Selasa, 26 September 2023

SELASA ,26 SEPTEMBER 2023(TEMATIK)

 

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS YUYUN WIDYANINGSIH ,S.Pd
Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.

TEMA 3 BENDA DISEKITARKU
SUBTEMA 1 ANEKA BENDA DISEKITARKU 
KELAS 3


HARI/TANGGAL       : SELASA, 26 SEPTEMBER 2023

Pembelajaran         : 3


Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membaca teks mengenai benda yang terbuat dari kertas, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks dengan tepat.

2.   Dengan mengamati benda-benda dari kertas, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang berbahan dasar dari kertas dengan tepat.

3.      Dengan mengiringi lagu, siswa dapat mempraktikkan pola irama lagu dengan tepukan yang tepat.

4.    Dengan mengamati alat ukur, siswa dapat mengidentifikasi satuan panjang yang ada di alat ukur tersebut dengan tepat.

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mengenal jenis, sifat fisik juga ciri dari benda dan kita juga mengenal benda - benda yang terbuat dari kayu maka hari ini kita akan mempelajari tentang benda - benda yang terbuat dari kertas.


Ayo Mengamati 


Banyak benda yang terbuat dari kertas.Seperti buku tulis yang biasa digunakan.contoh lain tisu,kardus, dan koran juga terbuat dari kertas.

Kayu adalah bahan dasar untuk membuat kertas. pembuatan kertas dilakukan secara bertahap di pabrik. Kayu kayu besardipotong hingga sebesar korek api. Setelah itu,kayu dipanaskan hingga menjadi bahan lunak seperti bubur. Bubur inilah yang disebut buburkartas atau pulp.

Peroses selanjutnya, ,pulp diberi pewarna dan disaring hingga kandungan air nyahabis.Pulp yang sudah kering meninggalkan ampas berupa serat selulosa yang saling terkait.Kemudian serat selulosa ini digiling hingga pipih menjadi seukuran kertas yang diinginkan.

Cobalah kamu menulis diatas kaca.Apakah hasil tulisan mu di atas kaca seperti di kertas ?kertas memiliki sipat dapat menyerap air . Kertas dapat menyerap tintah pulpen dengan baik.Dengan demikian 'semua yang kamu tulis dikertas dapat dibaca dengan jelas.




Kertas dapat digunakan untuk menulis.Apakah kertas juga dapat digunakan untuk membuat alat musik? ternyata" tidak dapat .mengapa? 

karena" alat musik sebagian besar terbuat dari kayu berpadu dengan kulit hewan .Contoh nya antara lain gendang . Cara memainkannya dengan dipukul.Kamu dapat bernyanyi diiringi gendang atau dengan bertepuk tangan. 

Bahan dasar kertas adalah kayu. kayu berasal dari pohon. Perhatikan pohon pohon yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kerta" perhatikan gambar di bawah ini 


pohon manakah yang paling tinggi  ? Bagaiamana caramu mengukur tinggi suatu pohon ?

Tinggi badanmu pasti berbeda dengan temanmu . Apakah semua panjang atau tinggi benda dapat diukur dengan  alat ukur yang sama ?

Alat ukur panjang benda bermacam macam . Kamu sudah mengenal beragam alat ukur pada pembelajaran sebelumnya.

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

Tugasmu!

Isilah jenis alat ukur yang sesuai dengan bagian yang di ukur dengan tepat. 

Dengan pilihan; Meteran Rol, Meteran Saku dan Meteran Pita 


NO

Bagian Yang Di Ukur

Jenis Alat Ukur Yang Digunakan

1.

Tinggi Badanmu

….

2.

Panjang Lingkar Pinggang

….

3.

Panjang meja kelas

4.

Lebar papan tulis di kelasmu

Meteran Saku

5.

Panjang halaman Sekolah

….




0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template