Selasa, 26 April 2022

SELASA ,26 APRIL 2022



SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUMPUNG
GURU KELAS : YUYUN WIDYANINGSIH,SPd

 TEMA 9. Karyanya Negeriku
Muatan Pembelajaran :  IPA 3.5 dan 4.5 BI 3.3 dan 4.3 PKn 3.2 dan 4.2
SUBTEMA 2. Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia 

TUJUAN PENBELAJARAN :
1.   Dengan mengidentifikasi perilaku-perilaku orang-orang di sekitarnya, peserta didik dapat menunjukkan 
    pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian. 
2. Dengan mengamati, peserta didik dapat menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan 
   kewajiban dalam kehidupan sehari- hari dengan penuh kepedulian.
3. peserta didik dapat mengetahui bentuk-bentuk konsersi yang ada di daerah tempat tinggalnya 
   dengan penuh kepedulian.

 

Now, let's start our lesson by saying BASMALLAH 🙇...

 

kita akan melanjutkan pembelajaran kemarin, maka akan kita mulai dari kegiatan literasi.

 

 


Pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana. Sumber daya alam yang kita miliki harus dilestarikan. Kita tidak boleh memanfaatkan secara sembarangan. Jika sumber daya alam yang kita miliki habis atau rusak, kita terancam bencana. Lingkungan yang rusak dapat
mengancam kehidupan masyarakat. Misalnya jika laut tercemar, maka ikan juga akan tercemar, dan orang yang memakannya juga akan sakit. Menjaga kelestarian alam merupakan kewajiban kita, baik sebagai individu maupun masyarakat. Betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan
sumber daya alam yang ada di dalamnya. Sudah sepatutnya dalam bentuk kerja sama antaranggota masyarakat maupun dengan pemerintah diwujudkan. Bentuk-bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut.

 1. Kerja sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan

Anggota masyarakat merupakan unsur yang menikmati sumber daya alam sekaligus unsur yang merasakan langsung dampak jika
terjadi kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, setiap anggota masyarakat berkewajiban bahu - membahu dan bekerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Berikut upaya-upaya yang dapat dilakukan secara berkerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam di dalamnya :
a. Melaksanakan kerja bakti kebersihan secara rutin.
b. Saling mengingatkan jika ada yang merusak lingkungan. 

c. Melakukan kegiatan reboisasi di lingkungan sekitar tempat tinggal.
d. Mengelola sampah dengan baik.
                     

2. Kerja sama warga masyarakat dengan pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan

Kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah dapat dilaksanakan dengan penetapan dan pelaksanaan peraturan dan program-program lingkungan hidup.

a. Memberikan sanksi sepadan kepada perusak lingkungan.
b. Memberikan hadiah dan penghargaan kepada pribadi ataupun kota yang menjaga kelestarian         lingkungan seperti adipura dan kalpataru.
c. Membentuk LMDH atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan untuk mengontrol secara swadaya    kelestarian hutan.
d. Menyediakan tempat pembuangan sampah.

Jika masyarakat dan pemerintah telah melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan, maka manfaat dari lingkungan pun bisa kita dapatkan. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.
1. Hidup aman terhindar dari bencana alam.
2. Hasil alam yang melimpah.
3. Hidup nyaman karena lingkungan asri dan udara bersih.
4. Kebutuhan tercukupi dengan baik karena telah disediakan alam.
5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam.
6. Sumber daya alam yang terjaga dengan baik menjadi modal pembangunan.

Kerja bakti merupakan contoh kegiatan manusia yang selaras dengan lingkungan. Masyarakat melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan dengan menjaga kelestariannya, maka akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakatnya itu sendiri. Masyarakat akan terhindar dari bencana alam.

Dalam mengamati masyarakat, kita dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan tentang apakah masyarakat sudah melaksanakan kerja bakti di lingkungan rumah dengan melakukan wawancara. Pada pembelajaran sebelumnya, kalian sudah mempelajari bagaimana cara memulai wawancara dengan narasumber sebagai berikut: 

1. Membuat janji dan meminta kesediaan narasumber untuk melakukan wawancara. 

2. Tunjukkan kesan yang baik dengan datang tepat waktu. 

3. Berpakaian dan berpenampilan yang sopan. 

4. Berbicara dan bersikap santun. 

5. Menyiapkan daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok atau topik pembahasan. 

6. Pertanyaan yang baik harus mengandung 5W + 1H. 

7. Berlatih mengajukan pertanyaan agar tidak selalu membaca pertanyaan ketika melakukan wawancara.

 

Nah, setelah ananda sholih sholiha sudah membaca dan memahami dengan baik terkait upaya pelestarian sumber daya alam dengan melakukan kerja sama dan mendapatkan informasi melalui wawancara, ananda silahkan kerjakan mengerjakan soal PPKn dan Bahasa Indonesia berikut ini pada modul tematik halaman 88 dan 89!

 







selamat mengerjakan !!!😃💪 




Pengumpulan tugas:

1. Absen pagi pada kolom komentar Blogger Ibu guru yuyun

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di grup kelas 4 C

3. Mengirimkan dokumentasi hasil Tugas ke WhatsApp Ibu guru yuyun

4. Pengiriman tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (jika lewat jam yang 

    ditentukan dapat japri Ibu yuyun)







3 komentar:

  1. Assalamualikum bu
    Maiza thirfa
    (Izin)

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wr.wb
    Alyssa syafira putri
    Hadir Bu yuyun 🤗
    Terima kasih 🙏

    BalasHapus
  3. Muhammad Irzam Adriano Kholis hadir Bu guru 🙏

    BalasHapus

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template