MUATAN TEMATIK IV C
GURU KELAS : YUYUN WIDYANINGSIH , S.Pd
TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKALKU
SUBTEMA 1 LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU
PB 1 dan 2
Muatan Pembelajaran : BI 3.9 dan 4.9, IPA 3.4 dan 4.4 ,SBDP 4.2
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1 .Dengan
kegiatan membaca cerita fiksi, peserta didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh pada
cerita fiksi dengan tepat.
2 2 . Dengan
mendorong meja, peserta didik dapat mengetahui perubahan gerak akibat gaya.
3 . Dengan
kegiatan mengidentifikasi tinggi rendah nada pada teks lagu daerah, peserta didik
dapa mengetahui tinggi rendah nada pada lagu.
Pada hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran 1 dan 2
Saat Udin berwisata di Telaga Warna, ayah Udin menceritakan Asal Mula Telaga Warna. Cerita Asal Mula Telaga Warna merupakan cerita turun temurun yang terkenal di daerah tersebut. Bagaimana cerita Asal Mula Telaga Warna.
Di hutan Raja terus berdoa kepada Yang MahaKuasa. Raja meminta agar segera dikarunia anak. Doa Raja pun terkabul.
Permaisuri melahirkan seorang bayi perempuan. Raja dan Permaisuri sangat bahagia. Seluruh rakyat juga bersuka cita menyambut kelahiran Putri Raja.
Raja dan Permaisuri sangat menyayangi putrinya. Mereka juga sangat memanjakannya. Segala keinginan putrinya dituruti.
Tak terasa Putri Raja telah tumbuh menjadi gadis yang cantik. Hari itu dia berulang tahun ketujuh belas. Raja mengadakan pesta besarbesaran. Semua rakyat diundang ke pesta.
Raja dan Permaisuri telah menyiapkan hadiah istimewa berupa kalung. Kalung terbuat dari untaian permata berwarna-warni. Saat pesta berlangsung, Raja menyerahkan kalung itu.
”Kalung ini hadiah dari kami. Lihat, indah sekali, bukan? Kau pasti menyukainya,” kata Raja.
Raja bersiap mengalungkan kalung itu ke leher putrinya. Sungguh di luar dugaan, Putri menolak mengenakan kalung itu.
”Aku tak suka kalung ini, Ayah,” tolak Putri dengan kasar.
Raja dan Permaisuri terkejut. Kemudian, Permaisuri berusaha membujuk putrinya dengan lembut. Permaisuri mendekat dan hendak memakaikan kalung itu ke leher putrinya.
”Aku tidak mau! Aku tidak suka kalung itu! Kalung itu jelek!” teriak Putri sambil menepis tangan Permaisuri.
Tanpa sengaja, kalung itu terjatuh. Permata-permatanya terceraiberai di lantai. Permaisuri sangat sedih. Permaisuri terduduk dan menangis. Tangisan Permaisuri menyayat hati. Seluruh rakyat yang hadir turut menangis. Mereka sedih melihat tingkah laku Putri yang mereka sayangi.
Tidak disangka, air mata yang tumpah ke lantai berubah menjadi aliran air. Aliran air menghanyutkan permata-permata yang berserakan. Air tersebut mengalir ke luar istana dan membentuk danau. Anehnya, air danau berwarna-warni seperti warna-warna permata kalung Putri. Kini danau itu dikenal dengan nama Telaga Warna.
Ceritakan bacaan ' Asal Mula Telaga Warna' Dengan artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan penuh percaya diri.
Cerita Asal Mula Telaga Warna merupakan cerita fiksi.
Cerita Fiksi :
- Cerita fiksi adalah Cerita khayalan atau tidak nyata .
- Cerita fiksi dibuat berdasarkan imajinasi dan kreatifitas dari si penulis cerita.
- Jenis cerita Viksi diantaranaya novel , cerpen dan dongeng.
Ciri-ciri fiksi :
- Sifatnya imajinatif dan rekaan pengarang
- Kebenaran dalam cerita bersifat tidak mutlat
- Biasanya menggunakan bahasa konotatif
- Tidak menggunakan sistimatika buku.
- Terdapat pesan moral atau amanat
Ada berbagai jenis cerita fiksi, di antaranya cerita rakyat, cerpen, dan novel. Adapun jenis cerita rakyat antara lain cerita jenaka, mite, fabel, legenda, dan saga.
Di dekat rumah Udin di Jawa Barat juga terdapat taman bermain. Udin
dan saudara-saudara sepupunya bermain di sana. Dita ingin bermain ayunan.
Udin membantu Dita menarik dan mendorong ayunan.
Udin menarik ayunan. Kemudian, Udin mendorong ayunan. Udin telah memberikan gaya pada ayunan itu. Apakah yang dimaksud dengan gaya?
Gaya adalah suatu kekuatan yang mengakibatkan benda yang dikenainya dapat mengalami gerak, perubahan kedudukan, atau perubahan bentuk. Gaya juga dapat diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang dapat memengaruhi keadaan suatu benda.
Gaya yang diberikan Udin terhadap ayunan yaitu tarikan dan dorongan. Akibatnya, ayunan itu bergerak. Saat ditarik, ayunan bergerak ke belakang atau mendekati Udin. Saat didorong, ayunan bergerak ke depan atau menjauhi Udin. Apa yang dimaksud dengan gerak?
Gerak adalah perpindahan kedudukan suatu benda terhadap benda lainnya, baik perpindahan kedudukan yang mendekati maupun menjauhi suatu benda atau tempat asal akibat benda itu dikenai gaya.
Di mana kamu tinggal? Apakah kamu mengenal lagu daerah di lingkungan tempat tinggalmu? Keluarga besarku berasal dari Papua. Di lingkungan tempat tinggalku ada beberapa lagu daerah yang terkenal. Aku, Ayah, dan Ibuku senang menyanyikan lagu daerah. Apa lagu daerah yang sering aku nyanyikan bersama keluargaku? Ayo, pelajari materi berikut.
Hari itu Edo mendapat tugas untuk menyiapkan sebuah lagu daerah. Lagu itu akan dinyanyikan di depan teman-teman sekelasnya. Edo dan keluarganya berasal dari Papua. Edo teringat lagu daerah di lingkungan tempat tinggalnya di Papua. Edo akan menyanyikan lagu dari Papua yang berjudul ”Yamko Rambe Yamko”.
Edo berhasil menyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” dengan baik. Saat bernyanyi, Edo memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada. Apa kamu masih ingat tentang tempo dan tinggi rendah nada? Mari, mengingat kembali tentang tempo dan tinggi rendah nada.
Tempo adalah cepat lambatnya lagu dinyanyikan. Tempo dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tempo cepat, tempo sedang, dan tempo lambat. Pemilihan tempo dalam suatu lagu harus disesuaikan dengan isi lagu. Sebagai contoh, lagu yang menggambarkan keriangan biasanya menggunakan tempo cepat. Lagu untuk menidurkan bayi biasanya menggunakan tempo sedang ataupun tempo lambat.
Sementara itu, tinggi rendah nada merupakan cara menyanyikan lagu sehingga menghasilkan nada tinggi ataupun nada rendah sesuai dengan notasi lagu. Berikut urutan tinggi rendah nada yang disebut tangga nada dengan notasi angka dan notasi balok.
Itulah pembelajaran kita pada hari ini tentang menceritakan tokoh-tokoh yang ada di teks fiksi. Cerita fiksi adalah cerita yang dibuat oleh pengarang berdasarkan pada pandangan atau pemikiran ,tapsiran,dan penilaian pengarang.cerita fiksi dinikmati oleh pembaca sabagai sarana hiburan.
Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar dan,
Dengan bernyanyi kita mengenal tempo dan tinggi rendah nada.
TUGAS : MODUL TEMATIK
💦 KERJAKAN SOAL - BAHASA INDONESIA
- IPA
- SBDP
PADA HALAMAN " 53 DAN 54
Pengumpulan tugas:
1. Absen pagi pada kolom komentar Blogger Ibu guru Yuyun
2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di grup kelas 4 C
3. Mengirimkan dokumentasi hasil Tugas ke WhatsApp Ibu guru Yuyun
4. Pengiriman tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (jika lewat jam yang
ditentukan dapat japri Ibu Yuyun
Assalamuallaikum Bu
BalasHapusAlyssa syafira putri
Hadir Bu yuyun🤗
Terimakasih 🙏
Assalamualaikum Bu
BalasHapusRaihan Athaya Naufal Hade
Hadir Bu
Assalamualaikum Bu
BalasHapusDafa Zaidan Pratama
Hadir Bu Yuyun 🙏
Assalamualaikum.... Alfathi Jagaraga Wicaksono.hadir Bu yuyun.
BalasHapusAssalamuallaikum Bu Yuyun
BalasHapusDhirgham Tamam F
Hadir Bu
Terima Kasih 🙏
Alraisya Mozar
BalasHapusHadir
Maiza thirfa
BalasHapusHadir bu
Assalamualaikum Syaqila hadir bu 🙏
BalasHapusAlysha safa najwa
BalasHapusHadir bu
Assamualaikum bu guru🙏
BalasHapusMUHAMMAD HAFIZ EKA LAKSANA
Hadir Bu guru
Assalamualaikum fadhil arsifa hadir.bu
BalasHapusAssalamualaikum ibu m Rayhan ramadhan hadir
BalasHapusKelas 4 c
Absen 15
Carrisa Bilqis Arzeta
BalasHapusHadir
Muhammad Irzam Adriano Kholis, Hadir Bu🙏
BalasHapus