Rabu, 05 Agustus 2020

Tema 1 subtema 3 Pembelajaran 3

Pembelajaran 3

Tujuan Pembelajaran:

·         Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi dan menggunakan garis dan warna sebagai unsur karya dekoratif dengan benar.

·         Setelah mengamati teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan ikan dengan tepa

·     Setelah mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.

 

Materi Pembelajaran

·         Menghias gambar dekoratif ikan dengan menggunakan garis.

·         Mengidentifikasi dan menuliskan jenis ikan dan ciri-cirinya.

·         Menyelesaikan soal perkalian.

 

Ayo Berkreasi



 

 

Ayo Menulis

Ikan berkembang biak dengan cara bertelur. Ikan dapat bertelur sampai ribuan dalam sekali waktu. Telur menetas menjadi larva. Larva tumbuh menjadi ikan kecil. Kemudian, ikan kecil menjadi ikan dewasa. Ikan mengalami pertumbuhan. Ikan bernapas dengan insang. Ikan bergerak dengan cara berenang menggunakan sirip.

 Ada berbagai macam jenis ikan. Cobalah mencari tahu jenis-jenis ikan! Apakah semua ikan memiliki ciri-ciri yang sama? Carilah minimal 5 informasi dengan cara bertanya pada teman atau guru. Kamu juga dapat mencari informasi dari buku yang ada di perpustakaan. Kamu dapat mengerjakan tugas ini dengan cara berkelompok atau mandiri.

 

 

Ayo Berlatih

Ada jenis ikan yang untuk dimakan. Ada juga jenis ikan untuk hiasan. Ikan hias biasanya disimpan dalam akuarium. Banyak orang yang menjual macam-macam ikan hias.

Mari mencoba berlatih menghitung jumlah ikan hias yang dihasilkan oleh sebuah peternakan. Contoh Sebuah peternakan ikan hias dapat menghasilkan 120 ekor dalam waktu satu bulan. Berapa banyak ikan hias yang dihasilkan peternakan tersebut dalam waktu dua bulan?

Jawaban:

Masih ingatkah perkalian yang sudah kamu pelajari sebelumnya?

Peternakan menghasilkan 120 ekor ikan hias dalam waktu satu bulan.

Dalam waktu dua bulan banyak ikan hias yang dihasilkan adalah 120 + 120 = 240 ekor.

Dalam perkalian ditulis 2 × 120 = 240 Berlaku sifat pertukaran 2 × 120 = 120 × 2 120 = 100 + 20 Kalikan masing-masing bilangan dengan 2, lalu jumlahkan.

 2 × 100 = 200

 2 × 20 =    40    +

         =   240

 

Media/Alat Peraga

Buku Tema kelas 1

Gambar berbagai jenis ikan.

Contoh gambar dekoratif yang ada, misalnya gambar hewan

Selamat menonton dan selalu semangat belajar.



14 komentar:

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template