Jumat, 03 November 2023

JUMAT 3 NOVEMBER 2023 (TEMATIK)


SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd

Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 

Hari/Tanggal : JUMAT, 03 Oktober 2023

Tema/ Sub Tema : 3/4

Pembelajaran : 3 dan 4

Siswa dapat bercerita tentang langkah mengurangi pemanasan global dengan percaya diri.

1. Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan yang terkait dengan waktu dengan benar.

2. Siswa dapat menggunakan bermaca teknik melipat kain.

3. Siswa dapat menemukan kata/ istilah khusus yang terkait perubahan wujud mengembun dengan benar.

4. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu disekolah.

Jika kemarin kita telah mempelajari tentang proses pembuatan garam menggunakan berbagai perubahan wujud benda yaitu menguap, membeku juga mengkristal. Tahukah kamu ada peristiwa alam yang berkaitan dengan perubahan wujud benda seperti pemanasan global.


Kekuasaan Tuhan sangat luar biasa. Tahukah kamu posisi matahari yang sangat ideal dengan bumi?

Posisi ini mengakibatkan bumi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Panas matahari tidak membuat semua air menguap. Masih cukup air di muka bumi ini setiap harinya.

Setiap hari kita membutuhkan sinar matahari untuk mengeringkan baju setelah dicuci. Pernahkah kamu membantu ibu menjemur pakaian? Atau membantu melipat setelah kering?

Embun juga merupakan peristiwa perubahan wujud di alam. Embun terjadi karena di pagi hari udara lebih dingin. Oleh karena itu, uap air (berwujud gas) di udara berubah menjadi partikel air (wujud cair). Perubahan wujud dari gas menjadi cair disebut mengembun.

Setiap pukul 06.00 pagi, kala embun masih membasahi dedaunan, bapak penjaga SD Nusantara sudah sampai di sekolah. SD Nusantara adalah tempat di mana Siti dan teman-teman belajar. Tugas penjaga sekolah adalah menjaga kebersihan sekolah. Seperti membersihkan halaman sekolah. Agar halaman bersih dan siap digunakan siswa untuk belajar. Apakah menjaga kebersihan hanya tugas penjaga sekolah? Tentu saja tidak. Semua warga sekolah bertanggung jawab terhadap kebersihan. Semua warga sekolah harus bersatu menjaga kebersihan.

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

Latihan Soal!

1.         Tuliskan langkah – langkah apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi laju pemanasan global?

2.         Hitunglah dengan menambahkan waktu di bawah ini

3.         Hitunglah dengan mengurangkan waktu di bawah ini



4.         Tuliskan gambaran embun menurut lagu yang ada pada materi di atas!

5.         Tuliskan contoh yang menunjukkan kegiatan persatuan di Sekolah!


0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template