Jumat, 17 Mei 2024

JUMAT, 17 MEI 2024(TEMATIK)


SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd
 Tema 8                   : Praja Muda Karana

Subtema 3              : Aku Suka Bertualang 

Pembelajaran         : 5 dan 6 

Kode KD Bahasa Indonesia (3.7), Matematika (3.13), PPKn (3.1)

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benar.

2. Setelah membaca, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.

3. Setelah membaca, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah  dengan tepat.

4. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.

 

Ayo Membaca

Kalian sudah tahu berbagai rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas bermanfaat untuk mengatur lalu lintas. Rambu lalu lintas membantu perjalanan menjadi aman dan lancar. Rambu petunjuk ada dua macam. Selain petunjuk arah, ada juga rambu petunjuk tempat. Berikut ini contoh gambar ramburambu petunjuk tempat.

Perhatikan papan petunjuk berikut ini!


Siti beragama Islam.
Dayu beragama Hindu.
Lani beragama budha.
Mereka sedang menuju rumah ibadah masingmasing
Manakah arah yang harus mereka lalui?

Siti harus berjalan ke arah: ke arah lurus
Dayu harus berjalan ke arah: ke arah kanan
Lani harus berjalan ke arah: ke arah kiri

Perhatikan petunjuk tempat beribadah berikut!


Perhatikan gambar berikut ini!

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa saja rambu lalu lintas yang kamu lihat dari gambar tersebut?
    Jawab: Petunjuk aharah dan jalan di zebra cross

2. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat menyeberang jalan?
    Jawab: Yang harus diperhatikan saat menyebrangi adalah saat nybrang harus melewati zebra cross pada rambu yang telah pasang dan perhatikan petunjuk arah.


Nenek mengucapkan terima kasih karena telah dibantu. Nenek juga memberikan sebungkus makanan tradisonal. Makanan tradisional itu empek-empek. Empek-empek berasal dari kampung halaman nenek. Masih ada banyak contoh makanan tradisional lainnya.  Contoh kue tradisional lainnya adalah onde-onde, kelepon, dodol, serabi, dan kue lapis.

Apakah kamu dan teman-temanmu suka kue tradisional?

Perhatikan contoh diagram batang makanan tradisional yang disukai anak-anak.
Kue tradisional yang disukai oleh 50 orang.


Latihan Soal !
1. Buatlah diagram batang seperti contoh di atas dengan data berikut ini:

2. Berapa banyak siswa yang menyukai ice cream?
3. Makanan favorit apa yang paling sedikit disukai?
4. Berapa banyak perbedaan antara makanan favorit mie ayam dengan siomay?
5. Berapa banyak perbedaan antara makanan favorit Ice cream dengan bakso?
 

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum
    Zada mulya zafran
    Kelas 3A
    Hadir
    Wassalamu'alaikum 🙏

    BalasHapus

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template