Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 4 : Aku Suka Berkarya
Pembelajaran : 3
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi pokok pikiran tentang konsep
delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan kembali ide pokok dari informasi
yang didengar/disajikan tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya
dalam denah dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam
bentuk diagram gambar dengan benar.
Gambar-gambar inilah yang nantinya disusun secara urut hingga membentuk cerita yang runtut dan menarik. Langkah pertama dalam menyusun gambar seri ialah menentukan judul cerita dari gambar tersebut. Langkah selanjutnya ialah penentuan peristiwa pertama pada gambar. Peristiwa tersebut harus disusun dengan urut dan logis.
Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf.
Tuliskan karangan sebanyak 4 paragraf! Tuliskan karangan berdasarkan pikiran pokok yang diberikan! Perhatikan gambar untuk membantumu! Berikut ini adalah pikiran pokok dari setiap paragraf.
- Hari Minggu Udin melakukan perjalanan di lingkungan sekitar.
- Sebelum melakukan perjalanan, Udin mempelajari denah lokasi terlebih dahulu.
- Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama.
- Udin dan teman-teman merasa senang melakukan kegiatan perjalanan.
Untuk membuat perpustakaan nyaman, ada juga peraturan peminjaman buku. Petugas perpustakaan menetapkan batas waktu peminjaman. Jika ada kerusakan atau kehilangan, peminjam berkewajiban untuk memperbaiki atau mengganti.
Aturan peminjaman buku dilakukan untuk keadilan. Aturan ditetapkan agar semua anggota perpustakaan mendapatkan kesempatan sama dalam meminjam buku. Memberikan kesempatan yang sama untuk semua anggota merupakan sikap adil.
Bersikap adil termasuk pengamalan sila ke kelima Pancasila. Sila kelima berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima Pancasila diberi simbol padi dan kapas. Lambang padi dan kapas menunjukkan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia. Kekayaan ini hendaknya dapatdirasakan manfaatnya secara adil untuk seluruh rakyat Indonesia.
Seorang anggota pramuka akan menuju tenda pembina. Tentukan arah yang harus dilewati anggota tersebut!
Dari tenda anggota pramuka akan berjalan ke arah barat sampai menuju tungku. Dari tungku anggota pramuka akan berjalan ke arah selatan menuju meja makan. Dari meja makan anggota pramuka berjalan ke arah barat menuju tenda pembina.
0 komentar:
Posting Komentar