Senin, 04 Maret 2024

SENIN ,4 MARET 2024 (TEMATIK)

SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS YUYUN WIDYANINGSIH, S.Pd

TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

SUBTEMA 3 ENEERGI DAN PERUBAHANNYA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


 Tema 6                               : Energi dan Perubahannya

Subtema 3                          :  Energi Alternatif

Pembelajaran                    : 3 dan 4

Tujuan Pembelajaran      : 

1. Setelah mengamati, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep energi alternatif  dengan benar. 

2. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan cara menentukan lamanya suatu kejadian dengan kejadian lain dengan satuan waktu tertentu dengan benar. 

3. Setelah membaca, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep energi alternatif menggunakan bahasa sendiri dengan benar.

4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban sebagai warga dengan benar. 

Ayo Belajar!

Kalian sudah mengetahui beberapa contoh energi alternatif. Kalian juga sudah mendapatkan informasi tentang contoh energi alternatif. Coba temukan 8 kata yang berkaitan dengan energi alternatif. Juga pemanfaatan energi tersebut. Carilah kata secara menurun, mendatar, dan  diagonal.

Ibu menemukan 8 kata yang ada di kotak :

1.Listrik            5.Minyak

2.Angin            6.PLTA

3.Air                7.Generator

4.Turbin           8.Matahari

Gerak air termasuk salah satu energi alternatif.  Semakin kuat gerak air, semakin besar pula  energi yang dihasilkan. Gerak air digunakan untuk menggerakkan turbin atau kincir. Gerakan turbin dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Di antaranya menghasilkan listrik dan menggerakkan mesin penggiling gandum.  Pernahkah kamu melihat kincir air?

Perhatikan gambar berikut!


Air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Manusia membutuhkan air. Hewan dan tumbuhan
juga membutuhkan air. Kita harus menjaga ketersediaan air. Menjaga lingkungan tetap bersih termasuk sikap dari menjaga air. 
Kebersihan air berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, gunakanlah selalu air yang bersih.  
Saat ini banyak minuman kemasan yang dijual. Perhatikan tanda khusus pada kemasan. Tanda yang berupa batas waktu penggunaan air. Apabila melebihi waktu tersebut, maka minuman dalam kemasan sudah tidak dapat digunakan. Kondisi air setelah tanggal tersebut sudah tidak baik. Jika tetap diminum dapat menyebabkan keracunan. 



Kondisi tidak baik disebut juga kedaluwarsa. Perhatikan gambar berikut! Lihatlah tanda 18/07/08.  Artinya, minuman .

sebaiknya digunakan sebelum tanggal 18 bulan Juli tahun 2008. Ada kemasan yang menunjukkan waktu secara lengkap. Ada juga kemasan yang tidak lengkap menunjukkan waktu penggunaan.



Ayo Berlatihh

Amati contoh berikut!


 Minuman tersebut baik digunakan sebelum ... 12/17

 Minuman tersebut baik digunakan sebelum ... 24/11/18

Perhatikan batas waktu penggunaan makanan dan minuman. Agar kita terhindar dari bahaya.
Makanan atau minuman yang kedaluwarsa berbahaya untuk kesehatan. Makanan atau minuman yang kedaluwarsa tidak dapat memberi energi bagi tubuh.




 Air Sumber Energi Alternatif

Air merupakan sumber energi alternatif. Energi air dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Sebagai pengganti bahan bakar minyak, air digunakan untuk pembangkit listrik. Untuk penerangan, orang banyak menggunakan bahan bakar minyak.  
Sekarang, penerangan lebih banyak menggunakan energi listrik. Bahkan saat ini sudah diproduksi kendaraan-kendaraan bertenaga listrik. 
Saat ini, listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Terutama bagi masyarakat di daerah perkotaan. Listrik dari hasil tenaga air tergolong energi yang tidak pernah habis. Meskipun demikian, kita tetap harus menggunakannya dengan hemat.

Ayo Membaca

Kamu sudah mengetahui bahwa tenaga air merupakan salah satu energi alternatif. Air milik bersama. Meskipun tinggal di tempat berbeda. Namun bumi kita satu. Kita semua tinggal di bumi yang sama. Kita semua harus menjaga bumi kita. Kita bersama-sama menjaga kelestarian sumber energi yang ada di bumi.
 


Berikan penjelasan tentang kegiatan pada gambar! pada gambar di atas terlihat rusa dan ayam sedang minum air.

Berikan contoh kewajiban yang harus kamu lakukan pada kegiatan tersebut!
kewajiban yang harus kita lakukan adalah menjaga kelestarian sumber energi yang ada di bumi, yaitu salah satunya adalah air. 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas dengan menjawab pertanyaan sesuai gambar melalui Voicenote ya nak!

Jawab Kegiatan apa yang dilakukan pada gambar dan kewajiban apa yang harus di lakukan!


0 komentar:

Posting Komentar

JUM,AT 26 APRIL 2024(TEMATIK)

 

 
Yuyun widyaningsih Blogger Template by Ipietoon Blogger Template