Kamis, 31 Maret 2022

Kamis , 31 MARET 2022

 

                                     

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS : YUYUN WIDYANINGSIH ,S.Pd

TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKALKU

SUBTEMA 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku 
PB 1 dan 2
Muatan Pembelajaran :  IPA 3.4 dan 4.4 ,BI  3.9, 4.9, 3.10 dan 4.10, SBdP 3.1 & 4.1

Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan kegiatan mengamati berbagai contoh hubungan antara gaya dan gerak, siswa dapat menjelaskan hubungan antara gaya dan gerak.
2. Dengan pengamatan peristiwa di lingkungan sekitar yang berkaitan dengan gaya dan gerak, siswa dapat menjelaskan mengenai hubungan antara gaya dan gerak melalui pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Dengan kegiatan membaca cerita fiksi, siswa dapat menentukan pembelajaran dalam sebuah cerita fiksi dan dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh, sifat dan inti cerita fiksi. 
4. Dengan kegiatan mengamati gambar benda tiga dimensi, siswa dapat menemukan pengertian, dan dapat menyebutkan  benda tiga dimensi.


Now, let's start our lesson by saying BASMALLAH 🙇...



Pada hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran 1 dan 2



Siti dan Lani mencari bengkel sepeda untuk menambal ban sepeda. Siti merasa lapar. Tiba-tiba terdengar suara, ting. . . ting. . . ting. . . . Di seberang jalan terlihat penjual bakso dorong lewat.  Penjual bakso mendorong gerobaknya dan sesekali berhenti untuk membunyikan mangkok sebagai tanda bahwa ada bakso. Siti dan Lani sepakat untuk makan bakso dahulu. Mereka memanggil penjual bakso.

Selesai melayani pesanan bakso Siti dan Lani, tukang bakso melanjutkan  perjalanannya. Siti dan Lani memperhatikan gerobak bergerak maju karena dorongan tukang bakso. Begitu juga dengan sepeda, sepeda bergerak maju karena dituntun, didorong, dan dikayuh. Mendorong dan mengayuh merupakan gaya yang dapat menyebabkan gerobak dan sepeda bergerak. 

Berikut lebih lanjut pengetahuan tentang gaya  dan gerak.  Masih ingatkah kamu dengan pembelajaran di subtema 1 dan subtema 2  yang membahas tentang gaya dan gerak? Untuk melakukan gaya kamu perlu tenaga. Bagimana hubungan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari? Dalam kehidupan sehari-hari banyak peristiwa yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara gaya dan gerak. 

Berikut beberapa contoh hubungan gaya dan gerak. : 

a. Gaya memengaruhi benda diam menjadi bergerak.
      
 contohnya: membuka dan menutup pintu.



b. Gaya memengaruhi benda bergerak menjadi diam.
       contohnya: Bus melaju kemudian berhenti. 


c. Gaya memengaruhi perubahan bentuk benda. 
    Contohnya: membentuk berbagai bentuk dari plastisin. 






💥Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa di lingkungan tempat tinggal? Amatilah gambar peristiwa berikut:

1. Anak bermain ketapel 
Bermain ketapel dilakukan dengan menarik karet dan melepaskan karetnya. 
Berhati-hatilah saat bermain ketapel. Jangan diarahkan kepada teman.

💧Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa bermain ketapel adalah gaya anak pada saat menarik ketapel dan melepaskannya, mempengaruhi batu yang semula diam menjadi bergerak setelah dilontarkan pada saat bermain ketapel. 

2. Paman menimba dengan ember
Paman menimba dengan menarik tali timba. Perhatikan gambar berikut.


💧Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa menimba adalah gaya yang dikerjakan oleh paman pada saat menarik tali timba menyebabkan ember pada semula diam menjadi bergerak naik. 

3. Perajin membuat gerabah
    Gerabah dibuat dari tanah liat. Tanah dibentuk oleh perajin menjadi berbagai bentuk. 







💧Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa membuat gerabah adalah gaya yang dilakukan pengrajin saat membentuk tanah liat mengubah bentuk tanah liat menjadi gerabah. 


Amatilah gambar benda-benda berikut.














Benda-benda pada gambar di atas merupakan gambar benda tiga dimensi.









Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tiga jenis benda yang dimaksud sebagai berikut:

1. Benda Kubistis
Benda kubistis adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan kubus atau balok. 
Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, bak sampah, dan kulkas.  

2. Benda Silindris
Benda silindris adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai silinder (elips). 
Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci.

3. Benda Bebas 
 Benda Bebas adalah benda-benda yang bentuknya tidak beraturan.
Contohnya buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda alam lain. 


👉 KERJAKAN TUGAS BERIKUT INI BUKU TEMA  HAL. 135 !
Teko merupakan benda tiga dimensi. Saat kita melihat teko, mengingatkan kita pada cerita “Aladin dan Lampu Ajaib”. Cerita  Aladin dan Lampu Ajaib  merupakan contoh cerita fiksi. 


Tahukah kamu cerita  Aladin dan Lampu Ajaib ? Coba, cari tahu mengenai cerita  Aladin dan Lampu Ajaib. Berikut adalah cerita singkat tentang aladin dan lampu ajaib. 


" Aladin dan Lampu Ajaib"


Berikut adalah tokoh-tokoh dalam cerita aladin


Selamat Mengerjakan !!!😃💪 

Pengumpulan tugas:

1. Absen pagi pada kolom komentar Blogger Ibu guru YUYUN

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di grup kelas 4 C

3. Mengirimkan dokumentasi hasil Tugas ke WhatsApp Ibu guru YUYUN

4. Pengiriman tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB




8 komentar:

  1. Assalamualaikum Bu
    Dafa Zaidan Pratama

    Hadir Bu Yuyun 🙏

    BalasHapus
  2. Assalamuallaikum Bu..,

    Alyssa syafira putri
    Hadir Bu yuyun 🤗

    Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Bu Yuyun

    Dhirgham Tamam Fadila
    Hadir Bu

    Terima Kasih 🙏

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum bu yuyun

    Maiza thirfa
    Hadir bu yuyun

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum
    Carrisa Bilqis Arzeta
    hadir

    BalasHapus
  6. Assamualaikum bu guru🙏

    MUHAMMAD HAFIZ EKA LAKSANA

    Hadir Bu

    BalasHapus

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template