Rabu, 12 Agustus 2020

Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan subtema 4 Pembelajaran 2 dan 3

Pembelajaran 2

Tujuan Pembelajaran:

·         Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan biji dan tunas dengan tepat.

·         Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar..

·         Setelah mengamati contoh, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam bentuk permainan lompat bambu dengan benar.

 

Materi Pembelajaran

·         Mengidentifikasi tumbuhan yang berkembang biak dengan biji.

·         Menuliskan tahapan pertumbuhan tanaman yang berkembang biak dengan biji.

·         Bermain lompat bambu.

Memahami pentingnya bekerjasama. 

Ayo Mengamati!


Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Tunas Selain dengan biji, tumbuhan berkembang biak dengan tunas. Tunas adalah anakan yang tumbuh di dekat tumbuhan induknya. Ada juga tunas yang tumbuh di daun induk, contohnya tanaman cocor bebek. Salah satu contoh tumbuhan yang bertunas adalah pisang dan cocor bebek

Tunas pisang tumbuh dari batang yang ada di dalam tanah. Tunas pisang tumbuh menjadi tumbuhan baru di sekitar induknya. Tumbuhan cocor bebek berkembang biak dengan tunas daun. Tunas cocor bebek tumbuh di tepi daun. Gambar tersebut adalah gambar pohon bambu, cocor bebek, dan pohon pisang.

Pohon bambu juga berkembang biak dengan tunas. Anakan pohon bambu akan tumbuh di dekat tumbuhan induknya. Batang pohon bambu banyak manfaatnya. Salah satu manfaatnya digunakan untuk bermain.

Ayo Mencoba!


Pembelajaran 3

Tujuan Pembelajaran:

·         Setelah membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan berbunga dengan tepat.

·      Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi macam-macam teknik potong dalam suatu karya keterampilan (merobek dan menggunting) dengan benar.

·       Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil bagi dua bilangan cacah tanpa sisa dengan benar.

 

Materi Pembelajaran

·         Mendeskripsikan salah satu bunga.

·         Menghias gambar bunga dengan potongan kertas yang dipotong-potong.

·         Menyelesaikan soal pembagian.

Ayo Menulis !

Mawar lebih dikenal sebagai bunga negara Inggris. Indonesia memiliki tiga bunga nasional. Sebutan lain untuk bunga di Indonesia adalah puspa. Bunga melati putih disebut dengan puspa bangsa. Bunga anggrek bulan disebut dengan puspa pesona. Bunga raflesia arnoldi disebut dengan puspa langka.

Amati gambar-gambar bunga di depan.

 Pilihlah salah satu bunga, lalu tuliskan ciri-ciri bunga tersebut!

 Penjelasan meliputi bentuk, warna, dan ciri khas lain yang bisa menggambarkan bunga tersebut. ......................................................................................

Latihan Soal Berkreasi

Bunga yang berwarna-warni dapat menjadi ide dalam membuat karya. Masih ingatkah kamu dengan kerajinan mozaik? Warnai gambar bunga di bawah ini menggunakan kertas warna yang dipotong-potong. Kertas potong dapat diperoleh dengan menyobek atau menggunting.


Untuk menonton video dapat kalian klik ling  di bawah ini, selamat menonton!!!

video pembelajaran 2


16 komentar:

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template