Senin, 09 Januari 2012

Gerak benda dan Energi

Gerak Benda dan Energi Untuk SD/MI kelas 3 semester 2

Posted by on 25 Oktober 2011
Macam-macam gerak
Bagaimana cara benda bergerak? Mari mengamati cara gerak benda pada gambar berikut.
A Gerak Benda

Benda dapat bergerak dengan berbagai cara. Misalnya, gerak benda yang tampak pada gambar.
bola sedang menggelinding
air bergerak mengalir
Air bergerak mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah.
Ketika bola pingpong dan penyerut pensil dilepaskan dari ujung atas penggaris, bola pingpong dan penyerut pensil akan bergerak. Bola pingpong dan penyerut pensil bergerak dengan cara yang berbeda. Bola pingpong bergerak dengan cara menggelinding. Menggelinding artinya gerak berputar sambil berpindah. Adapun penyerut pensil bergerak dengan cara meluncur. Meluncur artinya hanya bergerak saja, tetapi tidak berputar. Gerakan yang berbeda itu disebabkan oleh bentuk penyerut pensil dan bola pingpong tidak sama.
Benda dikatakan bergerak jika posisinya berubah.
Ketika dilepaskan, bola pingpong dan penyerut pensil bergerak menuju permukaan meja. Gerakan itu dinamakan jatuh. Setelah menyentuh lantai, bola pingpong yang jatuh akan bergerak lagi ke atas. Gerakan ini dinamakan memantul. Gerak memantul artinya gerak yang berbalik arah. Adapun penyerut pensil yang dijatuhkan tidak memantul. Agar kamu lebih memahami gerak memantul, perhatikan gambar berikut.


Gerak jatuh 
Gerak memantul
 
2. Apa saja yang Memengaruhi Gerak Benda?
Tahukah kamu apa yang memengaruhi gerak benda? Setiap benda memiliki gerakan yang berbeda meskipun diberi tenaga yang sama. Ada benda yang bergerak cepat. Ada juga benda yang bergerak lambat. Gerakan benda dipengaruhi oleh ukuran, berat, dan bentuk. Selain itu, gerak benda juga dipengaruhi oleh kekasaran permukaan bidang yang dilaluinya.
Gerak benda juga dipengaruhi oleh bentuk permukaan bidang yang dilaluinya. Bendabenda yang digerakkan di atas kaca akan meluncur lebih cepat dibandingkan pada papan kayu. Hal ini karena permukaan papan kayu lebih kasar dari pada permukaan kaca. Semakin kasar permukaan suatu bidang, semakin lambat gerak benda yang melaluinya.

Pengaruh Energi dalam Kehidupan Sehari-hari B
Tidak ada yang dapat hidup, bergerak, dan bekerja tanpa energi. Energi sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, energi panas digunakan oleh petani untuk mengeringkan hasil panennya. Nah, tahukah kamu apakah energi itu? Dapatkah kamu menyebutkan sumber-sumber energi? Apa saja kegunaan sumber energi itu?
Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Kamu telah mempelajari tentang gerak. Energi gerak banyak dimanfaatkan oleh manusia. Contoh energi gerak adalah kincir angin yang berputar. Gerak kincir angin berfungsi menggerakan generator listrik sehingga menghasilkan energi listrik. Selain gerak, panas juga merupakan energi. Sebagian besar energi panas dan cahaya yang kamu butuhkan berasal dari matahari. Selain energi tersebut, dapatkah kamu menyebutkan bentuk energi lain? Apa saja pengaruh energi bagi kehidupan manusia?
 
(a) Kincir angin 

(b) Matahari 
1. Pengaruh Energi Cahaya dalam Kehidupan Sehari-hari
Matahari merupakan sumber energi cahaya bagi kehidupan di bumi. Cahaya yang dipancarkan matahari pada siang hari menyebabkan permukaan bumi menjadi terang. Oleh karena itu, kita dapat melihat benda dengan jelas. Dapatkah kamu membayangkan apa yang terjadi jika bumi tidak mendapatkan cahaya dari matahari?
Pada malam hari tidak ada cahaya matahari. Oleh karena itu, bumi menjadi gelap gulita. Ada juga bulan yang membantu penerangan di malam hari sebagai pengganti cahaya matahari pada malam hari, kita menggunakan cahaya dari lampu. Akan tetapi, energi cahaya dari lampu jauh lebih kecil dibandingkan dengan energy cahaya dari matahari. Selain itu, cahaya matahari membantu tumbuhan mem buat makanannya sendiri. Proses tersebut dinamakan fotosintesis. Makanan yang dihasilkan tumbuhan digunakan sebagai sumber energi bagi manusia. Energi tersebut dapat digunakan manusia untuk melakukan berbagai aktivitas.

Cahaya matahari merupakan sumber energi utama bagi makhluk hidup.
Selain sebagai sumber energi bagi manusia, tumbuhan dimanfaatkan pula sebagai sumber energi hewan. Jadi, sumber energi tumbuhan, hewan, dan manusia mulanya berasal dari matahari.

2. Pengaruh Energi Panas dalam Kehidupan Sehari-hari
Nah, kamu telah mengetahui pengaruh energi cahaya matahari bagi makhluk hidup. Bagaimana dengan energi panas matahari? Apakah energi panas matahari juga berpengaruh bagi kehidupan sehari-hari? Air pada kain basah jika terkena panas matahari lama-kelamaan akan kering. Hal ini terjadi karena peristiwa penguapan. Penguapan lebih cepat terjadi pada kain basah yang disimpan di tempat yang panas. Adapun, kain basah yang disimpan di tempat teduh akan lebih lambat kering.
Para petani juga memanfaatkan energi panas matahari untuk mengeringkan hasil panennya. Misalnya, padi, kopi, cengkeh, dan garam.


3. Pengaruh Energi Gerak dalam Kehidupan Sehari-hari
Pernahkah kamu membuat kincir angin dari kertas? Apa yang terjadi ketika kincir angin kertas buatanmu tertiup angin? Kincir angin kertas akan bergerak, bukan? Semakin kencang angin bertiup, putaran kincir angin pun semakin cepat. Berputarnya kincir angin disebabkan adanya energi dari udara yang bergerak. Udara yang tampak, angin juga membawa energi. Energi itu disebut energi gerak. Di Inggris dan Belanda, banyak sekali terdapat kincir angin raksasa. Kincir angin raksasa ini dimanfaatkan untuk menggiling gandum atau untuk mengairi perkebunan mereka.

Di Amerika Serikat, kincir angin dimanfaatkan untuk memutar generator yang meng hasilkan listrik. Selain itu, ada juga kincir air yang dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Energi gerak secara alami dihasilkan oleh angin dan air.
4. Energi Bunyi yang Dihasilkan dari Getaran Benda
Perhatikan orang yang sedang bermain gitar

Tahukah kamu bagaimana cara memainkan gitar? Agar gitar menghasilkan bunyi, kamu harus memetik senar gitar, bukan? Ketika jarimu memetik senar gitar, senar gitar akan bergetar. Getaran senar gitar inilah yang menghasilkan bunyi. Jadi, bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar. Meskipun energi tidak dapat dilihat, energy dapat dirasakan. Dapatkah kamu merasakan adanya energi? Energi dari udara yang bergerak dapat kamu rasakan ketika kamu mengendarai sepeda. Rambutmu akan terurai dan badanmu terasa terembus angin.

5. Sumber Energi dan Kegunaannya
Sumber-sumber energi yang sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, Misalnya, cahaya matahari, angin, minyak bumi, dan makanan.
Cahaya matahari sering dimanfaatkan untuk hal-hal sebagai berikut:
a. Mengeringkan pakaian yang telah dicuci.
b. Penerangan di siang hari.
c. Membantu dalam proses pembuatan garam.
d. Mengeringkan hasil panen.
e. Membantu tumbuhan membuat makanan.
Adapun angin dimanfaatkan untuk menggerakkan perahu layar di laut. Selain itu, angin dimanfaatkan pula untuk menggerakkan kincir angin sehingga yang dapat menghasilkan listrik, menggerakkan pompa air, dan meng gerakkan penggiling gandum. Pernahkah kamu membayangkan bagaimana rasanya jika beberapa hari kamu tidak makan? Kamu akan merasa lemas, bukan? Dalam keadaan tubuh yang lemas, kamu tentu tidak bias melakukan berbagai aktivitas. Hal ini disebabkan tubuhmu kekurangan energi. Kekurangan energy terjadi jika kamu tidak makan. Jadi, makanan merupakan sumber energi bagi manusia. Sumber energi lainnya yang sering digunakan adalah kayu bakar, gas elpiji, baterai, dan listrik. Gas elpiji digunakan oleh ibumu sebagai sumber energi untuk memasak makanan. Adapun baterai sering digunakan untuk menyalakan radio, mobil-mobilan, dan senter. Listrik digunakan untuk batu baterai sebagai sumber energi mobilmobilan. Agar aktivitas sehari-harimu lancar, kamu memerlukan makanan yang sehat dan bergizi. Oleh karena itu, sebelum berangkat ke sekolah kamu harus sarapan supaya kamu memiliki cukup energi untuk belajar dan berpikir.

0 komentar:

Poskan Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Mengenai Saya

Foto Saya
saya seorang guru di SD Al-Azhar 2 sebagai guru bidang stadi SBK

Pengikut

Fish