Rabu, 11 November 2020

Rabu ,11 November 2020

 

Permasalahan dan Saran

 Tema 4 Kewajiban dan Hakku 

Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah  

Pembelajaran 4 dan 5

Ayo Mencoba

Tahukah kamu kewajiban yang harus kamu lakukan agar tubuhmu sehat? Apa yang sudah kamu ketahui tentang hak mendapatkan makan?


Bacalah permasalahan berikut ini!
Berilah saran apa yang sebaiknya dilakukan!

1. Ibuku selalu menyediakan makanan yang sehat dan bersih. Aku lebih suka jajan. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

2. Setiap hari ibuku menyiapkan sarapan pagi. Aku sering terburu-buru dan tak sempat sarapan. Apa yang sebaiknya aku lakukan? 

3. Ibu menyampaikan bahwa tanganku harus bersih ketika menyentuh makanan. Aku merasa itu tidak penting. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

4. Ayah selalu mengingatkanku agar berdoa sebelum dan sesudah makan. Aku sering kali tidak melakukannya. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

5. Ayahku selalu berpesan agar aku menghabiskan makananku. Aku masih sering makan bersisa. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

Ayo Berlatih

Berikut kewajiban dan hak tentang makanan.

Bantulah Udin memilih mana yang kewajiban dan hak!

1. Bersyukur atas semua makanan yang ada.
 2. Mendapat makanan sehat dan bersih.
 3. Makan makanan yang sudah disediakan.
 4. Memilih makanan yang sehat.
 5. Mendapat sarapan pagi sebelum ke sekolah.
 6. Membaca doa sebelum dan sesudah makan.
 7. Mendapat air minum yang bersih dan sehat.
 8. Mengambil makanan secukupnya.
 9. Mendapat makan siang yang sehat dan bersih.
10. Menghabiskan makanan yang sudah diambil.

Ayo Mengamati

Rumah Tempat Berlindung Setiap orang wajib melindungi dirinya dari bahaya. Salah satu tempat berlindung adalah ii berbentuk rumah.

Rumah memiliki bentuk yang berbeda-beda, tetapi  manfaatnya sama. Rumah merupakan tempat berlindung dan beristirahat. Rumah juga tempat berkumpul bersama keluarga. Kita tidur, mandi, makan, dan melepas lelah di rumah. Kita juga belajar banyak hal di rumah.

Udin dan Mutiara  mengeluhkan rumah mereka yang bocor. Ibu menasihati mereka agar  bersyukur atas semua yang dimiliki. Ibu menyarankan mereka agar melihat orangorang yang lebih susah.

Banyak anak yang tidak memiliki rumah. Banyak anak yang tetap bahagia meski rumahnya banjir. Dengan bersyukur, hati akan senang. 


Ayo Berlatih

Kamu wajib bersyukur memiliki tempat tinggal. Tempat tinggal akan melindungi dirimu dari bahaya. Kamu juga wajib merawat dan melindungi tempat tinggalmu. Apa saja kewajiban dan hakmu berkaitan dengan tempat tinggal? 


Kewajiban dan Hak di Rumah
1. Bersyukur karena memiliki tempat tinggal.
2. Mendapat rumah yang bersih dan rapi.
3. Bicara lembut dan sopan.
4. Membantu merapikan dan menata rumah.
5. Dicintai, dijaga, dilindungi, dan dihargai.
6. Saling mencintai, menjaga, melindungi, dan menghargai.
7. Diperlakukan dengan lembut dan sopan.
8. Saling menolong dan memaafkan.
9. Mendapat tempat tinggal.
10. Menjaga kebersihan dan kerapian rumah.

Tugasmu!

Anak-anak sudah mengetahui hak dan kewajiban kita dalam menjaga kesehatan.

Tugas ada pada buku Tema 4 Subtema 1 Halaman 26-27 

Bacalah permasalahan di bawah ini! 
Berilah saran apa yang sebaiknya dilakukan. 

1. Ibuku selalu menyediakan makanan yang sehat dan bersih. Aku lebih suka jajan. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

2. Setiap hari ibuku menyiapkan sarapan pagi. Aku sering terburu-buru dan tak sempat sarapan. Apa yang sebaiknya aku lakukan? 

3. Ibu menyampaikan bahwa tanganku harus bersih ketika menyentuh makanan. Aku merasa itu tidak penting. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

4. Ayah selalu mengingatkanku agar berdoa sebelum dan sesudah makan. Aku sering kali tidak melakukannya. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

5. Ayahku selalu berpesan agar aku menghabiskan makananku. Aku masih sering makan bersisa. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

Bacalah kalimat-kalimat berikut!
Jodohkan kalimat-kalimat berikut dengan permasalahan di atas!
Tulislah nomor kalimat di dalam kurung!

1. Aku bersyukur masih memiliki makanan untuk dimakan. ( ... )
2. Sebelum makan, tangan harus bersih dari debu dan kuman penyakit. ( ... )
3. Aku harus berhati-hati memilih jajanan. Makanan yang dijual di jalan sering dihinggapi lalat. ( ... )
4. Di pagi hari aku harus sarapan agar aku bisa belajar dengan semangat. ( ... )
5. Aku tahu bahwa banyak anak seusiaku yang sulit mendapat makanan. ( ... )

Contoh Mengerjakan tugas!
Tulis meggunakan tulisan tegak bersambung!

1. Aku bersyukur masih memiliki makanan untuk dimakan. ( 5 )

dst nomor berikutnya 

Pengumpulan Tugas :

1. foto kegiatan beribadah, seperti: solat, murojaah, mendengarkan tausyiah kirim melalui japri ibu guru

2. Mengirimkan tugas serta foto anak saat memegang hasil pembelajaran. 

3. Batas mengirimkan tugas sampai jam 17.00 WIB (5 sore)

4. Jika telat mengerjakan tugas dapat konfirmasi di awal ya nak dan dapat mengirimkan tugas melalui japri 

5. Jika ada yang ingin ditanyakan dapat bisa tanyakan di kolom komentar di bawah postingan ini ya anak sholeh dan sholeha dan papah/mamah 

6. Absen pagi pada kolom komentar di bawah ini 

Selamat mengerjakan dan Terimakasih 😘😘😘

20 komentar:

  1. Rania Azariandini Rahmadiono hadir,bu yuyun

    BalasHapus
  2. Dafa Zaidan Pratama hadir Bu Yuyun

    BalasHapus

  3. Alyssa syafira putri Hadir Bu yuyun🤗

    BalasHapus
  4. Nadia azzahra hadir ibu🙏

    BalasHapus
  5. Reinefal Azmiarta Araga
    Hadir bu

    BalasHapus
  6. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    BalasHapus

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template