SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS YUYUN WIDYANINGSH,S.Pd
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 3 : Aku Suka Bertualang
Pembelajaran : 1 ,2,3 dan 4
Kode KD Bahasa Indonesia (3.9), Matematika (3.13), PPKn (3.1), SBdp (3.1)
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.
2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi data yang disajikan dalam diagram gambar dengan benar.
3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur garis, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.
4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat merancang penggunaan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif dengan benar.
Aku anggota pramuka yang suka bertualang. Bertualang berarti pergi ke mana-mana mencari pengalaman. Anggota pramuka senang bertualang. Mereka mengunjungi berbagai tempat untuk
belajar. Mereka juga senang mengunjungi tempat yang belum dikenal.
Mengunjungi berbagai tempat di Indonesia termasuk bertualang. Indonesia negara yang sangat kaya dengan budaya. Indonesia juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah.
Mengenal budaya Indonesia sebagai tanda cinta pada tanah air. Melihat keindahan alam Indonesia juga merupakan kegiatan yang mengasyikkan.
Mari kita bertualang untuk mengenal budaya dan keindahan di Indonesia. Bertualang juga dapat mengenal berbagai permainan tradisional di Indonesia. Saat bertualang, kita dapat mengenal berbagai rambu lalu lintas. Menaati peraturan lalu lintas membuat perjalanan lebih aman dan menyenangkan.
Ayo Membaca
Hari ini Udin dan kawan-kawan akan bertualang. Mereka akan mencari tahu tentang lingkungan sekolah. Kegiatan dilakukan melalui permainan mencari jejak.
Udin memperhatikan tanda yang sudah disepakati agar aman bertualang. Tanda yang digunakan berupa bendera kertas berwarna. Bendera berwarna merah menunjukkan perintah belok kiri. Bendera berwarna kuning menunjukkan perintah belok kanan. Bendera warna hijau menunjukkan perintah berjalan lurus.
Semua anggota kelompok juga mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Mereka menyeberang jalan di zebra
cross. Mereka selalu berjalan di sebelah kiri jalan. Mereka juga memperhatikan keadaan lalu lintas saat menyeberang jalan.
Udin dan teman-teman selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Mereka menyeberang jalan pada tempat
yang seharusnya. Sebelum menyeberang jalan, mereka selalu menengok ke kanan dan ke kiri. Mereka memastikan keamanan saat menyeberang jalan. Mereka juga selalu berjalan di bagian jalan sebelah kiri. Udin dan kawan-kawan patuh pada peraturan.
Ayo Berlatih
Udin dan teman-teman melaporkan catatan hasil perjalanan. Laporan berisi banyak bendera yang ditemukan selama perjalanan.
Laporan tersebut disajikan juga dalam bentuk diagram. Laporan dalam bentuk diagram terlihat seperti berikut!
Ada banyak kendaraan di jalan raya. Ada mobil dan ada motor. Ada juga sepeda dan bus. Semua pengendara harus mematuhi aturan lalu lintas. Semua pengendara kendaraan bermotor harus memiliki surat izin mengemudi. Semua harus mengikuti peraturan lalu lintas, agar selamat di perjalanan.
Hiasan pada benda seni ada berbagai bentuk. Ada hiasan berbentuk titik-titik dan ada juga yang berbentuk garis. Contoh benda seni berhias titiktitik sebagai berikut!
Tugasmu!
Cobalah kamu gambar dan menghias gambar bus seperti contoh di bawah ini di buku gambarmu! Hiaslah menggunakan garis, titik dan warna agar lebih menarik!
Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian!
Ayo Membaca
Mengenal Budaya Indonesia
Indonesia negara yang kaya akan budaya. Ada berbagai macam suku dan agama di Indonesia. Masyarakat memiliki kebiasaan dan budaya yang sangat beragam.
Bertualang untuk mengenal budaya Indonesia merupakan tanda cinta tanah air. Bertualang untuk mengenal keindahan juga merupakan kegiatan menyenangkan.
Keragaman budaya dipengaruhi oleh letak wilayah Indonesia. Indonesia negeri yang sangat luas dan kaya. Indonesia yang luas terdiri atas lautan dan daratan. Indonesia juga memiliki pantai dan pegunungan yang sangat indah. Kebiasaan masyarakat di pegunungan berbeda dengan masyarakat di pesisir pantai.
Meskipun berbeda-beda bangsa Indonesia tetap hidup rukun. Semua bekerja sama menjaga Indonesia. Hal ini sesuai dengan semboyan Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan tersebut terdapat pada lambang negara Garuda Pancasila. Semboyan tersebut tertulis pada pita yang dicengkram burung garuda.
Keberagaman harus disyukuri sebagai rahmat dari Tuhan. Menerima dan menghormati perbedaan termasuk sikap yang disukai Tuhan.
Perhatikan contoh perilaku berikut ini!
Contoh pelaksanaan semboyan Bhinneka Tunggal Ika :
Bermain dengan semua teman, memberi kesempatan teman untuk beribadah, menjaga ketertiban saat melewati rumah ibadah agama lain. Ada banyak perbedaan atau keberagaman, namun kita harus tetap menjaga kerukunan.
Sikap Udin dan kawan-kawan sesuai dengan semboyan negara Indonesia. Semboyan negara Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka artinya berbeda-beda. Tunggal artinya satu. Ika artinya juga. Bhinneka Tunggal Ika berarti, meskipun berbeda-beda tetapi satu juga. Meskipun memiliki banyak suku bangsa dan agama, tetapi semua tetap satu, Indonesia.
Ayah dan Ibu Siti berasal dari Sumatera Barat. Kampung halaman orang tua Siti berada di daerah pegunungan yang asri. Udara pegunungan sangat sejuk dan pemandangannya indah. Ada sungai, sawah, dan air terjun. Jalan di pegunungan berkelok-kelok dan menanjak. Pengemudi harus berhati-hati saat melintasi jalan di pegunungan. Apalagi saat hujan turun, jalannya menjadi lebih licin. Rambu lalu lintas dipasang untuk menjaga keamanan pengendara.
Perhatikan rambu-rambu lalu lintas berikut!
Rambu tersebut dapat ditemukan di jalanan berkelok-kelok. Rambu tersebut juga dapat ditemukan di daerah pengunungan.
setelah mempelajari materi di atas silahkan kerjakan latihan soal berikut ini ya nak!
LATIHAN
1. Tuliskan semboyan negara Indonesia dan tuliskan pula arti dari semboyan tersebut!
2. Tuliskan contoh pelaksanaan semboyan Bhineka Tunggal Ika!
3. Arti dari simbol rambu - rambu lalu lintas dibawah ini adalah . . .
4. Arti dari simbol rambu - rambu lalu lintas dibawah ini adalah . . .
Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru secara japri dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian!
Bersepeda Bersama Teman
Hari ini Udin dan teman-teman bermain di lingkungan sekitar rumah. Mereka ingin berkeliling menggunakan sepeda. Tidak semua teman Udin ikut bermain menggunakan sepeda. Teman Udin ada yang belum dapat mengendarai sepeda.
Udin dan teman-teman melewati jalan raya.
Mereka melihat rambu-rambu lalu lintas. Udin dan teman-teman menaati peraturan lalu lintas. Lampu lalu lintas merupakan salah satu rambu lalu lintas. Lampu lalu lintas terdiri atas 3 warna. Yaitu merah, kuning, dan hijau. Lampu hijau menyala, berarti kendaraan boleh melaju. Lampu kuning menyala, berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti. Lampu merah menyala, berarti kendaraan harus berhenti.
Udin dan teman-teman mentaati peraturan lalu lintas. Petualangan dengan bersepeda membuat Udin dan teman-teman senang. Mereka juga menjadi lebih paham mengenai rambu-rambu lalu lintas.
Untuk materi pembelajaran 3 lebih lanjut mengenai pembelajaran Matematika dapat disimak video berikut ini
Jawablah pertanyaan berdasarkan diagram tersebut!
1. Berapa banyak anak yang dapat mengendarai sepeda? 8 Anak
2. Berapa banyak anak yang belum dapat mengendarai sepeda? 2 Anak
3. Berapa beda antara anak yang dapat mengendarai sepeda dan yang belum dapat mengendarai sepeda? jadi bedanya 8 anak - 2 anak = 6 Anak.
Ayo Membaca!
Kekayaan Indonesia
Indonesia dianugerahi perairan yang luas. Pemandangan bawah laut Indonesia sangatlah indah. Indonesia memiliki kekayaan laut yang paling beragam di dunia.
Perairan menjadi sumber mata pencaharian bagi penduduk di pantai. Ikannya yang melimpah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Ikan dapat menjadi sumber makanan bergizi.
Keindahan laut juga dapat menjadi tempat wisata yang menarik. Laut dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk beristirahat. Laut juga dapat menjadi mata pencaharian bagi pengelola wisata.
Kebiasaan masyarakat di dekat laut berbeda dengan masyarakat di pegunungan. Penduduk di Indonesia sangat beragam wilayah tempat tinggalnya. Keragaman wilayah tempat tinggal membuat beragam pula kebiasaan masyarakatnya. Hal ini menyebabkan beragam rumah adat yang ada di Indonesia. Hal ini pula menyebabkan beragam pakaian adat di Indonesia. Perbedaan ini membuat Indonesia menjadi semakin kaya. Walaupun berbeda kebiasaan, masyarakat Indonesia tetap hidup rukun dan damai.
Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai bacaan!
1. Keragaman apa saja yang dapat kamu temukan dalam bacaan tersebut?
Jawaban :
Keragaman yang saya temui dalam teks adalah keragaman rumah adat, pakaian daerah, wilayah tempat tinggal, kebiasaan, dan berbagai jenis ikan yang ada di perairan Indonesia.
2. Sikap manakah yang sesuai dengan semboyan negara Indonesia?
Jawaban :
Sikap yang sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah, ketika masyarakat Indonesia tetap hidup rukun dan damai, walaupun banyak perbedaan.
3. Apa semboyan negara Indonesia?
Jawaban :
Semboyan negara Indonesia adalah "Bhinneka Tunggal Ika"
Ayo Membaca!
Selain permainan Jala ikan yang mengasyikkan. Menyantap ikan juga baik untuk kesehatan. Ikan mengandung banyak protein. Berikut ini berbagai ikan yang biasa dikonsumsi.
Apakah kamu suka makan ikan tersebut?
Di mana kamu dapat menemukan penjual ikan tersebut?
Para nelayan menjual ikan hasil tangkapan di pasar ikan. Penjual ikan di warung dan pasar membeli ikan di pasar ikan.
Perhatikan gambar di atas!
Ibu Siti ingin membeli ikan di Pasar Ikan. Perhatikan papan petunjuk arah pada gambar! Kemana Ibu Siti harus menuju dari tempatnya berdiri saat ini?
Jawab : Ibu siti menuju arah belok kanan
Papan petunjuk tersebut termasuk rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas terdiri dari beberapa jenis.
Di antara jenis-jenis rambu sebagai berikut.
Tugasmu!
Lengkapi gambar berikut seperti perintah yang tersedia!
Lengkapi agar menjadi rambu petunjuk arah yang benar!
1. Untuk menuju Taman Bermain harus belok kiri. Untuk menuju masjid Agung harus belok kanan. Untuk menuju sekolah Nusantara harus lurus mengikuti arah jalan.
2. Untuk menuju Kebun binatang harus belok kiri. Untuk menuju Rumah Sakit Indah harus belok kanan. Untuk menuju Pasar Ikan harus lurus mengikuti arah jalan.
Rambu petunjuk yaitu rambu lalu lintas yang berfungsi sebagai petunjuk arah atau tempat. Rambu petunjuk, dipasang di atas jalan. Namun ada juga rambu petunjuk dipasang di pinggir jalan.
Jadi untuk tugas kita hari ini ada 2 point ya sholeh sholeha, silahkan dibaca dengan teliti materi kita hari ini...
Assalamu'alaikum
BalasHapusZada mulya zafran
Kelas 3A
No absen 27
Hadir
Wassalamu'alaikum 🙏