Senin, 21 Juli 2025

SELASA ,22 JULI 2025 ( SENI RUPA DAN BAHASA INDONESIA)

 


Hari/Tanggal        : Selasa ,22 Juli 2025

Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia

Alat Peraga           : Video Pembelajaran 

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab 




Tabik Pun πŸ™ 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. πŸ˜
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran di kelas 1 materi Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia. 

Seni Rupa 
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, Kartu Angka, LKPD
Capaian Pembelajaran (CP):
  1. Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
  1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan     yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
  1. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.

πŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Peserta didik dapat Mengenali dua unsur rupa: garis dan warna dalam lingkungan sekitar
  2. Peserta didik dapat mendengarkan dengan baik adalah bagian dari sikap saling menghargai.
  3. Peserta didik mengamati benda konkret dan menyebutkan jumlahnya sampai 10
πŸ“Œ Tujuan Pembelajaran (TP):
  1. Memahami unsur rupa (garis) di lingkungan sekitarnya
  2. Menunjukkan sikap sebagai pendengar yang baik saat menyimak tuturan lisan dari guru, teman, atau media audio dengan cara duduk tenang, menatap pembicara, dan tidak menyela. 
  3. Menghitung banyak benda sampai 10

πŸ“Œ Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

πŸ“Œ Apersepsi : 
Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari pendidikan pancasila mengenal simbol sila Pancasila. Nah pada pertemuan kali ini kita masuk dalam pelajaran Seni rupa, Bahasa Indonesia dan Matematika. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

πŸ“Œ Materi Seni Rupa
Seni rupa adalah karya seni yang bisa dilihat dan diraba.
Contohnya: gambar, lukisan, kerajinan dari kertas, dan bentuk mainan dari tanah liat. 
Berikut adalah unsur-unsur seni rupa:

1. Titik

Titik itu kecil, seperti bintik. Titik bisa membuat hiasan atau pola.

Contoh: Titik-titik pada gambar batik. πŸŸ‘πŸ”΅πŸ”΄πŸŸ 

2. Garis 

Garis dalam seni rupa adalah sekumpulan titik yang berderet dan berhimpun. Garis ini merupakan hasil goresan yang disebut garis nyata. 

3. Bentuk

Bentuk adalah wujud gambar atau benda. Contoh: 🟑 lingkaran, πŸŸ₯ persegi, πŸ”Ί segitiga.

4. Warna
Warna membuat gambar jadi indah dan cerahWarna-warna utama: merah, kuning, biruWarna lain bisa dicampur dari warna utama. Contoh: πŸŸ₯ merah πŸ”΅ biru 🟑 kuning 🟒 hijau 🟣 ungu 🟀 cokelat. 


PENDIDIKAN PANCASILA 

Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, mengenal para perumusan pancasila.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

Mengenal simbol sila Pancasila Mengenal sila-sila


Tujuan Pembelajaran (TP):

Peserta didik dapat mengenal simbol Peserta didik dapat mengenal sila-sila Pancasila

Video Pembelajaran : 



PENDIDIKAN PANCASILA

Yuk, nyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan penuh semangat😊


Video ini adalah video lagu Garuda Pancasila yang dapat dinyanyikan peserta didik

Amatilah gambar di bawah ini!


Perhatikan Simbol-simbol Pancasila di bawah ini.

     

       


LKPD (LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK)
Kerjakan LKPD dibawah ini dengan memasangkan simbol-simbol Pancasila.





Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar.

REFLEKSI :
Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat disimpulkan bahwa seluruh peserta didik mampu mengenal simbol sila Pancasila dengan baik.





0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template