Senin, 09 September 2024

SELASA ,10 September 2024 (Matematika,Seni Rupa)

SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG 

GURU KELAS 2C 

YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd


Bilangan 

Capaian Pembelajaran

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan pada bilangan cacah sampai 100 mereka dapat membaca menulis menentukan nilai tempat membandingkan ,mengurutkan serta melakukan, komposi( menyusun) dan komposisi mengurai bilangan

ATP
Menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 Tanpa metode meminjam 
Menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 dengan metode menyimpan 

TP
Peserta didik dapat menyelesaikan operasi pengurangan hingga 100 
Peserta didik dapat memahami pengurangan bersusun panjang. 
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan. 

Pengurangan Bersusun

Perhatikan gambar dibawah ini




Berikut adalan Video Pembelajaran terkait pengurangan  :



LATIHAN SOAL


Materi: soal cerita Penjumlahan dan Pengurangan
 Contoh soal: 
Tika mempunyai 12 donat Malosi mempunyai 5 kurangnya dari banyak donat milik Tika.
a. Berapa donat milik Malosi?
b. Berapa jumlah donat milik Tika dan Malosi?

Penyelesaian: 
Diketahui: 
Tika mempunyai 12 donat 
Malosi mempunyai 5 kurangnya dari banyak donat milik Tika 
Ditanya: 
A.Berapa banyak donat milik malosi?
B. Berapa jumlah donat milik Tika dan Malosi?
Solusi:
A. Donat malosi 12 - 5 = 7 
Jadi ,Malosi memiliki 7 donat 
B.7+12=19
Jadi, jumlah donat milik Tika dan Malosi adalah 19 donat





SENI RUPA 

Elemen : Menciptakan (Making/ Creating)

Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengetahui warna primer dan sekunder

Alur Tujuan Pembelajaran 

Peserta didik  mengetahui warna primer dan sekunder

Perhatikan Video Berikut



Mengenal Warna Primer dan Sekunder
    1. Warna primer
  • Warna dasar yang terdiri dari merah, kuning, dan biru. Warna-warna ini tidak dihasilkan dari pencampuran warna.Contoh warna primer adalah warna merah seperti darah, kuning seperti kuning telur, dan biru seperti langit atau laut.

  • 2, Warna sekunder
  • Warna yang dihasilkan dari percampuran dua warna primer dengan perbandingan satu banding satu. Warna sekunder yang dihasilkan dari percampuran warna primer adalah oranye, ungu, dan hijau. Contoh warna sekunder adalah warna oranye yang dihasilkan dari percampuran warna merah dan kuning, warna hijau yang dihasilkan dari percampuran warna kuning dan biru, dan warna ungu yang dihasilkan dari percampuran warna biru dan merah. 

  • Selain warna primer dan sekunder, ada juga warna tersier yang dihasilkan dari pencampuran satu warna primer dan satu warna sekunder. Contoh warna tersier adalah merah-oranye, kuning-oranye, kuning-hijau, biru-hijau, dan biru-ungu.
Lembar Kerja Peserta Didik


  • Gambar 2 dimensi adalah gambar yang hanya memiliki dua dimensi, yaitu panjang dan lebar, tanpa dimensi ketiga, yaitu ruang. Gambar 2 dimensi tidak memiliki volume dan hanya bisa dilihat dari satu arah. Contoh gambar 2 dimensi adalah lukisan, seni grafis, ilustrasi, foto, tenunan, dan batik. 
     
  • Gambar 3 dimensi adalah gambar yang memiliki tiga dimensi, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Gambar 3 dimensi memiliki volume dan menempati ruang. Sisi datar objek 3 dimensi adalah bentuk 2 dimensi. 

REFLEKSI /RINGKASAN MATERI

BERDASARKAN PEMBELAJARAN HARI INI UNTUK  MATERI MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAH DENGAN CARA PANJANG DAN CARA PENDEK KLS 2 C SUDAH SEBAGIAN SISWA MEMAHAMI  HANYA BEBERAPA YANG BELUM MEMAHAMI DIKARENAKAN BEBERAPA HARI TIDAK MASUK SEKOLAH DAN DIJELASKAN KEMBALI PADA SAAT WAKTU LUANG SEDANGKAN UNTUK MATERI SENI KLS 2 C SUDAH SEDIKIT BANYAK MEMAHAMI TENTANG UNSUR WARNA. 


 






0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template