Jumat, 25 Februari 2022

Jum,at 25 Februari 2022 MATEMATIKA

 


SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
MATEMATIKA IV C
GURU KELAS : YUYUN WIDYANINGSIH ,S.Pd

KD. 3.11 & 4.11

 TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik dapat mengumpulkan suatu data yang disajikan
2. Peserta didik dapat menyajikan data melalui daftar, tabel hingga diagram batang.
3. Peserta didik dapat membaca dan menafsirkan suatu data yang disajikan.


Good Morning class IV C ? How are you today?  I always hope that you are all good and happy😊
 Before we start our lesson today, don't forget to have breakfast, pray dhuha , listen to tausiyah , and  murojaah ... and don't forget your 5 time prayer😊 Keep your spirit up to study the material this morning yaa πŸ’ͺ😊Now, let's start our lesson by saying BASMALLAH πŸ™‡...


Pada pembelajaran matematika hari ini kita akan mempelajari tentang statistika. mari simak pembahasan materi berikut ini.
 
A. Membaca dan Menafsirkan Data

Contoh Soal.
Di suatu kelas, terdapat 33 siswa yang mengikuti ujian matematika. Dari data yang diperoleh, nilai dari 33 siswa tersebut sebagai berikut:

70, 60, 75, 90, 65, 70, 90, 85, 85, 55, 65, 85, 80, 95, 100, 55, 50, 75, 85, 80, 60, 80, 70, 65, 75, 80, 90, 95, 85, 75, 70, 85, 100.
 
Mari kita sajikan nilai hasil ujian dari data di atas ke dalam bentuk tabel.
 
Sebelum kita buat kedalam bentuk tabel, apakah ananda sholih sholiha tahu apa itu tabel?
Tabel adalah daftar yang berisi sejumlah data/informasi yang biasanya berupa kata-kata maupun bilangan yang tersusun dengan garis pembatas. 
 
Nah, mari kita buat tabel dari contoh soal di atas. 

Daftar Tabel

Setelah membuat tabel nilai hasil ujian matematika, kemudian kita akan membaca dan menafsirkan data tersebut.
 
Membaca data dalam bentuk tabel adalah menyebutkan informasi yang hanya tertulis pada tabel
tersebut. Menafsir data dalam bentuk tabel adalah menemukan informasi lain mengenai data tersebut yang tidak tertulis pada tabel. Nah, mari kita belajar membaca data dan menafsirkan data berdasarkan contoh diatas.
 
Membaca data
•  Siswa yang mendapat nilai 50 ada 1 siswa
•  Siswa yang mendapat nilai 55 ada 2 siswa
•  Siswa yang mendapat nilai 60 ada 2 siswa
•  Siswa yang mendapat nilai 65 ada 3 siswa
•  Siswa yang mendapat nilai 70 ada 4 siswa
•  Siswa yang mendapat nilai 75 ada 4 siswa
•  Siswa yang mendapat nilai 80 ada 4 siswa
•  Siswa yang mendapat nilai 85 ada 6 siswa
•  Siswa yang mendapat nilai 90 ada 3 siswa
•  Siswa yang mendapat nilai 95 ada 2 siswa
•  Siswa yang mendapat nilai 100 ada 2 siswa
 
Menafsirkan data
• Nilai 85 merupakan nilai yang paling banyak diperoleh siswa.
• Nilai 50 merupakan nilai yang paling sedikit diperoleh siswa.
 
B. Penyajian Data dalam Diagram Batang
 
Terakhir, kita akan mempelajari bagaimana cara membuat diagram batang dari contoh soal diatas. mari perhatikan diagram batang berikut ini.
 

 

Kesimpulannya adalah Tabel merupakan daftar yang berisi sejumlah data/informasi yang biasanya berupa kata-kata maupun bilangan yang tersusun dengan garis pembatas. Tabel ini memudahkan kita dalam mendata, merapihkan dan membuat/mengaplikasikan diagram batang dari suatu data.
 
Jika ananda sholih sholiha belum paham, mari simak video pembelajaran di bawah ini.
 
Dont forget like and subscribe
 
TUGAS:
Diketahui nilai harian matematika Maimunah sebagai berikut:
60, 80, 75, 100, 100, 60, 70, 100, 90, 80,
75, 80, 100, 100, 100, 75, 60, 90, 80, 100,
90, 60, 100, 75, 80, 80, 100, 90, 100, 100.
Buatlah tabel, membaca dan menafsirkan data, serta sajikan dalam diagram batang.  
 

            SEE YOU ..... BYE....πŸ‘‹



selamat mengerjakan !!!πŸ˜ƒπŸ’ͺ 




Pengumpulan tugas:

1. Absen pagi pada kolom komentar Blogger Ibu YUYUN Indah

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di grup kelas 4 C

3. Mengirimkan dokumentasi hasil Tugas ke WhatsApp Ibu guru YUYUN

4. Pengiriman tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (jika lewat jam yang 

    ditentukan dapat japri Ibu YUYUN)

17 komentar:

  1. Assalamuallaikum Bu

    Alyssa syafira putri
    Hadir Bu yuyunπŸ€—

    Terimakasih πŸ™

    BalasHapus
  2. Assalamuallaikum bu Yuyun

    Dhirgham Tamam Fadila
    Hadir Bu

    Terima Kasih πŸ™

    BalasHapus
  3. Assalamaualaikum Bu
    Raihan Athaya Naufal Hade
    Hadir Bu

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Bu
    Dafa Zaidan Pratama
    Hadir Bu Yuyun πŸ™

    BalasHapus
  5. Muhammad Irzam Adriano Kholis hadir Bu πŸ™

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Zahwa Rafelia Rapon hadir bu

    BalasHapus
  7. Assalamualiakum bu..Syaqila hadir

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum.... Alfathi Jagaraga Wicaksono hadir bu.

    BalasHapus
  9. Rakha Naufal Kumara Arsa hadir bu

    BalasHapus
  10. assalamualaikum bu guru
    nama:muhammad hafiz eka laksana
    kelas:4c

    BalasHapus
  11. assalamualaikum bu guru
    nama: Ahmad Abrar Maheswara Idris
    kelas:4c

    Hadir Bu πŸ™

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum.....soni sanjaya hadir bu...

    BalasHapus

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template