Jumat, 10 Maret 2023

JUM"AT , 10 MARET 2023 ( MATEMATIKA )

 



MUATAN  MATEMATIKA  IV.C

GURU KELAS : YUYUN WIDYANINGSIH, S.Pd.


Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 

PENDALAMAN MATERI

Tujuan pembelajaran : 

  • Peserta didik mampu menghitung luas bangun datar gabungan


LUAS BANGUN DATAR GABUNGAN

Contoh Soal 1:

Tentukan luas bangun gabungan di bawah ini!
Penyelesaian:
Bangun tersebut terdiri dari gabungan persegi dan persegi panjang. 
Maka untuk menghitung luasnya adalah sebagai berikut:
Luas persegi = s x s = 10 x 10 = 100 cm²
Luas persegi panjang = p x l = 25 x 12 = 300 cm²
Luas bangun gabungan = 100 + 300 = 400 cm²

Contoh Soal 2:
2. Pak Sudiro mempunyai ruko berbentuk gabungan bangun persegi panjang dengan panjang sisi yang berbeda-beda. Berikut ini gambar ilustrasi ruko Pak Sudiro, tentukanlah luas gabungannya!
Penyelesaian:
a) Luas ruko A = p × ℓ
L A = 5,5 m × 4 m = 22 m²
b) Luas ruko B = p × ℓ
L B = 4,5 m × 3 m = 13,5 m²
c) Luas ruko C = p × ℓ
L C = 3,5 m × 2 m = 7 m²

Luas gabungan bangun didapatkan dengan cara menjumlahkan luas ruko A, B, dan C. 

Luas gabungan = LA + LB + LC
Luas gabungan = 22 + 13,5 + 7 
Luas gabungan = 42,5 m²
Jadi, luas ruko Pak Sudiro adalah 42,5 m²


PENDALAMAN MATERI

Tujuan pembelajaran : 

  • Peserta didik mampu menghitung keliling bangun datar gabungan


KELILING BANGUN DATAR GABUNGAN

A. Segitiga

B. Persegi

C. Persegi Panjang

Contoh soal 1 :

Keliling bangun datar disamping yaitu :

K = AB+BC+CD+DA

   = 5m + 8m + 9m + 12m

   = 34m




Contoh Soal 2:

Tentukan keliling bangun gabungan di bawah ini!
Penyelesaian:
Keliling = sisi I + sisi II + sisi III + sisi IV + sisi V + sisi VI
Keliling = (12 + 10) + 10 + 10 + (25 – 10) + 12 + 25
Keliling = 22 + 10 + 10 + 15 + 12 + 25
Keliling = 94 cm.

Simak video berikut ini!


PENGOLAHAN DATA

Data merupakan catatan informasi yang diperoleh berdasarkan fakta. Data dapat dikumpulkan dengan cara berikut :

  1. Wawancara dengan narasumber
  2. Membuat dan menyebarkan kuesioner untuk diisi oleh narasumber
  3. Mengumpulkan data dari sumber data yang sudah ada

Contoh kegiatan pengumpulan data :

Nina mengumpulkan data warna kesuakaan dari lima orang temannya dengan cara bertanya langsung. Berikut data yang diperoleh Nina:

> Warna kesukaan Deli : hijau

> Warna kesukaan Lani : merah

> Warna kesukaan Made : biru

> Warna kesukaan Joni : hitam

> Warna kesukaan Toni : kuning


A. DATA DALAM BENTUK TABEL

MEMBACA DATA

Tabel merupakan daftar yang berisi suatu data atau informasi yang disusun dalam bentuk baris dan kolom. Data yang disajikan dalam bentuk tabel dapat mempermudah kita dalam membaca dan menafsirkan data tersebut. 

Contoh :

Tabel berikut menyajikan data berat badan balita yang ditimbang di Posyandu Mawar

Berikut cara membaca data dalam tabel tersebut :

1. Banyak balita yang berat badannya 10 kg ada 12 anak

2. Banyak balita yang berat badannya 11 kg ada 18 anak

3. Banyak balita yang berat badannya 12 kg ada 16 anak

4. Banyak balita yang berat badannya 13 kg ada 20 anak

5. Banyak balita yang berat badannya 14 kg ada 10 anak

6. Banyak balita yang berat badannya 15 kg ada 15 anak


MENYAJIKAN DATA

Langkah-langkah menyajikan data dalam bentuk tabel adalah sebagai berikut :

 Kelompokkan data secara berurutan

 Hitunglah banyak setiap data yang sama

 Tuliskan setiap kelompok data beserta banyaknya dalam tabel


Contoh :

Berikut data nomor sepatu 20 siswa kelas IV SD Mandiri. 36 36 34 35 35 31 34 38 33 33 32 34 37 36 34 35 37 36 38 33

Sajikan data nomor sepatu tersebut dalam bentuk tabel!

Penyelesaian :

Kelompokkan dan hitunglah banyak setiap nomor sepatu pada data tersebut dari yang terkecil secara berurutan. 

 Nomor sepatu 31 ada 1

 Nomor sepatu 32 ada 1

 Nomor sepatu 33 ada 3

 Nomor sepatu 34 ada 4

 Nomor sepatu 35 ada 3

 Nomor sepatu 36 ada 4

 Nomor sepatu 37 ada 2

 Nomor sepatu 38 ada 2

Tulisakan data yang telah dikelompokkan tersebut dalam bentuk tabel seperti berikut.


B. DATA DALAM BENTUK DIAGRAM BATANG

MEMBACA DATA

Selain dalam bentuk tabel, data juga dapat disajikan dalam bentuk diagram batang. Pada diagram batang, banyak data diwakili oleh gambar persegi panjang. Perhatikan cara membaca data dalam bentuk diagram batang di bawah ini.

Berikut cara membaca data dalam diagram batang tersebut. 

 Banyak siswa yang memelihara kucing ada 12 orang

 Banyak siswa yang memelihara kelinci ada 6 orang

 Banyak siswa yang memelihara burung ada 8 orang

 Banyak siswa yang memelihara ikan ada 5 orang

 Banyak siswa yang memelihara ayam ada 7 oran


MENYAJIKAN DATA

Langkah-langkah menyajikan data dalam bentuk diagram batang adalah sebagai berikut :

 Buatlah dua garis yang saling tegak lurus

 Tuliskan jenis data pada garis mendatar

 Tuliskan bilangan-bilangan untuk menyatakan banyak setiap jenis data pada garis tegak

 Gambarlah batang dalam kurung persegi panjang di setiap jenis data dengan tinggi sesuai banyak data Hewan Peliharaan


Data yang diberikan tidak selalu dalam bentuk tabel. Untuk mempermudah membuat diagram batangnya, sajikan dalam bentuk tabel terlebih dahulu. 

Contoh :

Berikut data nilai ulangan matematika siswa kelas IV.






SEMANGAT!!!
SEHAT SLALU UNTUK KITA SEMUA

0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template