💦TEMA 8: DAERAH TEMPAT TINGGALKU💦
sd al azhar 2 bandar lampung
tematik klelas iv c
guru kelas :yuyun widyaningsih,s.pd
TEMA 8. Daerah Tempat Tinggalku
SUBTEMA 1. Lingkungan Tempat Tinggalku PB 3 & 4
Muatan Pembelajaran : BI 3.9 dan 4.9 PPKN 3.3 dan 4.3 IPS 3.3 dan 4.3
TUJUAN PENBELAJARAN :1. Peserta didik mengetahui dan mengidentifikasi jenis pekerjaan penduduk berdasarkan tempat tinggal.2. Peserta didik dapat menjelaskan pengaruh lingkungan terhadap jenis pekerjaan dan peredaan jenis pekerjaan.
3. Peserta didik dapat menjelaskan hubungan keadaan alam dengan mata pencaharian penduduk dilingkungan tempat tinggalnya dan keterkaitannya dengan kegiatan ekonomi.4. Peserta didik dapat menjelaskan dan mengidentifikasi pengertian dan peranan tokoh dengan jelas. serta menjelaskan tokoh utama dan tokoh tambahan.
5. Peserta didik dapat menjelaskan nilai pesan moral dalam cerita fiksi.6. Peserta didik dapat menjelaskan karakteristik individu dalam keluarga.
TUJUAN PENBELAJARAN :
1. Peserta didik mengetahui dan mengidentifikasi jenis pekerjaan penduduk berdasarkan tempat tinggal.
2. Peserta didik dapat menjelaskan pengaruh lingkungan terhadap jenis pekerjaan dan peredaan jenis pekerjaan.
3. Peserta didik dapat menjelaskan hubungan keadaan alam dengan mata pencaharian penduduk dilingkungan tempat tinggalnya dan keterkaitannya dengan kegiatan ekonomi.
4. Peserta didik dapat menjelaskan dan mengidentifikasi pengertian dan peranan tokoh dengan jelas. serta menjelaskan tokoh utama dan tokoh tambahan.
5. Peserta didik dapat menjelaskan nilai pesan moral dalam cerita fiksi.
6. Peserta didik dapat menjelaskan karakteristik individu dalam keluarga.
Bali sangatlah terkenal hingga di luar negeri sebagai ikon pariwisata Indonesia. Bali memiliki potensi pariwisata, seperti wisata alam, wisata seni, dan budaya. Provinsi Bali terbagi atas 8 kabupaten dan 1 daerah kota. Tabanan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bali. Wilayah Kabupaten Tabanan didominasi oleh pegunungan dan pantai. Selain itu, Tabanan terkenal sebagai penghasil beras dan sayuran. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Namun, penduduk yang tinggal di pantai bermata pencaharian sebagai nelayan. Keadaan alam suatu tempat memengaruhi mata pencaharian penduduknya. Ayo, kita cari tahu lebih lanjut.
Lingkungan memengaruhi mata pencaharian penduduk di suatu daerah. Mata pencaharian penduduk di suatu daerah berbeda dengan daerah lain. Mata pencaharian penduduk di daerah pesisir pantai berbeda dengan penduduk di daerah dataran rendah maupun di dataran tinggi. Simak penjelasan berikut.
1. Penduduk di daerah pantai bermata pencaharian sebagai nelayan, petani tambak, pedagang, petani garam, dan perajin.
2. Penduduk di daerah dataran rendah bermata pencaharian sebagai buruh, petani, pedagang, dan peternak.
3. Penduduk di daerah dataran tinggi bermata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan, misalnya teh, kopi, dan cengkeh.
2. Penduduk di daerah dataran rendah bermata pencaharian sebagai buruh, petani, pedagang, dan peternak.
3. Penduduk di daerah dataran tinggi bermata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan, misalnya teh, kopi, dan cengkeh.
Selain itu, penduduk yang tinggal di desa juga memiliki mata pencaharian yang berbeda dengan penduduk di kota. Penduduk di desa lebih banyak bermata pencaharian sebagai petani, peternak, perajin, pedagang, buruh tani dan perkebunan. Sedangkan penduduk di kota bermata pencaharian sebagai pekerja jasa (pegawai bank, konsultan, pengacara, sopir), karyawan, pedagang, dan buruh pabrik. Lingkungan memengaruhi kegiatan ekonomi penduduk. Tahukah kamu tentang kegiatan ekonomi? Ayo, kita pelajari bersama.
Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan, barang, atau jasa tertentu dengan tujuan mencapai kesejahteraan dalam hidupnya. Berikut macam-macam kegiatan ekonomi.
1. Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dan jasa. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut produsen.
2. Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang hasil produksi dari produsen kepada konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor.
3. Konsumsi adalah kegiatan memakai barang-barang hasil produksi. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut konsumen.
2. Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang hasil produksi dari produsen kepada konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor.
3. Konsumsi adalah kegiatan memakai barang-barang hasil produksi. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut konsumen.
Saat libur sekolah, Dayu dan keluarganya berlibur ke rumah nenek. Rumah nenek Dayu berada di Banjar Bukit Catu, Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali. Dayu senang menghabiskan waktu bersama neneknya. Nenek Dayu suka bercerita. Kali ini, nenek Dayu akan menceritakan tentang asal mula Bukit
Catu. Bacalah cerita berikut.
Catu. Bacalah cerita berikut.
Dalam cerita tersebut terdapat tiga tokoh. Tokoh merupakan pelaku dalam cerita. Tokoh merupakan salah satu unsur pembangun cerita. Tokoh mengemban peristiwa dalam cerita sehingga peristiwa tersebut mampu terjalin sebagai cerita. Selain itu, tokoh berfungsi sebagai pembawa pesan, amanat, moral atau sesuatu yang ingin disampaikan pengarang.
Tokoh cerita fiksi dibedakan menjadi dua, yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama adalah tokoh yang memiliki peran penting dalam cerita, ditampilkan terus-menerus, dan mendominasi cerita. Tokoh tambahan adalah tokoh yang dimunculkan sekali atau beberapa kali dalam cerita. Tokoh ini biasanya untuk menghidupkan cerita atau sekadar pemanis cerita.
Keragaman berarti bermacam-macam atau berjenis-jenis. Pada manusia, keragaman yang dimaksud adalah perbedaan yang dimiliki oleh setiap individu. Perbedaan pada individu itu ada karena setiap manusia memiliki ciri khas tersendiri. Dengan demikian, keragaman karakteristik individu berarti perbedaan ciri-ciri khusus pada setiap manusia. Keragaman karakteristik individu dapat berupa keragaman fisik. Keragaman fisik dapat meliputi, warna kulit, jenis rambut, tinggi dan rendah badan, serta berat badan. Selain keragaman fisik, juga terdapat keragaman kegemaran dan keragaman sifat.
langkah-langkah TUGAS
1. Lakukan pengamatan dan wawancara dengan anggota keluargamu.
2. Tanyakanlah mengenai kegemaran setiap anggota keluargamu.
3. Lengkapilah kolom berikut berdasarkan hasil wawancaramu.
selamat mengerjakan !!!😃💪
Pengumpulan tugas:
1. Absen pagi pada kolom komentar Blogger Ibu guru yuyun
2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di grup kelas 4c
3. Mengirimkan dokumentasi hasil Tugas ke WhatsApp Ibu guru yuyun
4. Pengiriman tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (jika lewat jam yang
ditentukan dapat japri Ibu yuyun)
Assalamualaikum Bu
BalasHapusRaihan Athaya Naufal Hade
Hadir Bu Yuyun
Terima kasih Bu🙏
Yuki naomi almira zanetta hadir bu yuyun
BalasHapusAssalamualaikum bu
BalasHapusDhirgham Tamam Fadila
Hadir Bu
Terima kasih bu🙏
Syaqila Nandita Putri
BalasHapusHadir bu..
Alysha safa najwa
BalasHapusHadir bu
Muhammad Irzam Adriano Kholis hadir Bu 🙏
BalasHapusAlraisya Mozar
BalasHapusHadir
Rafi Rizki Pratama hadir bu 🙏
BalasHapus