Selasa, 13 Maret 2012

KEADAAN CUACA

KONDISI CUACA


Alam tidak bisa menyesuaikan kehendak manusia. Manusia harus menyesuaikan diri dengan kondisi alam. Contohnya keadaan cuaca di tempat kita. Keadaan cuaca berubah-ubah setiap hari. Kadang cuaca pagi hari cerah. Akan tetapi siang hari mendung. Atau sore harinya turun hujan deras. Kita bertamasya di pantai. Kita menginginkan cuaca cerah sepanjang hari. Namun kita tidak bisa mengatur cuaca. Keadaan cuaca bisa mendung atau hujan. Tuhan yang mengatur keadaan cuaca.
Coba bacalah prakiraan cuaca di surat kabar. Apakah fungsi prakiraan cuaca itu? Keadaan cuaca memengaruhi kegiatan manusia. Misalnya dalam penerbangan dan pelayaran. Apakah cuaca itu? Mari kita pelajari lebih lanjut.
Cuaca adalah keadaan udara pada satu tempat tertentu dalam jangka waktu terbatas. Kondisi cuaca selalu berubah setiap saat. Udara pagi hari terasa sejuk dan dingin. Semakin siang udara terasa panas dan gerah. Demikian juga dengan keadaan cuaca. Cuaca pagi hari belum tentu sama dengan siang hari. Cuaca di setiap tempat dapat berbeda. Misalnya pagi hari cuaca di sekolahmu mendung. Akan tetapi cuaca di rumahmu cerah. Kondisi cuaca bermacam-macam. Antara lain cerah, berawan, panas, dingin dan hujan.
1. Cuaca Cerah
Cuaca cerah terjadi saat langit tidak berawan. Cahaya matahari bersinar terang. Tidak ada awan yang menghalangi sinar matahari. Kita dapat melakukan berbagai kegiatan saat cuaca cerah. Contohnya berolahraga di lapangan, bermain, dan berjalan-jalan.
2. Cuaca Berawan
Cuaca berawan terjadi saat langit diliputi awan. Cahaya matahari terhalangi oleh awan. Keadaan langit menjadi gelap. Keadaan ini biasa disebut mendung. Awan hitam di langit merupakan pertanda akan turun hujan.
3. Cuaca Hujan
Hujan terjadi saat titik-titik air turun dari langit. Sebelum atau selama hujan turun biasanya disertai kilat dan guntur. Jangan bermain di luar rumah saat hujan turun. Anakanak bisa terkena pilek. Atau bisa tersambar petir.
4. Cuaca Panas dan Cuaca Dingin
Sinar matahari menyinari bumi. Sinar matahari memengaruhi kondisi cuaca di suatu tempat. Ada tempat yang menerima sinar matahari penuh. Keadaan ini membuat daerah tersebut bersuhu tinggi. Daerah tersebut memiliki cuaca panas. Ketinggian suatu tempat juga memengaruhi keadaan cuaca. Cuaca daerah pegunungan lebih dingin daripada dataran rendah.

0 komentar:

Posting Komentar

Rabu ,24 April 2024

  SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG  GURU KELAS YUYUN WIDYANINGSIH S,PD Tema 7                             : Perkembangan Teknologi Subtema 2    ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template