Senin, 05 Februari 2024

SENIN.05 FEBRUARI 2024( TEMATIK)



SUBTEMA 4 CUACA, MUSIM DAN IKLIM

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

 Tema 5            : Cuaca


Subtema 4       : Cuaca, Musim dan Iklim

Pembelajaran : 3 dan 4

Tujuan Pembelajaran :

1.        Dengan berdiskusi, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi tentang hubungan cuaca, musim, dan iklim menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan jelas.

2.        Dengan benda konkret, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar.

3.        Dengan praktek langsung, mengidentifikasi teknik sambung dalam suatu karya (menempel dan menjahit) dengan tepat.

4.        Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan dan mengampanyekan manfaat sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan lengkap dan benar.


Cuaca cerah di pagi hari kini berubah menjadi cuaca berawan. Lani dan teman-teman berjanji akan kembali ke rumah Edo nanti sore. Mereka akan melanjutkan membuat karya 3 dimensi.

Sore hari yang dinanti pun tiba. Lani, Siti, Dayu, Beni, dan Udin telah tiba di rumah Edo. Mereka kembali berkumpul di ruang keluarga. Edo sudah menyiapkan kain lagi untuk digunting dan dipotong.

Mula-mula Edo menggunting kain berbentuk persegi panjang dan membaginya menjadi enam bagian.

Edo membaginya menjadi 6 bagian untuk mereka berenam. Masing-masing mendapatkan 1/6 bagian kain berbentuk persegi panjang.

Sekarang, Edo menggunting kain yang lain menjadi delapan bagian berbentuk segitiga.

Potongan kain ini akan diberikan untuk Beni dan Udin. Masing-masing akan mendapatkan 3/8 bagian kain.

Sisa kain 2/8 bagian disimpan untuk Edo.

Yuk coba latihan pengurangan berpenyebut sama di bawah ini! Tulis dibuku latihan ya nak sebagai tugas kalian!


Yuk coba buka buku kalian halaman 200 dan 201 tentang teks percakapan antara Edo dan teman – temannya !


Sore yang dinanti telah tiba. Cuaca sedikit berawan. Lani dan teman-teman pun bergegas menuju rumah Edo. Mereka ingin segera bertemu dengan Pak Tono. Mereka ingin bertanya banyak hal tentang cuaca, musim, dan iklim.

Mereka pun tiba di rumah Edo. Ternyata Pak Tono

belum datang. Mereka lalu duduk di ruang tamu menunggu Pak Tono.

Setelah menunggu selama 10 menit, Pak Tono akhirnya datang. Tetapi, baju Pak Tono agak basah. Mengapa, ya?

Yuk simak penjelasan dari Pak Tono berikut ini!



Hari sudah makin sore. Cuaca yang tadinya berawan, kini berubah mendung. Sebelum hujan, Edo meminta tolong kepada teman-teman untuk membantu ibunya.

Lani dan Siti membantu mengangkat jemuran yang kering. Dayu dan Edo membantu membawa masuk sepatu yang ada di luar. Beni dan Udin membantu mengangkat keset yang dijemur di atas pagar.


0 komentar:

Posting Komentar

RABU,22 MEI 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG   Tema 8                   : Praja Muda Karana Subtema 4              : Aku  Suka Berkarya Pembelajaran        ...

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template