Senin, 31 Januari 2022

Senin ,31 Januari 2022

 



Guru  Kelas                 : Yuyun Widyaningsih S. Pd

 Satuan Pendidikan      : Sd Al - Azhar 2

Muatan Pembelajaran :  Tematik  4 C 

Tema                            : 6 (Cita- Citaku)

Sebtema                       : 3 (Giat Berusaha Meraih Cita- cita)

Pembelajaran               : 5( lima)

Alat Peraga                 : Gambar / Vidio

Kompetensi Dasar       :  Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6 Ips 3.1 Sbdp 3.4 dan 4.4

Tujuan Pembelajaran    :    Melalui kegiatan membaca puisi kembali, peserta didik mampu mendeklamasikan puisi dengan    lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.

                                              Peserta didik  dapat mengidentifikasi keberagaman karakter individu dalalam kehidupan sehari-hari   

                                         Peserta didik mampu membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar

                                                                                              

                                       



GOOD MORNING SHOLEH SHOLEHA  class iv c ? H ow are you today?  i hope you all are always fine and happy 😊
and I hope everybody  is in a good condition 💪 Before we start our lesson today, don't forget to have breakfast, pray 
dhuha , listen to our tausiyah , and  murojaah 😊 now, let's start our lesson by saying BASMALLAH ...


Pernahkan kamu mendengar kisah seseorang yang hampir gagal dalam meraih cita-citanya? Simaklah cerita berikut ini, lalu ambil nilai-nilai penting di dalamnya.

Bacalah kisah Bayu dalam meraih cita-citanya di bawah ini dengan saksama!

                                         Meraih Cita walau Nyaris Putus Asa

Tawa riang dan teriakan lantang datang dari pemilik kaki-kaki kecil yang menyepak bola kaki di tanah lapang di sebuah kecamatan bernama Ledokombo. Langit mulai berwarna jingga, awan kelam, pertanda siang telah berganti malam. Pemilik kaki kecil itu pun kembali ke rumah berkumpul dalam hangatnya keluarga dan sejuknya udara desa. Kini kaki-kaki kecil itu telah menjadi kaki-kaki yang kukuh dan lincah menari di atas rumput hijau stadion besar. Pemilik kaki-kaki kecil itu adalah Bayu Gatra Sanggiawan. Pemuda ini lahir pada tanggal 12 November 1991 di Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur.  Telah lama ia ingin menjadi pemain sepak bola profesional.  Pada tahun 2005, Bayu bergabung dengan tim kebanggaan warga Jember, yaitu Persid Jember.  Setiap hari, ia  berjuang menghabiskan waktu 45 menit untuk menuju tempat latihan dari rumahnya yang jaraknya cukup jauh. Ia rajin berlatih dan menunjukkan prestasi yang gemilang.

Dari Persid Jember, Bayu pindah ke Persekap Pasuruan sebelum akhirnya ia berhasil masuk tim PON (Pekan Olahraga Nasional) Jawa Timur untuk berlomba di PON 2012 di Riau. Akan tetapi, kemudian ia mengalami cedera lutut parah saat prestasinya sedang gemilang.  Cedera itu hampir membuatnya putus asa hingga ingin berhenti bermain bola. Namun, doa dan dukungan dari keluarga membuatnya tetap bersemangat. Ia melakukan operasi agar dapat berlari kembali di lapangan rumput. Setelah mulai pulih, ia meningkatkan porsi latihan agar untuk mengejar ketinggalannya.  Kerja keras dan kegigihannya membuahkan hasil.  Bayu pun kembali tampil hebat di lapangan hingga membawa timnya menjadi juara.

 Diagram berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!


Tidak ada yang mustahil jika kita berusaha, demikian yang dilakukan oleh Bayu untuk meraih cita-citanya.  Bagaimana dengan usahamu untuk meraih citacitamu?  Bekerja keras dan pantang menyerah harus dilatih sedini mungkin agar kamu tangguh untuk mencapai mimpi dan cita-citamu.


Kamu telah mengetahui bagaimana menggunakan tekanan dan jeda yang tepat pada saat mendeklamasikan puisi.  Selain pelafalan, intonasi dan tekanan yang tepat, kamu juga harus dapat menunjukkan ekspresi wajah yang sesuai dengan isi puisi. Oleh karenanya, penting bagimu untuk mengetahui makna atau isi puisi. Pada saat mendeklamasikan sebuah puisi, pahamilah isi dan pesan yang ingin disampaikan. Apabila puisimu tentang harapan dan doa, ekspresi wajahmu harus mendukungnya, yaitu berekspresi yang sama saat kamu berdoa. Jika puisimu berkisah tentang harapan, ekspresimu harus me- nunjukkan mata berbinar dengan pandangan jauh menerawang. Jika puisimu berisi tentang pengalaman sedih, ekspresimu harus menunjukkan kesedihan yang mendalam seperti saat kamu kehilangan orang terkasih. Kamu dapat melatih perubahan ekspresi wajah dengan menggunakan kaca atau dengan bantuan temanmu. Setelah kamu menghafalkan puisi, kamu dapat menjiwai puisi dengan menempatkan dirimu sebagai bagian dari isi puisi tersebut.

Ayo Mengamati
Setiap agama memiliki kekhasan dan keunikan pada tempat ibadahnya. Kekhasan dan keunikannya dipengaruhi oleh fungsi dan budaya masyarakat sekitar yang menggunakannya. Amatilah berbagai tempat ibadah yang ada di daerahmu. Carilah informasi tentang apa saja dan kapan saja tempat ibadah itu dimanfaatkan oleh umatnya. Bekerjalah bersama dengan temanmu untuk melengkapi tabel!

Nama Tempat IbadahKegiatan Keagamaan
Masjid
Masjid
Kegiatan keagamaan yang dilakukan di Masjiad :
  1. Sholat Wajib berjamaah lima waktu 
  2. Sholat Jumat
  3. Pengajian Alquran
  4. Ceramah kajian agama
  5. Taman pendidikan Al-Quran Pertemuan atau rapat pengurus masjid
  6. Peringatan hari-hari besar agama Islam
  7. Itikaf
  8. Buka puasa bersama
  9. Menerima dan menyalurkan zakat, fidyah, dan infaq, dan lain-lain
Gereja
Gereja
Kegiatan keagamaan yang dilakukan di Gereja
  1. Adven/Menyiapkan diri untuk menyambut pesta Natal
  2. Natal / Kelahiran Yesus
  3. Epifani / Teofani/Manifestasi Yesus Kristus terhadap dunia dalam bentuk kelahiran-Nya
  4. Kamis Putih/Memperingati Perjamuan Malam terakhir yang dipimpin oleh Yesus
  5. Jumat Agung/Peringatan Penyaliban Yesus Kristus dan wafatnya di Golgota
  6. Sabtu Suci
  7. Paskah / Kebangkitan Yesus
  8. Kenaikan Yesus
Vihara
Vihara
Kegiatan ibdah yang dilakukan di vihara antara lain:
  1. Sembahyang dilakukan dalam rangka meneladani perjuangan Buddha dalam hidup.
  2. Waisak, meperingati lahirnya Pangeran Siddharta
  3. Magha Puja, mengenang peristiwa ketika sang Buddha bertemu dengan 1250 muridnya
  4. Asadha, memperingati penyampaian khotbah pertama sang Buddha.
  5. Kathina , waktu bagi para umat awam berderma kepada para bhikkhu
  6. Ulambana, semua anak-anak mempraktikkan rasa hormat dan kasih sayang kepada orangtuanya
Pura
Pura
Kegiatan ibadah yang dilakukan di pura antara lain:
  1. Persembahyangan memuja Ida Sang Hyang Widhi
  2. Siwaratri yaitu memperingati malam agung turunnya Siwa.
  3. Pagerwesi untuk memuliakan Ida Sanghyang Widhi Wasa
  4. Nyepi merupakan hari penyucian dewa-dewa
  5. Galungan yaitu hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan)
  6. Kuningan yaitu resepsi bagi hari Galungan
  7. Tawur kesanga yaitu mengembalikan sari-sari alam yang telah digunakan manusia
Kelenteng
Kelenteng
Kegiatan ibadah yang dilakukan di kelenteng antara lain:
  1. Tahun Baru Imlek merupakan Perayaan pergantian tahun Imlek
  2. Cap Go Meh adalah Perayaan dua minggu setelah Tahun Baru Imlek.
  3. Ceng Beng adalah Ziarah kubur bagi warga keturunan Tionghoa
  4. Peh Cun adalah Satu bentuk peringatan dan penghormatan kepada nenek moyang
  5. Sembahyang Tiong Chiu adalah Festival Bulan atau Festival Kue Bulan merupakan hari raya panen


Ayo Berkreasi

Ingatkah kamu tentang rumah-rumah ibadah di Indonesia? Tentu kamu telah mempelajari bagaimana umat beragama tersebut menggunakannya. Kali ini, kamu akan membuat sebuah karya seni rupa tentang perayaan keagama- an dan rumah ibadah sebagai objeknya dalam bentuk montase.  Montase merupakan karya seni yang dibuat dari berbagai foto atau gambar yang digabungkan dengan gambar tangan, gambar-gambar tersebut bisa terdiri atas berbagai macam gambar yang berasal dari foto, majalah, atau bahan lainnya. Gambar-gambar itu diatur sedemikian rupa sehingga membuat gambar baru yang mencapai makna. Alat dan bahan yang diperlukan sebagai berikut.
  
  1. Kertas gambar 
  2.Gambar-gambar yang sudah ada, termasuk gambar rumah ibadah
  3. Lem kertas 
  4.Gunting
  5. Alat gambar (pensil, spidol, pensil warna)

Cara Kerja: Pertama, potong atau guntinglah gambar-gambar yang telah disiapkan mengikuti bentuknya. Kedua, tempel gambar-gambr tersebut pada kertas gambar dengan menggunakan lem kertas. Gambar tersebut disusun sesuai cerita yang kita inginkan.
Terakhir, sempurnakan karya montase dengan menambahkan gambar tangan.

 Contoh :

Untuk membuat karya tersebut dapat kalian simak vidio pembelajaran di bawah ini 👇

                                    https://www.youtube.com/watch?v=TzlSXQ  

Tugas :
 
Buatlah sebuah gambar montase bertemakan Rumah Ibadah  dan jelaskan mealaui vidio gambar yang sudah kalian buat.

Pengumpulan tugas:

1. Wajib absen pagi pada kolom komentar Blogger Ibu guru Yuyun

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di grup kelas 4C

3. Mengirimkan dokumentasi hasil tugas ke WhatsApp Ibu guru Yuyun

4. Pengiriman tugas paling lambat ditunggu hari Rabu 2 Februari 2022 (jika lewat waktu  yang 

    ditentukan dapat japri Ibu Yuyun)





11 komentar:

  1. Assalamuallaikum Bu
    Alyssa syafira putri
    Hadir Bu yuyun 🤗
    Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  2. Assalamuallaikum Bu Yuyun

    Dhirgham Tamam Fadila
    Hadir bu

    Terima Kasih Bu🙏

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Bu
    Raihan Athaya Naufal Hade
    Hadir Bu

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Bu
    Dafa Zaidan Pratama
    Hadir Bu Yuyun 🙏

    BalasHapus
  5. Assalammualikum bu
    Maiza thirfa
    Hadir bu

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum...
    Alfathi Jagaraga Wicaksono
    Hadir bu

    BalasHapus
  7. Radhika Razqa putranto hadir bu

    BalasHapus

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template