Kamis, 10 September 2020

Kamis 10 September 2020

 

Kewajiban dan Hak Anggota Keluarga

 Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan 

Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan 

Pembelajaran 4 

Ayo Mengamati

Hari Minggu adalah hari libur. Seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah. Seluruh anggota keluarga dapat bekerja sama dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Seperti yang dilakukan keluarga Siti. Pada saat hari libur, mereka bekerja sama membersihkan rumah dan merawat tanaman.

Setiap anggota keluarga, mempunyai hak dan kewajiban sesuai dengan peran masing-masing. Ayah berperan sebagai kepala keluarga. Ibu berperan sebagai pendamping kepala keluarga. Anak berperan sebagai anggota keluarga.                                              

Kewajiban ayah bertanggung jawab mencari nafkah. Ayah juga yang melindungi keluarga. Ibu membantu ayah mengurus semua keperluan keluarga. Tugas ibu di antaranya adalah menyiapkan makananuntuk keluarga, serta mengatur rumah agar tetap bersih dan nyaman. Ada juga ibu yang bekerja untuk membantu ayah mencari nafkah.

Kewajiban anak-anak yaitu belajar dan membantu melakukan pekerjaan rumah tangga. Tugas yang dapat dilakukan anak-anak yaitu merapikan mainan setelah digunakan. Anak-anak dapat juga membantu hal lainnya, seperti menyapu, mengepel, menyiram tanaman, atau merawat tanaman.

Selain memiliki kewajiban, seluruh anggota keluarga juga memiliki hak. Contoh hak ayah dan ibu yaitu dihormati dan disayangi anak-anak. Anak-anak juga  memiliki hak untuk disayangi orangtuanya dan dicukupi semua kebutuhannya.

Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, merupa  kan pengamalan sila kelima Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah bunyi sila kelima Pancasila.

Untuk materi lebih jelas, anak-anak dapat menyaksikan Video Pembelajaran pada link di bawah ini. Selamat menyaksikan



Setelah anak-anak menyaksikan video pembelajaran tentang Hak dan Kewajiban seluruh anggota keluarga, Sekarang Tugasmu adalah membantu kegiatan pekerjaan anggota keluarga.

Tugasmu!

Anak-anak membuat video yang berdurasi tidak lebih dari 30 detik dengan kegiatan membantu pekerjaan ayah/ibu/kakak dalam kegiatan sehari-hari pada contoh di dalam video atau dapat membantu kegiatan yang lainnya juga boleh ya nak 

Saat melaksanakan/pembuatan video jangan lupa untuk menyebutkan nama dan kelas masing-masing ya, serta memulai kalimat dengan kalimat;

Nama saya ....

Saya kelas 3 ...

Kewajiban Saya adalah membantu pekerjakan orang tua, seperti (kegiatan yang akan dilakukan)

Selamat membantu pekerjaan orang tua sayang dan jangan lupa untuk absen pagi pada kolom komentar yuk kita ramaikan pada absen pagii..

Semangat and GOOD LUCK 


19 komentar:

  1. Rania Azariandini Rahmadiono hadir,bu yuyun

    BalasHapus
  2. Arsa Hadziq Hawiqi, hadir bu yuyun

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Bu Dafa Zaidan Pratama hadir

    BalasHapus
  4. Reinefal Azmiarta Araga
    Hadir bu guru

    BalasHapus
  5. Nadia Azzahra Achmad hadir

    BalasHapus
  6. Fatimah Zahira Alviansa hadir bu...🌺

    BalasHapus

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template