Senin, 20 Mei 2024

SENIN. 20 MEI 2024 (TEMATIK)

 

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd

Tema 8                 : Praja Muda Karana

Subtema 4              : Aku Suka Berkarya

Pembelajaran          : 1 dan 2


Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengidentifikasi dan menceritakan pengalaman yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan arti gambar dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar.
2. Siswa dapat menentukan arah mata angin dan dapat menggunakan kata delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.

3. Siswa dapat menginterpretasikan data dan dapat menyajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.

Ayo Membaca

Udin dan teman-teman sedang berlatih membaca denah. Udin dan teman-teman melakukan perjalanan membawa denah. Denah dilengkapi dengan tanda arah. Denah bermanfaat untuk membantu menemukan suatu lokasi yang dimaksud.

Apakah kamu mengetahui arti denah dan arah mata angin?

Bacalah informasi berikut untuk mengetahui maksud denah dan arah mata angin!

Arah Mata Angin dan Denah

Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi suatu tempat.  Denah berupa gambar yang menunjukkan bagian dari suatu tempat. Gambar berikut ini merupakan contoh denah.

SD Nusantara berada di antara pos ronda dan lapangan sepak bola. Berseberangan dengan SD Nusantara ada beberapa rumah penduduk. Tempat beribadah juga dapat ditemui di sekitar SD Nusantara. Berikut ini adalah gambar arah mata angin. Mata angin terdiri atas delapan arah.

Keterangan 

U   = Utara              TG   = Tenggara          B     = Barat

TL  = Timur laut      S     = Selatan             BL   = Barat laut

T    = Timur             BD  = Barat daya

Matahari terbit dari sebelah timur. Saat kamu menghadap matahari terbit, berarti kamu sedang menghadap ke timur. saat itu punggungmu menghadap ke arah barat. Tangan kananmu ke arah selatan. Tangan kirimu ke arah utara.

Ayo Berlatih  

Udin berlatih membaca denah. Udin juga mencatat informasi dari lingkungan sekitar.  Udin mencatat informasi tentang banyak rumah. Udin dan temanteman menghitung banyak rumah di sepanjang jalan.

Berikut ini laporan Udin mengenai banyak rumah di sepanjang jalan yang dilewati.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan gambar  tabel yang dibuat Udin!

1. Di manakah tempat yang memiliki rumah paling banyak? Jalan Lili

2. Di manakah tempat yang memiliki rumah paling sedikit? Jalan Mawar

3. Berapa banyak perbedaan rumah di Jalan Kamboja dan Jalan Mawar? 10

Ayo Membaca

Menjadi Petugas Penerima Tamu Hari ini, SD Nusantara kedatangan tamu. Tamu yang datang tim juri penilai lomba kebersihan sekolah. Mereka ingin melihat kondisi SD Nusantara. Udin dan beberapa teman ditunjuk menjadi petugas penerima tamu. Mereka harus mendampingi tamu. Mereka juga bertugas  memberikan penjelasan tentang SD Nusantara. 

Udin dan teman-teman berbagi tugas menerima  tamu. Pembagian tugas berdasarkan denah  sekolah yang sudah disiapkan. Udin dan Lani bertugas menjelaskan bagian utara sekolah. Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bagian selatan sekolah. Siti bertugas menjelaskan bagian timur sekolah. Beni menjelaskan bagian barat sekolah.

Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Mereka menjelaskan program sekolah dengan jelas dan santun. Mereka juga dapat menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas. Para penerima tamu telah bertugas dengan baik. Para juri memberikan pujian kepada mereka. Kepala sekolah dan para guru juga memberikan pujian. Semua anak-anak senang dan bersemangat mengerjakan tugasnya.

Ayo Menulis

Perhatikan kembali bacaan tentang Menjadi Petugas Penerima Tamu!

Bacaan tersebut memiliki 4 paragraf. Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf. 

Contoh

Edo anak yang rajin. Semua tugas sekolah selalu dikerjakan tepat waktu. Edo juga selalu membantu orang tua. Edo selalu mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Pikiran pokok dari paragraf di atas adalah “Edo anak yang rajin”.

Sikap anak-anak SD Nusantara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Mereka mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bekerja sama saat menerima tamu. Kerja sama yang baik akan membuahkan hasil yang baik. Para tamu merasa senang berkunjung ke SD Nusantara. Udin juga mampu membagi tugas dengan baik.

Semua anak terlibat dalam melaksanakan program kebersihan sekolah. Semua anak ikut berdiskusi untuk menentukan program kebersihan sekolah. Semua anak mendapat kesempatan memberikan pendapat. 


Manakah dari contoh sikap tersebut yang pernah kamu lakukan?

Ceritakan kepada teman-temanmu!

Bekerja sama termasuk pengamalan sila ketiga Pancasila. Sila ketiga Pancasila berbunyi persatuan Indonesia. Simbol sila ketiga berupa pohon beringin. Bangsa Indonesia sangat besar dan beragam.  Sila ketiga berpesan agar kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Seluruh warga negara juga berkewajiban menjaga nama baik Indonesia. Kerja sama dengan teman bagian dari pengamalan sila ketiga. Bekerja sama membuat tugas menjadi lebih ringan dan mudah. 




0 komentar:

Posting Komentar

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template