Selasa, 02 Februari 2021

Selasa ,2 Februari 2021

 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

                         رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا  وَارْزُقْنِي فَهْمًا وَاجْعَلْنِي مِنَ الصَّالِحِي 

 Bahan Ajar Tema 6 Subtema 1 PB 2 dan 3

Hari/Tanggal        : Selasa, 2 Februari 2021

Kelas                    : 3 A

Tema                    : 6 (Energi dan Perubahannya)

Subtema               : 1 (Sumber Energi)

Pembelajaran        : 2 dan 3

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar :

Bahasa Indonesia: 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

Matematika: 3.2 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung

SBdP: 3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.

         

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat menemukan informasi tentang sumber dan bentuk energi 

2. Siswa memahami penunjuk waktu dan satuan waktu

3. Siswa mengerjakan latihan soal


Assalamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Pembahasan Soal Latihan hari senin:

1. Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Air dan udara adalah sumber energi.

2. Paragraf pertama/ 1.

3. a) proses fotosintesis

    b) sumber energi listrik (PLTS)

    c) sumber kehidupan manusia. 

4. Dari proses fotosintesis dihasilkan makanan dan oksigen.

5. Matahari adalah sumber energi terbesar di bumi, karena matahari menghasilkan energi cahaya dan panas yang merupakan sumber kehidupan di bumi. 

Sekarang, yuk kita melanjutkan materi pembelajaran pada hari ini 💪

Selesai senam Siti dan teman-teman kembali ke kelas. Mereka segera minum dan istirahat sejenak. Tidak lama kemudian, Siti dan teman-teman sudah segar kembali. Pak Guru mengajak mereka bermain menyusun huruf. Huruf disusun membentuk kata.  Kosa katanya berhubungan dengan sumber energi. 

Setelah kata terbentuk, mereka pun membuat kalimat.

Ayo, susun huruf-huruf berikut ini menjadi kata!

Contoh :  1. H -A-A-M-I-T-R-A

                    MATAHARI

                 2. G-E-N-R-I-E

                    ENERGI

Siti dan temannya telah menyusun kata dan membuat kalimat. Pak Guru melanjutkan pelajaran. Pak guru menjelaskan bahwa air juga sumber energi.  Ketika diminum, maka air akan memberi energi. Tubuh kita memerlukan air sampai 3 liter setiap hari.  Tubuh kita akan lemah jika kekurangan air. Sehingga kita harus memiliki persediaan air bersih yang cukup di rumah.  Tidak di semua tempat tersedia air bersih yang cukup. Di beberapa tempat, orang bahkan harus membeli air untuk keperluan sehari-hari. Karena itu kita wajib menghemat penggunaan air di rumah. Matikan keran air sesudah digunakan. Jangan menghamburkan air untuk keperluan yang tidak penting. Kalau minum air matang harus dihabiskan. Masih banyak lagi contoh kewajiban di rumah dalam menghemat energi. 

Contoh lain dari bagaimana cara yang baik dalam menggunakan energi:

1. Matikan perangakat elektronik jika tidak digunakan.

2. Mengganti lampu dengan yang hemat energi

3. Menggunakan air secukupnya

4. Jangan mengisi daya telfon genggam semalaman.


Ayo Mengamati

Siti dan teman-teman telah menyelesaikan tugas. Kemudian Pak Guru melanjutkan pelajaran. Berikut ini adalah percakapan antara Pak Guru dan muridmurid. 

“Anak-anak tahukah kalian tentang satuan waktu?”, tanya Pak Guru. 

“Belum, Pak!”, jawab Siti dan teman-teman. 

“Kalau begitu Pak Guru mau tanya, siapa yang sudah lebih lama hidup, Pak Guru atau kalian?” 

“Pak Guru!”, jawab murid-murid serempak. 

“Dari mana kalian tahu?” 

“Karena Pak Guru lebih tua dari pada kami, Pak.”, jawab Udin. 

“Udin ingat berapa umur Pak Guru?” “37 tahun, Pak!” jawab Udin. 

“Udin benar! Jadi tahun itu juga merupakan penunjuk waktu!” 

“Adakah penunjuk waktu lainnya? Siapa yang dapat menjawab?” 

Murid-murid terdiam, sambil berpikir. Lalu Pak Guru berkata, “Kalau begitu, yuk kita pelajari tentang penunjuk waktu atau satuan waktu!”.

Setelah membaca dialog di atas kita memahami tentang peristiwa  yang memerlukan waktu lebih lama dan lebih singkat.  Berikut ini adalah macam-macam satuan waktu.

Ada tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit, dan detik. Kali ini, kita hanya akan mempelajari tentang tahun, bulan, minggu, dan hari. Tentang jam, menit, dan detik akan dipelajari kemudian. 1 tahun sama dengan 12 bulan. 1 bulan terdiri atas 28 sampai 31 hari. 

Lihat tabel di bawah ini!

No

Nama bulan

Jumlah hari

1.

Januari

31

2.

Februari

28 atau 29

3.

Maret

31

4.

April

30

5.

Mai

31

6.

Juni

31

7.

Juli

31

8.

Agustus

30

9.

September

31

10.

Oktober

31

11.

November

30

12.

Desember

31


Khusus bulan Februari setiap 4 tahun sekali jumlah  harinya ada 29 hari. Banyak hari dari Minggu sampai dengan Sabtu adalah 7 hari. Tujuh hari itu disebut seminggu.  Satu bulan terdiri dari 4 minggu atau lebih, tergantung jumlah hari dalam bulannya. Kalau jumlahnya ada 28 hari, berarti sebulan sama dengan 4 minggu. Jika jumlahnya 31 hari berarti 1 bulan sama dengan 4 minggu 3 hari. 

Ayo Mencoba

Masih ingatkah lagu yang dipelajari pada Pembelajaran 1? Ayo menyanyikan lagi bersama-sama! Coba perhatikan kembali irama lagu tersebut! Kemudian mainkan musik mengikuti pola irama lagunya. Gunakan alat-alat musik berikut ini!

     

                                        (Marakas)                                                (Tamborin)

    
                                        (Kastanyet)                                                 (Rebana)

Alat-alat musik tersebut adalah alat musik ritmis. Mari mainkan secara berkelompok. Satu kelompok
memainkan satu jenis alat musik.Bait pertama, baris pertama lagu diiringi dengan bunyi marakas. Bait pertama baris kedua diiringidengan tamborin. Bait pertama baris ketiga diiringi kastanyet. Bait pertama baris keempat diiringi rebana.Bait kedua polanya sama dengan bait pertama.Bait ketiga dari baris pertama sampai dengan keempat diiringi oleh semua alat musik. 
                                             
                               Matahari
Ciptaan: Nurhasanah

Matahari bersinarlah terang (marakas)
Burung-burung pun berkicau riang (tamborin)
Harum semerbak bunga berkembang (kastanyet)
Tandanya hari mulai siang (rebana)
     
 *)      Maha kuasa Tuhan Yang Esa (marakas)
          Yang telah menurunkan rahmat-Nya (tamborin)
          Tuhan Pengasih Tuhan Penyayang (kastanyet)
          Mari bersyukur kepada-Nya (rebana)

Refr.  Matahari sumber kehidupan
        Sumber energi yang utama
      Cahayanya bersinar terang
         Pohon-pohon menari rianng
(reff semua alat musik)

Tugasmu!

Setelah memahami penjelasan di atas, mengenai penunjuk waktu atau satuan waktu.

Isilah dengan tepat dan benar.

Tulislah menggunakan tulisan tegak bersambung. 

1 tahun  = 12  bulan

1 minggu =  7  hari

2 tahun  = … bulan

2 minggu = … hari

3 tahun  = … bulan

3 minggu = …  hari

4 tahun  = … bulan

4 minggu = … hari

5 tahun  = … bulan

5 minggu = … hari



Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup WA)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto tugas (Chat Pribadi )
3. Absen pagi pada kolom komentar ya nak 
4. Pengerjaan tugas paling lambat ditunggu sampai pukul 13.00 wib jika terlambat konfirmasi segera.









17 komentar:

  1. Rania Azariandini Rahmadiono,hadir bu yuyun

    BalasHapus
  2. Dafa Zaidan Pratama hadir Bu Yuyun

    BalasHapus
  3. Nadia Azzahra hadir bu

    BalasHapus

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template