Kamis, 22 Februari 2024

KAMIS, 22 FEBRUARI 2024(TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS YUYUN WIDYANINGSIH,S.Pd

SUBTEMA 2 PERUBAHAN ENERGI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Tema 6                                   : Energi dan Perubahannya

Subtema 2                              : Perubahan Energi

Pembelajaran                         4

Tujuan Pembelajaran           :

1.      Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan kosakata/istilah yang terkait dengan perubahan energi dengan tepat

2.      Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat.

3.      Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi kewajiban yang terkait dengan penggunaan energi.

4.      Dengan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuanwaktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.




Ayo Berlatih!

Coba kerjakan soal berikut di buku latihan tema ya nak!


Ayo Berlatih

Selain olahraga secara rutin kalian harus makan dan minum yang bergizi. Gizi yang terkandung di dalam makanan membuat tubuhmu sehat dan berenergi. Ketika tubuhmu sehat tidak akan merasa lemas atau lemah. Tubuh yang sehat mampu melakukan kegiatan yang bermanfaat. 

Makanan yang baik untuk kesehatan tubuh adalah buah-buahan. Orang yang berjasa dalam menyediakan buah-buahan adalah para petani. 

 

Para petani bekerja keras mengeluarkan energi agar buahbuahan yang ditanam berbuah  lebat. Tanaman tersebut dirawat danm diberi pupuk. Dengan  demikian, tanaman tumbuh subur.

Tanaman membutuhkan waktu lama hingga buahnya siap dipanen. Setelah panen, petani akan mengangkut dan menjualnya ke pasar. Semua kegiatan petani membutuhkan energi. Oleh karena itu, kalian wajib menghargai energi yang sudah dikeluarkan petani. 

Coba, sekarang pikirkan baju yang dipakai. Mulai dari menanam pohon kapasnya sampai menjadi baju. Perhatikan gambar proses pembuatan baju berikut!

Coba Jawab pertanyaan berikut juga ya nak sebagai tugas!

1.        Energi apa sajakah yang dikeluarkan untuk menghasilkan selembar kain?

2.        Apa kewajiban yang harus dilakukan terhadap pakaian yang kita miliki?









 

0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template