Jumat, 05 Maret 2021

Jum,at , 05 Maret 2021 ( Tema 7 Perkembangan Teknologi )

Bahan Ajar Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 

Hari/Tanggal        : Jum,at , 5 Maret 2021

Kelas                    : 3 A

Tema                    : 7 (Perkembangan Teknologi)

Subtema               : 1 ( Perkembangan Teknologi Produksi Pangan )

Pembelajaran        :  6

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar : 

B.Indonesia 3.6, Matematika 3.8, PPKN 3.3 

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengidentifikasi dan menjelaskan manfaat dari teknologi pangan dengan tepat.
2. Siswa dapat menemukan dan menjelaskan volume suatu benda dengan satuan tidak baku.
3. Siswa dapat menuliskan kembali hal yang perlu ditiru (dampak positif) dan hal yang harus dihindari (dampak negatif) dari keberagaman karakteristik individu dengan tepat. 


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Pembahasan soal latihan hari Kamis bisa dicek kembali jawaban yang tepatnya ya nak 💪

Gambar 1 : pakaian adat dari DKI Jakarta

Gambar 2 : pakaian adat dari Sumatra Barat

Gambar 3 : pakaian adat dari Sumatra Utara

Gambar 4 : pakaian adat dari Banda Aceh

Baiklah yuk kita melanjutkan materi pembelajaran yang terakhir, semangat 💪

Ayo Membaca

Siti, Dayu, Lani, Udin, Beni, dan Edo ingin belajar membuat tempe. Di sekitar tempat tinggal mereka, nada tempat pengolahan tempe. Sebelumnya mereka telah membaca beberapa informasi tentang pembuatan tempe.

Bacalah teks bacaan berikut!

Cara Membuat Tempe Kedelai merupakan hasil perkebunan yang memiliki banyak manfaat. Tempe adalah salah satu hasil teknologi pangan dari  kedelai. Cara membuatnya  cukup mudah. Kacang kedelai digunakan untuk membuat tempe. Selain itu, ditambahkan ragi tempe serta daun pisang. Pertama, kacang kedelai dicuci hingga bersih. Kemudian, direndam selama 12 sampai 18  jam.

   

Kacang kedelai digunakan untuk membuat tempe. Selain itu, ditambahkan ragi tempe serta daun pisang. Pertama, kacang kedelai dicuci hingga bersih. Kemudian, direndam selama 12 sampai 18 jam.  

Kacang kedelai dicuci hingga kulitnya terlepas. Lalu, kacang kedelai dikukus atau direbus hingga empuk. Kacang kedelai yang sudah empuk diangkat dan ditiriskan. Ragi tempe dapat ditaburkan jika suhunya telah berubah menjadi hangat.

Kacang kedelai dapat dikonsumsi dalam bentuk yang baru yaitu tempe, melalui teknologi pangan. Teknologi pangan bermanfaat agar kedelai dapat dinikmati sebagai jenis makanan baru. Zat gizi pada tempe dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak.

Melengkapi kalimat 

Tempe merupakan salah satu makanan yang diolah melalui Teknologi pangan. Bahan utamanya adalah kacang Kedelai dan ragi tempe. Ragi tempe berguna dalam Proses perubahan dari kacang kedelai menjadi tempe. Ragi tempe ditaburkan di atas kacang kedelai saat Suhu kacang kedelai rebus telah turun menjadi hangat. Setelah satu atau dua hari,  kedelai akan berubah menjadi tempe. Komsumsi tempe  akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

Ayo Mengamati 

Siti, Dayu, Lani, Udin, Edo, dan Beni ikut serta membuat tempe.  Mereka bekerja sama menyiapkan proses pembuatan tempe. Udin dan Edo menyiapkan kompor dan panci. Dayu mencuci kacang kedelai dibantu oleh Lani. Siti dan Beni bertugas merebus kacang kedelai. Siti harus mengisi panci dengan air. Panci yang tersedia berukuran besar. Gelas untuk menuang air berukuran kecil. Siti menghitung banyaknya gelas berisi air agar panci terisi sampai penuh.

Ayo Berdiskusi

Bacalah teks bacaan berikut!

Setelah membuat tempe, Siti dan teman-teman akan mengolah tempe yang sudah jadi. Mereka membayangkan menu masakan yang akan dibuat dari tempe. 
Siti ingin membuat tempe balado karena Siti suka pedas. Edo ingin membuat semur tempe karena Edo suka rasa manis. Lani ingin membuat tempe  asam manis karena Lani suka rasa asam dari saus tomat. Beni, Dayu, dan Udin, lebih suka tempe yang digoreng. Rasanya asin dan gurih.
Siti memaksa ingin membuat tempe balado. Demikian pula, Edo tetap bertahan ingin membuat semur tempe. Karena tidak ada yang mau mengalah, hampir saja tempe tidak jadi diolah. 
Keinginan setiap orang berbeda-beda. Jika setiap orang memaksakan kehendak, akan terjadi pertengkaran. 
Akhirnya, Siti dan kawan-kawan berdiskusi untuk menentukan jenis masakan yang akan dibuat. Siti tidak ingin memaksakan kehendak. Siti paham bahwa tidak semua orang suka pedas. Siti memiliki tenggang rasa terhadap teman-temannya. Begitu pula Edo dan Lani, mereka tidak memaksakan keinginan pribadi. Dari hasil diskusi, semua sepakat untuk membuat tempe mendoan.  
Perbedaan sifat dan kebiasaan dapat menimbulkan pertengkaran jika tidak ada yang mau mengalah. Sikap itu tentu saja tidak baik. Perbedaan sifat dan kebiasaan tidak akan menjadi masalah, jika bertoleransi terhadap sifat dan kebiasaan orang lain. 
Tenggang rasa adalah sikap mau memahami keadaan orang lain.

Kata kunci

Sikap yang perlu ditiru memberikan akibat yang positif atau baik.
Sikap yang harus dihindari adalah sikap yang dapat memberikan akibat negatif atau tidak baik.


Amati hasil diskusi mengenai berbagai akibat dari adanya perbedaan sifat dan kebiasaan pada setiap orang! Seperti di bawah ini. 

 Muncul sikap tenggang rasa

 Berbeda pendapat

 Perang antar suku bangsa

 Memahami perasaan orang lain

 Saling melengkapi satu sama lain

 Memicu pertengkaran

 Menghargai perbedaan

 Memaksakan kehendak

 Memperkaya wawasan

 Tidak mau bersatu

Tugasmu !

Kamu sudah mengamati dan berdiskusi mengenai berbagai akibat dari adanya perbedaan sifat dan kebiasaan pada setiap orang. 
Sekarang yuk anak-anak tuliskan kembali sikap yang perlu ditiru dan dihindari jika terdapat perbedaan pada tabel di bawah ini. 
Tuliskan 5 akibat dari adanya perbedaan pada teks di atas ya!

Contoh :

NO

Perlu Ditiru

Perlu Dihindari

      1.

Muncul sikap tenggang rasa

Perang antar suku bangsa

 

      2. 

 

 

      3. 

 

 

      4. 

 

 

      5. 

 

 



Kerjakan dari nomor 2 sampai 5 ya nak 


Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan tugas latihan tematik (Chat Pribadi )
3. Absen pagi pada kolom komentar anak-anak  yang  hebat 👍
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

19 komentar:

  1. Rania Azariandini Rahmadiono hadir bu yuyun

    BalasHapus
  2. Maiza thirfa ( hadir ) bu

    BalasHapus
  3. Raihan Athaya Naufal Hade,hadir Bu

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum
    Alyssa syafira putri
    Hadir Bu yuyun🤗

    BalasHapus
  5. Assalammualaikum, Arsa Hadziq Haqiqi hafir bu

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Bu Dafa Zaidan Pratama hadir Bu Yuyun

    BalasHapus
  7. Nadia azzahra hadir bu

    BalasHapus
  8. Reinefal Azmiarta Araga
    Hadir Bu

    BalasHapus

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template