SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 3 : Aku Suka Bertualang
Pembelajaran : 5 dan 6
Kode KD Bahasa Indonesia (3.7), Matematika (3.13), PPKn (3.1)
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benar.
2. Setelah membaca, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.
3. Setelah membaca, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.
Ayo Membaca
Kalian sudah tahu berbagai rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas bermanfaat untuk mengatur lalu lintas. Rambu lalu lintas membantu perjalanan menjadi aman dan lancar. Rambu petunjuk ada dua macam. Selain petunjuk arah, ada juga rambu petunjuk tempat. Berikut ini contoh gambar ramburambu petunjuk tempat.
Perhatikan papan petunjuk berikut ini!
Siti beragama Islam.
Dayu beragama Hindu.
Lani beragama budha.
Mereka sedang menuju rumah ibadah masingmasing
Manakah arah yang harus mereka lalui?
Siti harus berjalan ke arah: ke arah lurus
Dayu harus berjalan ke arah: ke arah kanan
Lani harus berjalan ke arah: ke arah kiri
Perhatikan gambar berikut ini!
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa saja rambu lalu lintas yang kamu lihat dari gambar tersebut?
Jawab: Petunjuk aharah dan jalan di zebra cross
2. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat menyeberang jalan?
Jawab: Yang harus diperhatikan saat menyebrangi adalah saat nybrang harus melewati zebra cross pada rambu yang telah pasang dan perhatikan petunjuk arah.
Nenek mengucapkan terima kasih karena telah dibantu. Nenek juga memberikan sebungkus makanan tradisonal. Makanan tradisional itu empek-empek. Empek-empek berasal dari kampung halaman nenek. Masih ada banyak contoh makanan tradisional lainnya. Contoh kue tradisional lainnya adalah onde-onde, kelepon, dodol, serabi, dan kue lapis.
Apakah kamu dan teman-temanmu suka kue tradisional?
Perhatikan contoh diagram batang makanan tradisional yang disukai anak-anak.
Kue tradisional yang disukai oleh 50 orang.
Latihan Soal !
1. Buatlah diagram batang seperti contoh di atas dengan data berikut ini:
3. Makanan favorit apa yang paling sedikit disukai?
4. Berapa banyak perbedaan antara makanan favorit mie ayam dengan siomay?
5. Berapa banyak perbedaan antara makanan favorit Ice cream dengan bakso?
Assalamu'alaikum
BalasHapusZada mulya zafran
Kelas 3A
Hadir
Wassalamu'alaikum 🙏