiatan membersihkan lingkungan
Berkreasi dengan bangun datar
 


Lani bercakap-cakap dengan teman-temannya.
Mereka ingin lingkungan tetap bersih.
Lengkapilah percakapan Lani.
Gunakan kata ajakan.
Peragakan percakapan itu bersama temantemanmu.

 












Lani : Lingkungan rumahku tidak bersih. Sampah menumpuk di jalan. Lalat beterbangan
Siti : .... kita bekerja bakti membersihkan sampah.
Udin : Lingkungan rumahku kotor. Banyak kaleng
dan genangan air. Nyamuk ada di mana. Tetanggaku banyak terkena penyakit
demam berdarah.
Beni : .... kita kubur kaleng-kaleng.
Siti : Di musim kemarau udara terasa panas.
Debu-debu bertebaran. Banyak orang terkena flu dan batuk.
Edo : .... kita tanam banyak pohon.
Udin : Saat hujan deras selokan di depan rumahku meluap. Air tumpah ke jalan.
Sampah-sampah bertebaran. Ternyata selokan di depan rumahku tersumbat sampah.
Lani : .... kita bersihkan selokan setiap hari.

Mari berkreasi dengan bangun datar
Amati bentuk bangun datar berikut ini.
Gunting bangun datar dan susun menjadi karya yang bagus ,lalu temple dengan lem.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template