Hari/Tanggal : Senin,21 Juli 2025
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia
Alat Peraga : Video Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, mengenal para perumusan pancasila.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Mengenal simbol sila Pancasila Mengenal sila-sila
Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat mengenal simbol Peserta didik dapat mengenal sila-sila Pancasila
Video Pembelajaran :
PENDIDIKAN PANCASILA
Video ini adalah video lagu Garuda Pancasila yang dapat dinyanyikan peserta didik
Amatilah gambar di bawah ini!





Bahasa Indonesia
Elemen CP: Negara Kesatuan Republik Indonesia
Menyimak: Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Tujuan Pembelajaran :
Murid dapat Menunjukkan sikap sebagai pendengar yang baik saat menyimak tuturan lisan dari guru, teman, atau media audio dengan cara duduk tenang, menatap pembicara, dan tidak menyela.
Alur Tujuan Pembelajaran :
1. Menunjukkan sikap sebagai pendengar yang baik saat menyimak tuturan lisan dari guru, teman, atau media audio dengan cara duduk tenang, menatap pembicara, dan tidak menyela.
2. Menunjukkan minat dan antusiasme terhadap cerita, percakapan, atau informasi yang disampaikan secara lisan maupun melalui media audio.
3. Menceritakan kembali isi tuturan lisan yang didengar (cerita pendek, percakapan sederhana, atau instruksi) secara lisan dengan bahasa sederhana dan runtut.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian Pendengar yang Baik
Pendengar yang baik adalah seseorang yang memberikan perhatian penuh dan aktif ketika orang lain berbicara. Mereka tidak hanya mendengar kata-kata yang diucapkan, tetapi juga berusaha memahami perasaan dan perspektif pembicara, serta memberikan respons yang tepat dan suportif.
Ciri-ciri pendengar yang baik meliputi:
1. Memberikan perhatian penuh
2. Mendengarkan secara aktif
3. Memberikan umpan balik
4. Menahan diri untuk tidak menyela
5. Menunjukkan empati
6. Mengajukan pertanyaan yang relevan
7. Memberikan dukungan
8. Tidak menghakimi
9. Menyediakan ruang yang aman
10. Memberikan tanggapan yang tepat
2. Sikap Menjadi Pendengar yang Baik
Memperhatikan saat orang lain berbicara, tidak memotong pembicaraan, memberikan respon yang sesuai, dan menunjukkan ketertarikan. Selain itu, penting juga untuk belajar memberikan perhatian penuh dan tidak melakukan hal lain saat orang lain berbicara.
Berikut adalah beberapa sikap yang bisa diajarkan kepada anak untuk menjadi pendengar yang baik:
- Duduk tenang di tempat.
- Menatap pembicara dengan sopan.
- Tidak menyela atau memotong pembicaraan orang lain.
- Tidak bermain sendiri saat orang lain sedang berbicara.
- Mendengarkan sampai selesai, baru bertanya atau memberi tanggapan.
3. Mengapa Harus Menjadi Pendengar yang Baik?
- Agar kita mengerti apa yang dikatakan orang lain.
- Agar orang lain merasa dihargai.
- Supaya kita bisa belajar dengan lebih baik.
LKPD
0 komentar:
Posting Komentar