Selasa, 02 Maret 2021

Selasa, 02 Maret 2021 (Perkembangan Teknologi )



Bahan Ajar Tema 7 Subtema 1 

Hari/Tanggal        : Selasa, 2 Maret 2021

Kelas                    : 3 A

Tema                    : 7 (Perkembangan Teknologi)

Subtema               : 1 ( Perkembangan Teknologi Produksi Pangan )

Pembelajaran        :  1 

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar : 

B. Indonesia 3.6 Mencari isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di lingkungan setempat.

SBdP 3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu

MTK 3.8 Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.  

Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat memahami isi dari teks tersebut dengan tepat.
2. Dengan mendengarkan lagu “Rotiku”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu, memahami perbedaannya serta menunjukkan variasi pola irama lagu dengan tepat dan percaya diri.
3. Dengan mengamati, siswa dapat menemukan luas suatu daerah sertamenjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.


Assalamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Pembahasan soal Penilaian Harian Tema 6 Subtema 4 bisa dicek kembali jawaban yang tepatnya.. 

PENILAIAN HARIAN TEMA 6 SUBTEMA 4

PPKN: KD 3.2

1. Menjaga energi yang tersedia di alam merupakan ... setiap manusia.

a. tantangan                                                     c. hak

b. pilihan                                                         d. kewajiban

2. Perhatikan gambar di bawah ini. Hak kita adalah mendapatkan air bersih. Kewajiban yang harus kita lakukan adalah ...

a. menghamburkan air sesuka hati                  c. menggunakan air dengan bijak

b. menggunakan air sepuasnya                        d. bermain-main dengan air

B.Indo KD 3.2

3. Menjaga kesediaan energi dapat dilakukan dengan cara ... penggunaan energi

a. pemborosan                                                 c. pembuangan

b. penghematan                                             d. pengumpulan

4. Berikut ini adalah contoh penghematan energi, kecuali ...

a. menggunakan transportasi umum

b. mematika lampu pada siang hari

c. mengurangi penggunaan kendaraan bermotor

d. menggunakan kipas angin dan AC secara bersamaan

Matematika KD 3.6

5. Perhatikan gambar berikut ini. Luas kipas Beni adalah ... persegi satuan.

a. 9                                          c. 11               

b. 10                                        d. 12

6. Hitunglah perkirakan luas pada gambar berikut ini ! Luas ... persegi satuan

a. 30                                        c. 20               

b. 25                                        d. 15

7. Perhatikan gambar di bawah ini. Luas bagian yang akan ditanami Udin adalah... persegi satuan.

a. 8                                                      c. 10

b. 9                                                      d. 11

8. Perhatikan gambar berikut. Luas bagian yang berwarna adalah ... persegi satuan.

a. 11                                                    c. 13

b. 12                                                    d. 14

SBdP KD 3.1

9. Berikut ini bahan utama dalam membuat kincir angin adalah ...

a. kertas origami/warna warni         c. gunting

b. tali raffia                                         d. penggaris

10. Memotong, melipat, menempel merupakan ... membuat karya kerajinan tangan.

a. hasil                                                 c. tujuan

b. manfaat                                           d. cara-cara

Yuk kita lanjut materi pembelajaran hari ini, semangat belajar 💪  

Perkembangan Teknologi Produksi Pangan 

Lihatlah tempat tinggalku! Udaranya sejuk, tanahnya subur. Dikelilingi sawah dan kebun. Tempat hewan ternak bermain dan berkumpul. Inilah tempat tinggalku. Kaya hasil kebun dan sayur mayur. Berlimpah susu, daging, dan telur.



Terampilnya warga tempat tinggalku. Bekerja sama mengolah hasil alam. Menggunakan teknologi yang telah maju. Menghasilkan sumber pangan yang beragam. 
Mari, kita pelajari macam-macam pengolahan pangan agar menjadi manfaat bagi sesama!


Beni, Edo, Siti, dan Dayu berkumpul di teras rumah. Ibu Dayu menyediakan roti. Roti adalah makanan yang terbuat dari tepung. Dayu dan teman-teman menikmati roti buatan Ibu Dayu. Dayu teringat sebuah lagu tentang roti. Dayu menyanyikannya di depan teman-teman. Lagu  tersebut berjudul “Rotiku”.


untuk lagu lebih jelas anada bisa mendengarkan syair lagu Rotiku beriku ini :

Pola Irama Suatu Lagu

Lagu “Rotiku” memiliki pola irama yang berbeda. Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu. Pola irama muncul secara berulang-ulang  dan teratur dalam sebuah lagu. Nyanyikanlah lagu “Rotiku”! Kamu akan mendengar pola irama yang berbeda pada setiap bait lagu. Warna yang berbeda pada setiap lirik lagu, menunjukkan pola irama yang berbeda.


Ayo Membaca

Siti menunjukkan sebuah teks bacaan. Isinya tentang teknologi pangan. Tahukah kamu apa arti
teknologi pangan?
Ayo, kita baca teks bacaan yang ditunjukkan oleh Siti!

Teknologi Pangan

Alam Indonesia sungguh kaya. Kacang kedelai, jagung, dan kelapa adalah hasil pertanian. Telur, daging, dan susu adalah hasil peternakan. Semua itu adalah sumber pangan kita. Pangan artinya makanan. Alam Indonesia menyediakan sumber pangan kita.

Hasil panen dan ternak yang melimpah memberi makanan yang cukup bagi kita. Akan tetapi, hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama. Makanan itu dapat membusuk. Makanan busuk harus dibuang. Hasil panen harus diolah agar tidak cepat membusuk.

Mengolah hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan adalah penggunaan ilmu pengetahuan untuk mengolah pangan. Teknologi pangan dapat menghasilkan makanan baru. Teknologi pangan menjaga agar makanan tidak cepat membusuk.

Hasil panen berlimpah dapat diolah menjadi makanan baru. Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu, tempe, dan kecap. Susu sapi dapat diolah menjadi mentega, susu bubuk, dan keju. Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama. Teknologi pangan sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Ayo Mengamati

Ibu Edo sedang membuat tahu. Edo mengajak teman-teman  untuk melihatnya. Semua tertarik dan ingin belajar membuat tahu.

Cara membuat tahu cukup mudah. Pertama, ibu menghaluskan dan merebus kedelai. Hasil rebusan disaring hingga tak  ada ampas. Kemudian, hasil rebusan dimasak  lagi hingga menjadi susu kedelai. Setelah diberi cuka dan didinginkan, adonan tahu siap dicetak.



 




Banyak tahu yang menutupi permukaan kain A ada 8.

Permukaan kain B ditutupi oleh 16 tahu berbentuk persegi.

Berapakah luas dari kain A dan kain B?

Maka, luas kain A adalah 8 satuan persegi dan luas kain B adalah 16 satuan persegi.

Ayo Berlatih

Amati gambar-gambar di bawah ini.

Hitunglah luas dari setiap gambar berikut.

Luas bidang A adalah 7 satuan

Luas bidang B adalah 10 satuan

Luas bidang C adalah  satuan

Luas bidang D adalah 7 satuan

Luas yang paling kecil adalah bidang C

Luas yang paling besar adalah bidang B

Bidang  dan  pada gambar memiliki luas yang sama.


Tugasmu!

Kamu sudah mempelajari dan membaca teks tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Sekarang Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks “Teknologi Pangan” di atas!

1. Apa arti dari pangan?

2. Apakah hasil panen pertanian dan peternakan dapat bertahan lama?

3. Bagaimana cara mengolah hasil panen?

4. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?

5. Apa manfaat dari teknologi pangan?

 

Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan soal  (Chat pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar anak-anak  yang  hebat 👍
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

21 komentar:

  1. Assalamu'alaikum
    Alyssa syafira putri
    Hadir Bu yuyun🤗

    BalasHapus
  2. Rifat Fadhil Al-Azzam hadir bu Yuyun

    BalasHapus
  3. Raihan Athaya Naufal Hade,hadir bu Yuyun

    BalasHapus
  4. Raihan Athaya Naufal Hade,hadir bu Yuyun

    BalasHapus
  5. Rania Azariandini Rahmadiono,hadir bu yuyun

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Bu Dafa Zaidan Pratama hadir Bu Yuyun

    BalasHapus
  7. Assalammualaikum
    Arsa Hadziq Haqiqi, hadir bu

    BalasHapus
  8. Nadia Azzahra achmad hadir bu

    BalasHapus
  9. Fatimah Zahira Alviansa hadir bu

    BalasHapus

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template